Apa Pengertian Brainware Beserta Fungsi dan Contohnya

Lovata Andrean

Apa Pengertian Brainware Beserta Fungsi dan Contohnya

Rancakmedia.com – Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai apa pengertian brainware, fungsi dan juga contohnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih detail, kamu dapat simak artikel di bawah ini.

Apa Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengontrol perangkat komputer, dan meskipun beberapa contoh brainware termasuk programmer, netter dan pengguna komputer lainnya.

Brainware ialah istilah yang sering digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Secara sederhana, brainware ialah orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer, Brainware ini adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan komputer.

Apa Pengertian Brainware

Brainware juga sering di asosiasikan sebagai perangkat intelektual yang memiliki skill memakai dan menjelajahi sistem hardware atau perangkat keras maupun software atau perangkat lunak.

Fungsi Dari Istilah Brainware Secara Umum

Berikut ini beberapa fungsi dari Brainware secara umum yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Administrator

Administrator ialah tugas seseorang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta program-program yang dijalankan oleh sebuah komputer atau jaringan dalam perusahaan.

Programmer

Programmer sendiri bertugas untuk membuat program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem komputerisasi.

Disamping itu programmer juga berperan sebagai pihak yang turut untuk menjaga keamanan dan kelancaran keseluruhan sistem komputer perusahaan.

Operator

Operator yang bertugas untuk menjalankan sistem operasi serta program dalam perangkat komputer perusahaan.

Jenis-Jenis Brainware

Berikut ini adalah macam-macam brainware, terdiri dari:

Fungsi Dari Istilah Brainware Secara Umum

1. Operator Komputer

Bertanggung jawab untuk memproses data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang diberikan dalam runbook yang telah disiapkan oleh Programmer. Di sini ada persyaratan batasan agar operator tidak dapat mengubah program sebelum atau selama program berjalan.

2. Teknisi

Seorang teknisi adalah orang yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan segala macam masalah komputer. Seorang teknisi harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang pemecahan masalah dan sebagainya.

3. Pelatih

Trainer adalah Brainware yang memiliki pengetahuan lebih dari yang lain, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di daerahnya.

4. Konsultan

Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab seperti penasihat yang dapat dipercaya di wilayahnya.

5. Manajer Proyek

Manajer proyek adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando dalam proyek tertentu.

6. Programmer

Jenis Jenis Brainware

Bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat membantu kinerja manusia melalui program yang telah dibuat.

7. Desainer Grafis

Seorang Brainware yang bekerja di dunia desain grafis dan mahir dalam memproduksi sebuah item animasi.

8. Spesialis Jaringan

Ahli jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir dalam dunia jaringan komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

9. Administrator Basis Data

Database administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab atas database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.

10. Analisis Sistem

System Analyst adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk merancang, merancang dan mengevaluasi program yang akan dibuat atau sudah selesai. System Analyst seperti itu harus berhati-hati dalam mendesain sebuah aplikasi agar tidak terjadi kesalahan fatal. Berikut ini adalah komponen brainware tergantung pada media organisasinya.

11. Platform Jaringan

Administrator Cadangan Operator Operator Konfigurasi Jaringan. Power UserRemote Desktop User Replicator User Guest Debugger User Help Services Group.

12. Pengguna Operator Web Platform

WebMaster Designer.

Contoh Brainware

13. Pembangun Perangkat Lunak

Analisis Pemrogram Sistem Operator.

Contoh Brainware

Contoh brainware meliputi:

Programmer

Orang yang memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman, seringkali berperan dalam membuat program yang dibutuhkan dalam sistem komputerisasi.

Administrator

Orang yang bertugas mengelola sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.

Operator

Orang yang mengoperasikan sistem operasi dan program pada perangkat komputer, misalnya, memelihara sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk akses, dan sebagainya.

Peran Brainware dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Dalam dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, brainware adalah seseorang atau sekelompok individu yang memiliki kapasitas intelektual untuk menyelidiki jaringan sistem informasi manajemen.

Secara umum, brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis diperlukan untuk menghasilkan informasi yang berharga bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan dalam hal daya saing. Hal ini dikarenakan sistem informasi memegang peranan penting dalam menghadapi persaingan bebas.

Demikianlah pembahasan tentang Brainware yaitu – Pengertian, Jenis, Komponen, Fungsi, Peran & Contohnya, mungkin ulasan kali ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anda semua, terima kasih banyak sudah datang.

Kesimpulan

Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengontrol perangkat komputer, dan meskipun beberapa contoh brainware termasuk programmer, netter dan pengguna komputer lainnya.

Demikian informasi tentang apa pengertian brainware beserta fungsi dan contohnya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks