Segara Atasi Asam Lambung Naik Dengan Cara Ini

ADVERTISEMENT

Segara Atasi Asam Lambung Naik Dengan Cara Ini – Asam refluks atau asam lambung naik terjadi ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala sakit maag.

Pada sebagian orang, asam lambung naik dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, tapi pada beberapa orang lainnya, konsumsi obat dibutuhkan untuk mengatasi asam lambung naik.

Menurut American College of Gastroenterology (ACG), penderita asam lambung menggambarkan perasaan tidak nyaman yang terbakar di dada, di belakang tulang dada.

Ketidaknyamanan ini bisa naik ke leher dan tenggorokan. Beberapa orang mungkin juga mengalami rasa pahit atau asam di mulut mereka.

Gejala asam refluks bisa berlangsung selama beberapa jam. Bagi sebagian orang, gejala memburuk setelah makan, sedangkan yang lain mungkin mengalami gejala sebelum makan.

Asam refluks atau asam lambung naik yang muncul sesekali adalah hal yang normal, tetapi jika gejala ini terjadi lebih dari dua kali per minggu, maka kemungkinan ini disebabkan oleh kondisi yang lebih parah, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Asam refluks terjai saat lapisan esofagus berjumpa dengan asam lambung. Bila tidak ditangani, tenggorokan dapat terluka dan mengakibatkan gejala mulas.

Pada keadaan normal, sfingter esofagus sisi bawah di antara lambung dan esofagus menahan asam lambung naik ke esofagus.

Bila sfingter terlalu sering rileks, asam lambung dapat naik ke tenggorokan yang mengakibatkan asam refluks.

Saat gempuran asam lambung tiba, Anda dapat manfaatkan jahe untuk menurunkan gejala. Jahe dilaporkan bisa menolong menurunkan bermacam keadaan pencernaan, seperti mual, diare, dan kehilangan selera makan.

Tinjauan sistematis dalam Nutrition Journal memperlihatkan, jika jahe bisa menolong menurunkan muntah dan mual yang berkaitan dengan kehamilan. Riset lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengenali faedah jahe, tipe jahe apa yang paling berguna, dan jumlah yang terbaik untuk menurunkan asam refluks.

Sedang untuk beberapa obat klinis, Anda dapat konsumsi antasida yang dapat diperoleh bebas di apotek. Antasida menetralisir asam lambung, hingga menurunkan asam lambung naik. Obat antasida ini memiliki kandungan garam kasium, magnesium, dan aluminium. Umumnya, antasida dimakan sesudah makan.

Langkah mencegah asam lambung naik

Orang yang beresiko alami asam refluks, harus menerapkan perubahan pola hidup spesifik untuk menghindar gejala. Beberapa pakar mereferensikan beberapa perubahan pola hidup yang bisa dikerjakan, untuk menahan asam lambung naik dan menghindar komplikasi.

Berikut sejumlah panduan untuk menahan asam lambung naik, berikut salah satunya:

  1. Meletakan kepala lebih tinggi waktu tidur.
  2. Menghindar berbaring dua jam sesudah makan.
  3. Menghindar makan minimum dua jam saat sebelum tidur.
  4. Mengenakan pakaian longgar.
  5. Menjaga atau mencapai berat tubuh ideal.
  6. Menghindar makanan dan beberapa obat yang mengakibatkan asam lambung naik.
  7. Stop merokok.
  8. Batasi konsumsi alkohol.

Asam lambung naik yang muncul sesekali, umumnya tidak membutuhkan pengatasan klinis. Bila seorang alami tanda-tanda 2x ataupun lebih dalam satu minggu, mereka peluang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Kadang kesan terbakar di dada bisa juga memberikan indikasi permasalahan jantung. Bila berkeringat atau napas sesak mengikuti tanda-tanda mulas, selekasnya jumpai dokter.

Disamping itu, beberapa obat yang dipasarkan bebas atau obat resep untuk menyembuhkan asam refluks bisa berhubungan dengan obat lain. Hingga, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sama dokter atau apoteker saat sebelum menyatukan obat.

Sumber : kompas.com

Related Articles

Back to top button