Advertisement

Wewenang Bank Sentral di Indonesia dan Tugasnya

Rancakmedia.com – Wewenang Bank Sentral (Bank Indonesia) hitung tingkat diskonto, cadangan minimum yang disyaratkan oleh bank komersial, dan segala bentuk kredit atau pembiayaan lainnya.

Selain itu, tingkat inflasi di Indonesia digunakan untuk mencapai sasaran moneter. Kontrol moneter atas operasi pasar terbuka di pasar uang.

Yang dimaksud dengan bank sentral adalah lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan menimbulkan tingkat kegiatan ekonomi

Pada dasarnya, definisi bank sentral adalah suatu badan atau lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan menghasilkan tingkat kegiatan ekonomi yang stabil di suatu negara.

Tugas Dari Bank Sentral

Stabilitas mata uang suatu negara, sektor perbankan, tingkat inflasi, dan sistem keuangan suatu negara secara keseluruhan menjadi tanggung jawab bank sentral, yang merupakan lembaga swasta pemerintah negara. Bank Indonesia berperan sebagai bank sentral Indonesia.

Mengutip beberapa sumber, Bank Sentral, atau Bank Indonesia, bertugas merumuskan dan melaksanakan Kebijakan Moneter, yang bertujuan untuk membatasi jumlah uang yang beredar dan, oleh karena itu, harga barang dan jasa di dalam negeri.

Kemudian mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, karena sistem pembayaran yang diatur adalah sistem pembayaran tunai dan non tunai.

Aturan, kesepakatan, standar, dan cara yang digunakan untuk mengedarkan uang di masyarakat menjadi tanggung jawab bank sentral.

Dan mengatur dan mengawasi bank, karena pengawasan yang dilakukan adalah pengawasan makroprudensial, artinya kebijakan yang dilaksanakan untuk mengurangi risiko dan biaya krisis sistemik sehingga keseimbangan sistem keuangan tetap terjaga.

Wewenang Bank Sentral

Di bawah ini kami telah merangkum, terdapat 3 wewenang dari bank sentral yaitu:

1. Kewenangan Membuat Kebijakan Moneter

Bank sentral memiliki wewenang untuk menentukan dan menetapkan tingkat diskonto, jumlah cadangan minimal bank umum, serta kebijakan pembiayaan atau kredit.

Tujuan dari Bank Sentral

Selain itu bank sentral juga berwenang untuk menetapkan dan menentukan target moneter dengan mengevaluasi tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Bank sentral sebagai pembuat kebijakan moneter juga berwenang dalam mengendalikan moneter tanpa dibatasi kegiatan pasar terbuka di pasar uang.

2. Kewenangan Mengatur Sistem Pembayaran

Bank sentral mengatur sistem pembayaran memlalui 3 cara, antara lain yaitu:

  1. Menentukan dan menetapkan penggunaan alat pembayaran
  2. Membuat dan memberikan perizinan atas adanya penyelenggaraan sistem pembayaran
  3. Mengawasi penyelenggaraan sistem pembayaran

3. Kewenangan Mengatur dan Mengawasi Perbankan

Bank sentral dalam mengatur dan mengawasi perbankan memiliki 4 wewenang, sebagai berikut:

  1. Membuat dan menetapkan kebijakan terkait pelaksanaan perbankan yang berlaku
  2. Memberikan sanksi kepada pihak yang melanggar kebijakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan
  3. Memberikan dan mencabut perizinan kelambagaan dan kegiatan usaha bank
  4. Mengawasi kegiatan bank konvensional dalam sistem perbankan atau secara individu

Tujuan dari Bank Sentral

Bank sentral adalah entitas yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di suatu negara. Pengertian bank sentral menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bank yang tugas pokoknya membantu pemerintah dalam mengatur, memelihara, dan memelihara kestabilan nilai mata uang negara.

Tugas Dari Bank Sentral

Dirangkum dari buku ekonomi dan akuntansi: mengasah kemampuan ekonomi, terdapat 5 tugas utama dari bank sentral, yaitu:

Wewenang Bank Sentral

  1. Sebagai bank bagi pemerintah
  2. Bank sentral sebagai bank umum
  3. Mengawasi kegiatan bank umum dan bank keuangan lainnya
  4. Mengawasi kegiatan perdagangan luar negeri
  5. Mencetak uang dan menjamin agar uang cukup tersedia

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang bank sentral, sebagai berikut:

Apa Peranan Bank Sentral Dalam Menjaga Stabilitas Keuangan?

Tugas dari bank sentral yaitu melakukan pengawasan secara menyeluruh pada aktivitas ekonomi suatu negara. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan sistem keuangan. Kebijakan makroprudensial juga sangat penting untuk diawasi.

Kesimpulan

Bank Indonesia berperan sebagai bank sentral Indonesia. Yang dimaksud dengan bank sentral adalah lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan menimbulkan tingkat kegiatan ekonomi.

Bank Indonesia bertugas merumuskan dan melaksanakan Kebijakan Moneter, yang bertujuan untuk membatasi jumlah uang yang beredar dan, oleh karena itu, harga barang dan jasa.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas