Memeriksa Pajak Kendaraan Online Kalimantan Timur

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Dalam perkembangan jaman, memeriksa pajak kendaraan secara online dapat dilakukan di mana saja, tanpa harus pergi ke kantor Samsat.

Bayar pajak sudah jadi suatu kewajiban bagi warga negara Indonesia yang telah memiliki kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Orang pribadi atau badan yang memiliki atau menguasai kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan bermotor, sesuai dengan UU No. 28 tahun 2009.

Meskipun ada peraturan pemerintah, beberapa pembayar pajak terus tertinggal dalam pembayaran mereka. Bahkan jika kamu berhutang pajak ke IRS.

Daftar Cara Memeriksa Pajak Kendaraan Kalimantan Timur

Seperti diketahui secara umum, jika kamu melewati tanggal jatuh tempo dan tidak segera membayar pajak, maka tentu saja kamu akan dikenakan denda. Besaran denda ini akan terus bertambah jika tidak segera dilunasi.

Pastikan kamu tahu kapan pajak kamu jatuh tempo dan bayar tepat waktu untuk menghindari pajak karena terlambat membayarnya. Sekarang kamu dapat memeriksa status pajak kendaraan kamu secara online.

Di Kalimantan Timur, aplikasi E-Samsat (khusus provinsi) dan layanan SMS Samsat dapat digunakan untuk mengecek status pajak kendaraan.

1. Memeriksa Pajak Kendaraan Melalui E-Samsat Kaltim

Cara cek pajak kendaraan secara online juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pajak yang telah dikeluarkan oleh masing-masing pemerintah daerah.

Ada berbagai langkah yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan pemeriksaan ini, antara lain:

  1. Siapkan plat nomor kendaraan bermotor yang akan kamu cek jumlah pajaknya.
  2. Kunjungi website E-Samsat Provinsi Kalimantan Timur dengan menggunakan browser kamu, atau cukup klik disini
  3. Sangat mudah untuk bekerja dengan fitur situs web ini. kamu hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan kamu di kolom yang disediakan.
  4. Kamu dapat melanjutkan jika semua informasi kamu akurat dengan mengklik tombol Proses di bilah biru di sebelah kanan entri kamu.
  5. Situs web akan mengirim kami ke halaman baru yang mengungkapkan jumlah pajak kendaraan kami.

2. Cek Pajak Kendaraan Bermotor Gunakan Layanan SMS Samsat

Selain menggunakan program E-Samsat, kamu juga dapat melakukannya melalui layanan SMS. Dengan layanan yang satu ini, setiap pemilik kendaraan dapat mengetahui informasi pajak hanya melalui SMS, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik Info (spasi) kode plat nomor provinsi Kalimantan Timur/nomor polisi/kode seri plat motor bagian belakang/warna motor. Seperti: Info KT/9876/ABC/Putih.
  2. Tunggu beberapa menit setelah mengirim SMS ke 0811-2119-211.
  3. Nantinya, kamu akan mendapatkan SMS balasan berupa jumlah pembayaran pajak dan tanggal jatuh tempo.

Itu dia beberapa cara yang dapat diterapkan dalam mengecek pajak kendaraan secara online. Cara cek pajak kendaraan online bisa dilakukan oleh siapa saja dengan begitu mudahnya tanpa harus ke kantor Samsat.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memeriksa pajak kendaraan online Kalimantan Timur. Setelah membaca artikel di atas, cara cek pajak kendaraan online bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan dengan begitu mudahnya tanpa harus ke kantor Samsat secara langsung.

Pencarian Populer

Cara Cek Pajak Motor Online Kaltim- Cek Pajak Kendaraan Kaltim Via Sms - Cek Pajak Kendaraan Online Balikpapan - Cek Pajak Kendaraan Samarinda - Cek Pajak Kendaraan Tenggarong - E Samsat Kaltim - E-samsat Kaltim - Simpator Kaltim - Simpator Pajak Samarinda -

Related Articles

Back to top button