Advertisement

Marketing Mix Penggabungan Beberapa Elemen Pemasaran

Rancakmedia.com – Dalam studi ekonomi, istilah “bauran pemasaran” digunakan. Marketing Mix adalah bauran pemasaran. Secara umum, pemasaran atau marketing merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh pengusaha untuk mempertahankan hidup, tumbuh dan memperoleh laba atas perusahaannya.

Membuat, memproduksi, dan mendistribusikan item dalam menanggapi kebutuhan pelanggan adalah semua kegiatan kegiatan pemasaran.

Menurut buku Sofjan Assauri Marketing Management (Basics, Concepts, and Strategies), pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi keinginan melalui proses pertukaran.

Jadi, tujuan pemasaran adalah untuk mempromosikan pergerakan produk dan jasa dari produsen ke konsumen dengan cara yang paling efisien dengan maksud untuk membangun permintaan yang efektif.

Dalam pemasaran dapat dipahami bahwa bauran pemasaran adalah campuran dari faktor-faktor atau kegiatan-kegiatan yang menjadi dasar dari sistem pemasaran.

Berikut adalah deskripsi menyeluruh tentang apa itu bauran pemasaran, serta contoh bauran pemasaran yang efektif.

Pengertian Marketing Mix

Pengertian Marketing Mix

Untuk memperoleh reaksi yang diinginkan di pasar sasaran, perusahaan harus menggunakan kombinasi alat pemasaran taktis yang dikenal sebagai bauran pemasaran.

Bauran pemasaran, menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam Prinsip Pemasaran, mencakup semua hal yang mungkin dilakukan perusahaan untuk memengaruhi permintaan pelanggan atas barangnya.

Banyaknya pilihan ini dapat dibagi menjadi empat faktor yang disebut sebagai “4P” Produk (Produk), Harga (Price), Tempat (Place), dan (Promosi) Promosi. Keempat faktor strategi ini sangat mempengaruhi pemasaran, sehingga semuanya penting sebagai strategi atau bauran referensi tunggal.

Oleh karena itu, komponen penawaran terdapat di antara keduanya, sedangkan komponen aksesibilitas terdapat di antara keduanya. Oleh karena itu, bauran pemasaran adalah bagaimana menggabungkan penawaran dari perusahaan (company’s access).

Bauran pemasaran juga diakui memiliki banyak komponen utama, seperti merancang barang, memutuskan harga, mendistribusikannya ke berbagai area, dan menghasilkannya untuk dibeli konsumen, mengutip Sadono Sukirno dkk dalam Pengantar Bisnis.

Unsur-Unsur Strategi Marketing Mix

Bauran Pemasaran: Unsur-unsurnya Agar berhasil dalam pemasaran, seorang pemasaran harus memiliki strategi yang solid dalam bauran.

Dalam studinya, bauran pemasaran mengandung empat elemen. Berikut ini adalah rincian dari empat elemen Bauran Pemasaran Strategi:

Product (Produk)

Situmorang dalam karyanya yang berjudul Marketing Metrics as a Tool for Measuring Company Marketing Performance menulis bahwa “produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memenuhi permintaan atau kebutuhan”.

Produk merupakan bagian terpenting dalam bauran pemasaran yang memiliki banyak arti dan makna, namun secara umum produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk ditemukan, dibeli, dimanfaatkan, dan dikonsumsi.

Price (Harga)

Harga merupakan salah satu aspek bauran pemasaran yang penting dalam pemasaran produk. Menurut Tjiptono dalam buku Strategi Pemasaran, ia mencatat bahwa “agar berhasil dalam memasarkan suatu produk atau jasa, setiap perusahaan harus menentukan harga yang tepat”.

Harga tersebut sepenuhnya bergantung pada kebijakan perusahaan, meski tentu saja dengan mempertimbangkan banyak hal. Harga yang dikatakan mahal, murah, atau pas-pasan untuk setiap individu tidak harus sama, karena bergantung pada individu yang terinspirasi oleh lingkungan dan keadaan individu.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button