Advertisement

Cara Cek Pajak Kendaraan Papua Secara Online

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang ingin mengetahui cara cek pajak kendaraan Papua secara online, kamu dapat menggunakan cara yang kami sediakan pada artikel di bawah ini, baca hingga selesai ya.

Cara cek pajak kendaraan online adalah hal yang ingin diketahui pemilik kendaraan bermotor nantinya. Pengendara tidak perlu lagi mengantri panjang di kantor Samsat, cukup memantau telepon genggamnya.

Jika kamu mengendarai mobil, kemungkinan besar kamu akan dikenakan pajak yang dikenal sebagai “Pajak Kendaraan Bermotor” (disingkat PKB). Pemerintah Daerah memungut pajak melalui Samsat setempat.

Cek Pajak Kendaraan Papua Secara Online

Bagi pemilik atau pengemudi, pembayaran PKB ini merupakan kewajiban dan jika tidak dilaksanakan akan dikenakan denda. Biayanya adalah 25 persen dari pokok pajak dikalikan dengan jumlah bulan keterlambatan pembayaran.

Pembayaran pajak yang terlambat, bersama dengan hukuman yang berat, menempatkan beban keuangan yang signifikan pada pemilik kendaraan. Oleh karena itu, pemeriksaan pajak kendaraan online di situs dan aplikasi cukup menguntungkan bagi pengendara.

Cek Pajak Kendaraan Papua Secara Online

Kemajuan teknologi memudahkan semua orang untuk menyelesaikan tugas sehari-hari mereka, bahkan di Provinsi Papua. Ada beberapa aplikasi dan website yang tersedia untuk pengecekan PKB online, antara lain:

1. Situs Resmi Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua

Pemilik atau pengendara dapat memeriksa info PKB melalui website resmi bappenda dengan cara:

  1. Mengisi kotak nomor polisi atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) dan pilih warna plat
  2. Klik “Tampilkan Data”
  3. Informasi yang dibutuhkan pemilik atau pengendara akan langsung muncul di smartphone masing-masing

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Papua

2. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Papua

Setelah berhasil mencari informasi mengenai pajak kendaraan bermotor yang dimiliki, selanjutnya pemilik atau pengendara dapat membayar biaya pajak tersebut dengan berbagai cara, antara lain :

  1. Secara offline melalui kantor samsat daerah terdekat
  2. Samsat Corner, terdapat beberapa kios samsat corner tersebar yang bisa menjadi tempat pembayaran PKB
  3. Samsat Payment Point, merupakan Samsat yang menawarkan pelayanan pembayaran PKB serta pengesahan STNK terdekat di daerah pemilik atau pengendara
  4. Samsat Box, merupakan layanan drive thru bagi yang ingin membayar PKB dan berada di depan Sagu Indah Plaza, Jayapura
  5. Melalui ATM Bank Papua, dengan menunjukkan kode pembayaran pajak yang telah didapatkan dari website maupun aplikasi
  6. Kantor Pos, dengan hanya membawa STNK asli dan e-KTP masyarakat Provinsi Papua bisa langsung membayar PKB di kantor pos terdekat
  7. Samsat Mobil, disediakan di beberapa titik tertentu yang melayani masyarakat dalam perpanjangan SIM dan juga bisa dalam pembayaran PKB

Pelayanan pajak kendaraan bermotor pada masa sekarang ini telah jauh dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Papua. Dari cara cek pajak kendaraan online hingga pembayarannya sudah banyak alternatif yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Situs Resmi Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang pajak, sebagai berikut:

Apakah Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2022?

Pemulihan pajak bermotor tahun 2022 berlangsung hingga 31 Desember 2022, program yang dapat dinikmati ialah pembebasan BBNKB kedua dan penghapusan denda serta bunga pajak kendaraan bermotor dan BBNKB.

Kesimpulan

Begitulah cara cek pajak kendaraan Papua secara online, setelah membaca artikel di atas kamu tidak hanya mengetahui cara cek pajak kendaraan online untuk provinsi Papua saja, tetapi juga mengetahui tentang Situs resmi Bappenda.

Demikian artikel mengenai cara cek pajak kendaraan Papua secara online, semoga bermanfaat dan membantu untuk kamu yang ingin mengetahui cara cek pajak online.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas