Bagaimana Cara Prediksi Harga Emas

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Prediksi harga emas yang terus naik turun, tentunya harga emas terus bergerak. Seseorang yang tidak biasa atau tidak sabar mungkin memiliki pengaruh negatif. Ingin mulai berinvestasi emas? Amati dulu bagaimana pergerakan harga emas sebelum memilih untuk membeli emas.

Mengetahui pergerakan emas sangat penting agar kamu dapat memilih ‘waktu’ yang tepat untuk membeli atau menjual emas. Untuk memahami bagaimana pergerakan harga emas akan naik atau turun, pahami terlebih dahulu apa yang menyebabkan harga emas berubah setiap hari.

Kebanyakan orang menyadari bahwa keadaan perkembangan global berdampak pada harga emas. Tapi ada variabel lain di sekitar kita yang berdampak.

Fluktuasi Nilai Tukar untuk Dolar AS

Harga emas dan nilai tukar dolar AS selalu berlawanan. Harga emas akan turun jika harga dolar naik. Dan sebaliknya.

Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi AS yang lebih baik membebani penurunan harga emas karena emas yang dihargai dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi investor. Akibatnya, kamu dapat menggunakan tingkat konversi dolar sebagai panduan saat membeli atau menjual emas.

Terjadinya Inflasi

Harga emas cenderung naik pada saat inflasi. Karena nilai uang berkurang akibat inflasi, orang beralih ke bentuk perdagangan yang lebih bernilai seperti emas.

Akibatnya, permintaan emas tumbuh yang menyebabkan harga emas cenderung naik. Setiap negara memiliki proyeksi inflasi. Orang lebih cenderung membeli emas jika ramalannya salah.

Kenaikan Tingkat Suku Bunga

Saat tiba waktunya untuk membeli atau menjual emas, kamu dapat menggunakan suku bunga sebagai panduan. Ketika suku bunga naik, harga emas akan turun.

Begitu pula sebaliknya, jika suku bunga turun, harga emas akan naik. Ini karena ketika suku bunga tinggi, mungkin menggoda individu untuk menyimpan uangnya di bank.

Pengaruh Industri yang Berbahan Baku Emas

Kelebihan atau kekurangan produksi emas dapat mempengaruhi harga emas. Jika produksi emas tinggi, ini bisa menyebabkan harga emas turun.

Namun, di sisi lain justru membebani produsen emas, jika stok emas berlebihan, utang perusahaan penghasil emas ini akan menumpuk dan sulit membangun bisnis.

Emas menjadi langka jika produksinya terhambat, seperti meningkatnya permintaan perhiasan, alat kesehatan, atau alat emas yang menggunakan emas sebagai bahan bakunya.

Hal ini menyebabkan harga emas naik. Faktor lain yang menyebabkan produksi emas mengalami kendala adalah karena proses penambangan emas yang kompleks, harga emas akan melonjak karena stok emas terbatas.

Terjadinya Krisis Global

Kondisi ekonomi internasional yang tidak dapat diprediksi seperti perang atau panasnya situasi politik di suatu negara dapat mempengaruhi harga emas. Orang sering terburu-buru untuk membeli emas dalam jumlah besar selama masa krisis di negara-negara besar.

Akibatnya, harga emas naik sebagai respons terhadap peningkatan permintaan. Permintaan emas mungkin tidak hanya datang dari masyarakat, tetapi juga dari bank sentral dunia.

Bank-bank ini mungkin memonopoli pembelian emas dalam jumlah besar. Emas langka dapat menyebabkan harga emas naik. Harga emas cenderung turun ketika permintaan emas turun.

Prediksi Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksinya

Lalu bagaimana dengan harga emas di Indonesia? Investor dapat mengetahui apakah ekonomi AS mulai pulih atau jika ada bencana yang mengancam AS atau Eropa berdasarkan variabel-variabel yang disebutkan di atas.

Harga emas bisa turun jika mata uang negara-negara ini menguat. Misalnya, pada 2018, dolar AS melonjak karena munculnya ketegangan geopolitik, konflik perdagangan, dan kenaikan suku bunga. Sehingga investor lebih tertarik untuk menjaga uang AS yang mendorong harga emas turun.

Kemudian untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk membeli emas, variabel-variabel berikut mungkin bisa menjadi patokan. Selain mengetahui kapan harga emas turun, pilih kapan uang kamu siap dialokasikan untuk investasi jangka panjang.

Jika kamu ingin lebih mudah mengamati bagaimana nilai emas berfluktuasi, kamu dapat mengunduh aplikasi Pluang atau memeriksa situs web Pluang.com. Pada kategori ‘Harga Emas Hari Ini’ kamu dapat melihat harga emas terkini dari berbagai sumber seperti Pluang (emas), Indogold, Tokopedia, Pegadaian, dll.

Setiap hari, data baru ditambahkan ke grafik ini. Setiap hari, minggu, bulan, bulan ketiga, dan bahkan tahun, kamu dapat mengamati kemajuan emas. Ini membantu untuk memeriksa dan prediksi harga emas.

Kesimpulan

Mengetahui pergerakan emas sangat penting agar kamu dapat memilih ‘waktu’ yang tepat untuk membeli atau menjual emas. Harga emas cenderung naik pada saat inflasi dan menurun saat suku bunga tinggi.

Nilai tukar dolar AS mempengaruhi harga emas. Ada semacam krisis global. Harga emas cenderung turun ketika permintaan emas turun. Ini membantu untuk memeriksa dan prediksi harga emas.

Pencarian Populer

Prediksi Harga Emas - Prediksi Harga Emas Minggu Depan - Prediksi Harga Emas Hari Ini- Prediksi Harga Emas Antam 2022 - Prediksi Harga Emas Akhir Agustus 2021 - Prediksi Harga Emas 2030 - Prediksi Harga Emas 2025 - Prediksi Harga Emas 2021 - Prediksi Harga Emas 2 Tahun Kedepan - Prediksi Harga Emas Setelah Corona -

Related Articles

Back to top button