Beginilah Cek Pajak Kendaraan Online Via E-Samsat Sulsel

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Belum banyak yang mengetahui cek pajak daerah Sulsel, jadi beginilah cek pajak kendaraan online via E-Samsat daerah Sulawesi Selatan yang perlu masyarakat daerah Sulawesi Selatan mengetahuinya.

Aplikasi E-Samsat Sulawesi Selatan memudahkan untuk cek dan bayar pajak. Cara cek pajak kendaraan online dengan aplikasi ini bisa dilakukan kapan saja.

Tim Pembina Samsat Nasional membawahi aplikasi E-Samsat dan layanan elektroniknya. Itu juga sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang sesuai tentunya.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi E-Samsat Sulawesi Selatan

Aplikasi ini akan memberi kamu informasi tentang mobil PKB dan SWDKLLJ dan jumlah pajaknya. Sekarang sudah ditemukan di seluruh Indonesia, tidak hanya di Sulawesi Selatan.

Kamu akan menghemat waktu dan tenaga menggunakan aplikasi E-Samsat. Karena sebelumnya, mendapatkan giliran harus menghabiskan sepanjang hari dalam antrean.

Selain itu, bagi kamu yang terdesak waktu, penemuan ini membuat hidup sedikit lebih sederhana. Akibatnya, mereka tidak sempat datang ke Kantor Samsat.

Perhitungan pajak yang harus dibayar juga akan mudah terlihat pada aplikasi. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang perhitungan yang tidak akurat.

Selain itu, korupsi penerimaan pajak juga dapat dicegah dengan cara yang sama. Hal ini juga yang perlu diingat ketika aplikasi E-Samsat dirilis.

Beginilah Cek Pajak Kendaraan Sulawesi Selatan Secara Online

Kamu cukup memverifikasi detail pajak menggunakan aplikasi E-Samsat karena aksesnya sudah dapat diakses di Play Store dan App Store.

  1. Pertama, unduh aplikasi E-Samsat Sulsel
  2. Buka aplikasi dan jalankan
  3. Pilih menu Pendaftaran Online
  4. Lalu ketik Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) atau nomor plat kendaraan
  5. Pilih YA untuk melanjutkan pendaftaran online
  6. Masukkan NIK pemilik kendaraan
  7. Pada layar akan terlihat 6 pasal ketentuan dan klik setuju agar bisa memperoleh kode pembayaran PKB
  8. Tunggu hingga kode pembayaran dan informasi tagihan pajak muncul pada layar
  9. Apabila ingin dibayar secara online pilih YA dan jangan lupa untuk memilih opsi bank
  10. Kemudian akan muncul metode pembayaran seperti Mobile Banking, Internet Banking, E-Samsat kamu bisa pilih salah satu dan ikuti petunjuk pembayaran sesuai metode masing-masing
  11. Jika pembayaran sudah dilakukan, kamu akan diberi waktu 2 minggu untuk mendapatkan notice pajak serta pengesahan STNK di Kantor Samsat
  12. Setelah tiba di loket, siapkan smartphone yang terinstall aplikasi E-Samsat dan dokumen penting lainnya seperti STNK asli, KTP asli, dan SKPD asli
  13. Petugas akan melakukan pengarahan untuk klik menu Pengesahan STNK pada aplikasi
  14. Isilah semua data yang diminta dengan benar. Lalu kode QR akan muncul dan petugas akan scan kode tersebut
  15. Jika semua proses telah selesai maka pengesahan STNK juga selesai dilakukan

Jika kamu telah mengetahui jumlah tagihan pajak, sebaiknya bayar segera agar tidak lewat jatuh tempo.

Selain itu juga untuk menghindari denda keterlambatan. Untuk Provinsi Sulsel, kamu bisa lakukan pembayaran PKB ke Indomaret terdekat dengan memperlihatkan kode transaksinya.

Kemudian perlu diketahui bahwa setiap provinsi punya cara cek pajak kendaraan online yang berbeda. Namun, secara umum cara mendapatkan informasinya kurang lebih sama dengan langkah di atas.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel mengenai beginilah cek pajak kendaraan online via Sulsel, perlu kamu ketahui bahawa setiap provinsi punya cara cek pajak yang berbeda. Namun, secara umum cara cek pajak kendaraan daerah lain memiliki informasi kurang kebih sama dengan langkah di atas.

Demikian artikel tentang beginilah cek pajak kendaraan online via Sulsel, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Pencarian Populer

Cek Pajak Kendaraan Via Whatsapp - E-samsat Online Sulsel - Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Online - Cek Pajak Kendaraan Online Sulsel - Cek Pajak Online Makassar - E Dempo Samsat Online Sulsel - E Samsat Online Makassar -

Related Articles

Back to top button