Versi Android 10 Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Lovata Andrean

Versi OS Android yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini
Versi OS Android yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Rancakmedia.com – Versi android 10 adalah versi yang paling banyak digunakan saat ini, menurut data yang dikumpulkan dari android Studio. Jumlah perangkat dan versi Android yang telah mengakses Play Store dalam tujuh hari terakhir akan ditampilkan di Android Studio.

Setiap tahun, Google, sebagai pengembang android, menerbitkan versi terbaru dari sistem operasi selulernya. Google merilis Android 12 pada Oktober tahun lalu. Namun, tampaknya versi Android yang lebih lama masih digunakan.

Android 10 adalah versi android paling populer, terhitung 26,5 persen dari semua perangkat yang terdeteksi mengakses Google Play Store. android 11, yang dirilis tahun lalu, adalah kontributor terbesar kedua, menyumbang 24,2 persen dari total.

Android 9 Pie yang dirilis pada 2018 mendapat 18,2 persen versi, disusul android 8 Oreo yang mendapat 13,7 persen suara. android 7 dan 7.1 Nougat, serta android 6 Marshmallow, masing-masing menyumbang 6,3 persen dan 5,1 persen dari pangsa pasar.

Versi OS Android yang Paling Banyak Digunakan

Android 9 Pie yang dirilis pada 2018 mendapat 18,2 persen versi, disusul android 8 Oreo yang mendapat 13,7 persen suara. Android 7 dan 7.1 Nougat, serta android 6 Marshmallow, masing-masing menyumbang 6,3 persen dan 5,1 persen dari pangsa pasar.

Meski persentasenya kecil, versi android yang dirilis 7-8 tahun lalu masih digunakan hingga saat ini. android 5 Lollipop, yang dirilis pada 2014, menyumbang 3,9 persen dari semua perangkat android, sementara Android 4.4 KitKat, yang dirilis pada 2013, menyumbang 1,4 persen.

Seperti dirangkum Rancakmedia dari GSM Arena, Rabu (24/12/2021), versi android tertua yang masih ditemukan dalam data ini adalah android 4.1 Jelly Bean yang mewakili 0,6 persen dari semua perangkat. Pada tahun 2012, android versi 4.1 Jelly Bean dirilis, membuatnya berusia sembilan tahun.

Untuk android 12 yang baru dirilis beberapa bulan lalu, belum menunjukkan persentase kontribusinya, yang artinya mungkin masih belum banyak digunakan. Google sendiri baru mulai meluncurkan Android 12 kepada pengguna pada 19 Oktober 2021.

Namun, tidak semua pengguna android bisa langsung update ke android 12. Google akan merilis update secara bertahap, dimulai dari perangkat Pixel buatan Google terlebih dahulu.

Setelah itu, merek smartphone lain akan mendapatkan giliran update android 12. Beberapa merek yang dipastikan mendapatkan update android 12 adalah Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Kesimpulan:

Android 10 adalah versi android paling populer, terhitung 26,5 persen dari semua perangkat yang mengakses Google Play Store. Android 11, yang dirilis tahun lalu, adalah kontributor terbesar kedua dengan 24,2 persen. Versi android tertua yang masih ditemukan dalam data ini adalah android 4.1 Jelly Bean, yang dirilis pada tahun 2012.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks