Advertisement

Mudah Banget! Cara Cek Pajak Kendaraan NTT Online

Rancakmedia.com – Tahukah kamu, sekarang kamu tidak repot lagi untuk memeriksa cek pajak kendaraan, pada artikel ini terdapat cara cek pajak kendaraan NTT Online, dengan mudah dan cepat. Dan kamu dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Pemerintah daerah telah mencanangkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor atau selanjutnya disebut PKB secara tepat waktu. Hal ini dilakukan secara tegas karena ada sanksi bagi pengendara yang tidak mematuhinya.

Cara Cek Pajak Kendaraan NTT Menggunakan e-Samsat Gorontalo

Pajak Kendaraan Bermotor diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 28/2009 dan Peraturan Daerah No. 2/2015. PKB untuk selanjutnya diatur dengan aturan masing-masing pemerintah daerah.

Mengurus masalah pajak kendaraan bermotor kini tidak sulit dan bisa dilakukan secara online di rumah. Selama pemilik atau pengemudi memiliki informasi seperti STNK asli, Nomor Pokok Kendaraan Bermotor (NRKB), dan KTP, tentu prosedurnya tidak rumit.

Cara Cek Pajak Kendaraan NTT Menggunakan e-Samsat Gorontalo

Warga Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat dengan mudah untuk mengecek PKB mereka di situs resmi Badan Pengelola Anggaran Provinsi (BPAD) di bawah menu Info Pajak.

Berikut adalah tindakan yang harus diikuti untuk memeriksa:

  1. Persiapkan nomor polisi atau NRKB atau plat nomor dari kendaraan yang dimiliki
  2. Persiapkan nomor rangka berjumlah 17 digit dari kendaraan yang akan diperiksa pajaknya
  3. Masukkan nomor polisi tersebut di kotak yang disediakan pada situs resmi e-samsat NTT
  4. Masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan masing-masing
  5. Klik “Cek” pada kotak berwarna biru
  6. Informasi yang dibutuhkan pemilik atau pengendara akan muncul di gawai atau personal computer masing-masing

Pada website BPAD ini, pemilik atau pengendara tidak hanya dapat melihat informasi mengenai tanggal jatuh tempo dan biaya PKB saja, terdapat juga informasi monitoring samsat, persyaratan yang harus dibawa ketika mengunjungi samsat keliling, dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan E-Samsat NTT bagi Masyarakat

Cara cek pajak kendaraan online di NTT juga dapat dilakukan melalui pesan singkat atau SMS, ke nomor 3130 dengan format Samsat(spasi)nomor polisi(spasi)5 digit terakhir nomor rangka. Contoh SAMSAT DH1234AA 12345.

Untuk selanjutnya akan mendapat balasan berupa kode billing yang dapat dibayarkan pemilik atau pengendara di Bank NTT melalui Teller/ATM/M-banking/EDC.

Struk bukti pembayaran berlaku 14 hari dan dapat segera ditukar dengan SKPD untuk pengesahan STNK.

Keuntungan Menggunakan E-Samsat NTT bagi Masyarakat

Dalam rangka validasi STNK, dibangun e-samsat Provinsi Nusa Tenggara Timur sekaligus sebagai sarana pembayaran pajak kendaraan bermotor. Lebih dari 38.000 jaringan ATM di Indonesia memungkinkan pengguna melakukan pembayaran.

Dengan pembayaran langsung oleh wajib pajak melalui ATM, diyakini bahwa penggunaan perantara dan korupsi dalam pemungutan pajak dapat dihindari.

Wajib pajak akan mendapatkan keuntungan dari perhitungan pajak tetap yang lebih akurat dan nyaman sebagai hasil dari layanan baru ini.

Peningkatan layanan ini tentunya menawarkan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Cara cek pajak kendaraan online tidak perlu susah lagi dilakukan dengan pembayarannya yang juga mudah.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang pajak, sebagai berikut:

Apakah Bisa Membayar Pajak 5 Tahunan Tanpa BPKB

Apakah Bisa Membayar Pajak 5 Tahunan Tanpa BPKB?

Dirlantas polda metro jaya memungkinkan para pemilik kendaraan untuk bayar pajak 5 tahunan tanpa BPKB. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah wajib pjak yang memang terkendala dokumen terkait masih berada dipihak pembiayaan atau leasing serta alasan lainnya.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Mudah Banget! Cara Cek Pajak Kendaraan NTT Online, peningkatan layanan ini tentunya menawarkan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat provinsi Nusa Tenggara Timur.

Setelah membaca artikel di atas, kamu tidak perlu susah lagi melakukan pengecekkan pajak kendraan, karena kini kamu dapat memeriksa nya dengan online.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas