Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Online

Rancakmedia.com – Zaman semakin canggih, investasi emas yang diberikan kepada masyarakat khususnya generasi milenial semakin sederhana dan murah. Hanya dengan sekali klik dari ponsel Anda, Anda dapat berinvestasi emas secara online. Tidak ada lagi istilah yang sulit dan rumit.

Semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu tangan. Emas merupakan salah satu sektor investasi yang disukai banyak orang karena dianggap paling aman (safe haven) (tempat berlindung yang aman).

Pasalnya, investasi emas menawarkan keuntungan dari segi nilai yang relatif lebih stabil, imbal hasil yang sangat menggiurkan, risiko yang kecil, dan pembayaran yang mudah.

Di tengah wabah virus corona atau Covid-19, harga emas melonjak jauh dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah yang benar-benar anjlok signifikan.

Harga emas juga diperkirakan akan terus naik dalam jangka panjang. Jangan bingung, bagi Anda yang ingin berinvestasi emas secara online atau online, pahami dulu kelebihan dan kekurangannya, seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (5/4/2020).

Keuntungan Investasi Emas Online

Investasi emas online memang menawarkan ‘kenikmatan’ bagi calon investor. Berikut 7 manfaat atau keuntungan berinvestasi emas online.

1. Mudah dan praktis

Anda dapat melakukan transaksi jual beli emas secara online dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet. Tidak perlu menunggu datang ke kantor cabang, semuanya bisa dilakukan secara online.

2. Dapat ditransfer

Bukan hanya uang yang bisa dipindahkan atau dikirim ke rekening, emas juga sama. Dapat ditransfer ke pemegang rekening lain selama menggunakan aplikasi atau platform yang sama.

3. Modal Kecil

Investasi ini tidak membutuhkan uang ratusan bahkan jutaan rupiah. Saat ini ada e-commerce yang menyediakan investasi emas dengan sedikit uang, mulai dari Rp. 100 saja.

🔥TRENDING:  Harga Minyak Brent Naik Tembus Ke USD 70 Per Barel

4. Mudah dipantau

Anda atau investor dapat melihat perkembangan harga emas setiap saat secara real time. Termasuk membeli atau menjual emas secara langsung pada saat itu juga.

5. Emas fisik dapat diakses

Meskipun ini adalah investasi online, Anda dapat menarik emas secara fisik. Jadi itu tidak salah, hanya virtual. Biasanya emas asli akan dikirimkan ke alamat Anda dengan disertai sertifikat atau asuransi pengiriman.

Keuntungan Investasi Emas Online

6. Bebas biaya administrasi

Cara online memang membuat segalanya lebih murah, termasuk berinvestasi emas online. Biaya investasi yang biasanya dibayarkan kepada investor saat berinvestasi secara offline, tetapi sekali online, tidak dipungut biaya, seperti biaya administrasi. Selain itu, jika Anda melakukan jual beli emas secara online, antara harga jual dan harga beli, selisihnya tidak terlalu jauh.

7. Tidak perlu khawatir harus menyimpan emas dimana

Investasi emas fisik selalu sulit dengan penyimpanan. Di rumah tidak memiliki brankas, hanya bisa disimpan di bawah bantal atau tempat tidur, di laci lemari yang penuh bahaya kehilangan atau pencurian. Namun dengan investasi emas online, Anda tidak perlu khawatir akan menyimpan emas di mana. Umumnya, bisnis yang Anda investasikan sudah memiliki brankas khusus.

Kerugian Investasi Emas Online

Apapun jenisnya, investasi harus mengandung risiko. Begitu juga dengan investasi emas online. Berikut ini beberapa kekurangan atau kekurangan berinvestasi emas online.

1. Tidak Dapat Dijangkau

Semua lapisan masyarakat Investasi emas secara online membutuhkan pemanfaatan teknologi, salah satunya adalah gadget atau smartphone. Metode ini belum dapat menjangkau individu yang mahir secara digital, termasuk lansia, penduduk di komunitas yang jauh dan terpencil. Padahal potensinya sangat besar.

2. Rawan Pencurian

Investasi ini dapat dianggap sangat berbahaya. Yang paling rentan adalah diretas, dibobol, atau phishing untuk mengambil akun Anda dan mencuri semua yang Anda miliki. Jadi Anda perlu cermat dan mengetahui terlebih dahulu metode keamanan investasi emas online yang ditetapkan oleh bisnis penyedia platform sebelum memilih untuk berinvestasi.

🔥TRENDING:  Promosi Produk Usaha Menggunakan Website

Pastikan Investasi Emas Online Secara Resmi

Buka mata Anda lebih penuh perhatian. Saat ini, banyak penipuan investasi online tersebar mencari korban. Jangan biarkan diri Anda menjadi korban penipuan investasi emas online. Pastikan memilih bisnis penyedia platform investasi yang bereputasi baik yang terdaftar secara legal di regulator, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Kesimpulan

Investasi emas yang diberikan kepada masyarakat khususnya generasi milenial semakin sederhana dan murah. Hanya dengan sekali klik dari ponsel Anda, Anda dapat berinvestasi emas secara online. Emas merupakan salah satu sektor investasi yang disukai banyak orang karena dianggap sebagai tempat berlindung yang paling aman (safe haven). Ada kelebihan dan kekurangan berinvestasi emas online.

Investasi emas online membutuhkan pemanfaatan teknologi salah satunya adalah gadget atau smartphone. Yang paling rentan adalah diretas, dibobol, atau phishing untuk mengambil akun Anda dan mencuri semua yang Anda miliki. Jangan biarkan diri Anda menjadi korban penipuan investasi emas online.

Back to top button