Spotify Resmi Merilis Fitur Lirik Lagu Real-Time

Lovata Andrean

Spotify Resmi Merilis Fitur Lirik Lagu Real Time Secara Global
Spotify Resmi Merilis Fitur Lirik Lagu Real Time Secara Global

Rancakmedia.com – Spotify kini secara resmi merilis fitur lirik lagu real-time ke semua pengguna di seluruh dunia. Setelah menguji fitur tersebut di beberapa negara – termasuk Indonesia – awal tahun ini,

Dengan kemampuan yang tersedia untuk pengguna berbayar (premium) dan gratis, pengguna Spotify di seluruh dunia sekarang dapat bernyanyi bersama sambil membaca lirik lagu yang sedang diputar.

Fitur lirik real-time dapat diakses di aplikasi Spotify, yang tersedia untuk Windows, Mac, Android, dan iOS, serta berbagai perangkat lain mulai dari konsol game hingga smart TV.

Pada aplikasi Spotify versi Android dan iOS, tekan “status pemutaran” di bagian bawah layar untuk mengakses fitur lirik lagu waktu nyata. Kemudian, seperti terlihat pada gambar terlampir, gulir ke bawah layar untuk menemukan lirik lagu yang sedang diputar.

Keunggulan Fitur Lirik Lagu Real-Time

Keunggulan Fitur Lirik Lagu Real-Time

Selain membaca lirik lagu sambil bernyanyi, pengguna juga bisa memposting petikan lirik lagu favoritnya melalui sejumlah platform jejaring sosial yang ditawarkan Spotify, antara lain Instagram, Facebook, dan lainnya.

Spotify mengatakan bahwa fitur berbagi, yang dapat diakses melalui halaman fitur lirik lagu, akan tersedia di sebagian besar lagu dalam repertoar mereka.

Menurut Rancakmedia dari TheVerge, Senin (22/11/2021), fitur lirik lagu dapat diakses di lebih dari delapan juta judul lagu di Spotify.

Sebelumnya, Spotify bekerja sama dengan Musixmatch untuk menghadirkan fitur lirik lagu ke platform. Namun, kemitraan kedua perusahaan berakhir pada 2016.

Kemudian, bekerja sama dengan platform Genius, bisnis Swedia memperkenalkan fitur “Behind the Lyrics”, yang memungkinkan pengguna melihat konteks komposisi yang dimainkan di samping lirik.

Namun, informasi tambahan fitur tersebut diklaim mengganggu jika pengguna ingin berkaraoke dengan membaca liriknya. Spotify telah mengumumkan bahwa fitur Behind the Lyrics dari kemitraannya dengan Genius akan dihapus demi fitur lirik lagu dari kemitraannya dengan Musixmatch.

Kesimpulan

Fitur lirik lagu real-time Spotify sekarang tersedia untuk semua pengguna berbayar (premium) dan gratis. Sebelumnya, Spotify bekerja sama dengan Musixmatch untuk menghadirkan fitur tersebut ke platform. Fitur lirik dapat diakses di lebih dari delapan juta judul lagu di Spotify.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks