Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Gratis Seumur Hidup

nafa cahyani

Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Gratis Seumur Hidup

Rancakmedia.com –  Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu mengenai cara aktivasi Microsoft Office 365, namun bila kamu yang belum mengetahuinya, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membahasnya pada artikel yang kami sediakan di bawah ini.

Bukan rahasia, Microsoft Office 365 adalah apikasi yang terbanyak dipakai oleh pemakai PC di beberapa negara. Program ini benar-benar terkenal karena menawarkan feature yang luar biasa dan penggunaannya juga benar-benar gampang.

Sebelum kamu mengetahui cara aktivasi Microsoft Office 365, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu secara singkat tentang Microsoft Office 365, sebagai berikut:

Apa itu Microsoft Office 365

Apa itu Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 merupakan sebuah produk layanan yang harus berlangganan milik Microsoft. Pada umumnya, produk ini terdiri dari software Microsoft Office serta software yang berbasis cloud computing lainnya, seperti Exchange Server dan Sharepoint Server.

Microsoft Office 365 sudah ada sejak tehun 2011 lalu. Pada saat itu Microsoft meluncurkan Microsoft Office 365 yang menjadi pengganti dari Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS), yang pada saat itu hanya untuk pengguna korporat.

Namun seiring perkemangan teknologi, software ini diperbarui agar dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Dan setelah itu keluarkan Microsoft 365 yang memang dapat digunakan tidak hanya untuk perusahaan, namun juga untuk kalangan awam. Tetapi bukan berarti produk Microsoft 365 ini dapat langsung digunakan.

Berbagai percobaan sudah dilakukan sebelum akhirnya dirilis secara teratur pada April 2017 hingga sekarang. Microsoft Office 365 ini mendapatkan gelar sebagai salah satu produk unggulan dari Microsoft.

Daftar Fitur Microsoft Office 365

Di bawah ini kami telah membahas mengenai fitur Microsoft Office 365, sebagai berikut:

1. One Drive – 1 TB Cloud Storage

Dengan menggunakan fitur ini dapat memungkinkan kamu untuk berpindah atau bertukar akun dengan mudah. Dari fitur ini, proses sinkronisasi akun Microsoft yang kamu miliki akan semakin mudah.

2. Outlook – Email Hosting 50 GB

Berbeda dengan fitur sebelumnya, fitur Outlook pada Microsot Office 365 berfungsi untuk melampirkan file yang ada di dalam OneDrive, OneDrive for Business, atau Sharepoint.

Yang nantinya file akan disimpan dalam bentuk format .doc, atau simpan dalam bentuk link.

Daftar Fitur Microsoft Office 365

Link ini juga mirip dengan Google Drive, karena nantinya kamu juga bisa mengontrol siapa saja yang dapat mengakses dokumen tersebut.

3. Sharepoint

Sharepoint merupakan layanan dengan konsep cloud basic yang dapat dimanfaatkan untuk semua jenis bisnis.

Dengan fitur ini, kamu bisa menyimpan, mengatur, mengakses sekaligus berbagi informasi apa pun dari berbagai tipe perangkat, seperti Laptop, Smartphone, Komputer ataupun Tablet.

Sharepoin ialah salah satu aplikasi dari Microsoft 365 yang menggunakan konsep internet cerdas untuk berbagi file dan informasi untuk meningkatkan produktivitas dan kemudahan kinerja di perusahaan kamu.

4. Planner

Fitur selanjutnya ialah Planner yang dapat kamu gunakan untuk bekerja secara berkelompok. Kamu juga bisa mentiapkan tugas bersama, menuis bersama (co-authoring), menyiapkan rencana hingga batas waktu yang ditentukan.

5. Yammer

Fitur selanjutnya ialah Yammer, fitur ini dapat dipakai untuk menghubungkan seluruh anggota perusahaan, sehingga dapat mendiskusikan ide, sharing, dan mengumpulkan respon dari rekan kerja atau organisasi lainnta.

Di Yammer terdapat banyak sekali fitur untuk saling terhubung dengan rekan kerja lainnya, salah satu ialah fitur grup Yammer.

6. Microsoft Teams

Fitur terakhir dari microsoft tems ialah dapatmemudahkan kamu untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan melakukan semua aktivitas dari satu tempat.

Dalam microsoft Teans kamu dan tim akan mengakses file langsung dari satu tempat (Hub), melakukan rapat online, telpon, video call, dan menggunakan Microsoft 365.

Keunggulan dan Kekurangan Microsoft Office 365

Keunggulan dan Kekurangan Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 dapat dikatakan sebagai microsoft office yang telah disempurnakan, karena telah selalu menawarkan fitur terupdate.

Walaupun selalu memberikan fitur yang menarik, software ini juga memiliki kekurangan, berikut keunggulan dan kekurangan Office 365:

Keunggulan Microsoft Office 365

Di bawah ini kami telah merangkum keunggulan dari Microsoft Office 365, sebagai berikut:

  1. Fitur selalu diperbarui secara otomatis tanpa membayar biaya tambahan
  2. Dapat menyimpan hasil kerja di cloud storage OneDrive 1TB, bahkan hingga free call Skype selama 60 menit per bulan
  3. Bisa menyimpan data kapan saja dan dimana saja dengan lebih simpen tanpa harus membawa flashdisk
  4. Tidak hanya dapat diakses pada 1 PC saja, melainnkan dapat digunakan beberapa perangkat lainnya, kamu bisa install di macOS, Laptop Windows, Tablet dan HP kamu
  5. Dapatkan dukungan penuh dari Microsoft Office 365 melalui chat, email, atau telepon

Kekurangan Microsoft Office 365

Di bawah ini kami telah merangkum kekurangan dari Microsoft Office 365, sebagai berikut:

  1. Dengan tersedia fitur yang lengkap, kamu harus berlangganan dengan mengeluarkan sejumlah biaya yang sesuai dengan ketentuan pihak Microsoft, bisa dibayarkan bulanan dan tahunan namun harganya sudah pasti akan lebih mahal
  2. Untuk menerima update dari Office 365, kamu harus selalu terhubung dengan jaringan internet, walaupun kamu telah membayar biaya langganan

Daftar Cara Aktivas Microsoft Office 365

Di bawah ini kami telah merangkum daftar cara yang dapat kamu gunakan untuk mengaktivasi Microsoft Office 365, sebagai berikut:

Daftar Cara Aktivas Microsoft Office 365

1. Tutorial Aktivasi Microsoft Office 365 dengan CMD

Salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk aktivasi microsoft office 365 ialah dengan Command Prompt (CMD) berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  1. Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Microsoft Office 365 yang ingin kamu gunakan
  2. Setelah itu buka menu Command Prompt yang tersedia pada komputer atau laptop
  3. Akses CMD sebagai Administrator
  4. Gunakan perintah ini: cd C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office16
  5. Selanjutnya gunakan perintah ini: cd C:\Program Files\Microsoft Office\Office16
  6. Lalu konversikan Microsoft Office kamu dari lisensi ritel ke volume dengan memasukkan perintah: for /f %x in (‘dir /b ..\root\Licenses16\proplusvl_kms*.xrm-ms’) do cscript ospp.vbs /inslic:”..\root\Licenses16\%x”
  7. Kemudian aktifkan microsoft office365 dengan menggunakan perintah: cscript ospp.vbs /inpkey:XQNVK-8JYDB-WJ9W3-YJ8YR-WFG99
  8. Selanjutnya kamu perlu memasukan perintah: cscript ospp.vbs /unpkey:BTDRB >nul , cscript ospp.vbs /unpkey:KHGM9 >nul , dan cscript ospp.vbs /unpkey:CPQVG >nul
  9. Dan terakhir, gunakan perintah: cscript ospp.vbs /sethst:kms8.msguides.com , cscript ospp.vbs /setprt:1688 , dan cscript ospp.vbs /act
  10. Jika sudah, kamu telah berhasil mengaktivasi Microsoft Office 365 dengan CMD

2. Tata Cara Aktivasi Office 365 Orisinal

Selalui melalui CMD, kamu juga bisa mengaktivasi Office 365 orisinal dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang telah diberikan dalam halaman Office 365.

Di bawah ini cara aktivasi Office 365 orisinal, sebagai berikut:

  1. Ketika membuka Office 365 yang belum di aktivasi, kamu akan diminta untuk memasukan akun Office kamu.
  2. Kamu bisa masuk dengan menggunakan akun Microsoft Office yang sebelumnya kamu miliki
  3. Selanjutnya sistem akan memunculkan Panduan aktivasi, ikuti petunjuk yang muncul untuk melakukan aktivasi Office hingga selesai
  4. Kamu telah berhasil mengaktivasi Office 365 orisinal

3. Cara Aktivasi Office 365 dengan Product Key

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengaktivasi Office 365 dengan Product Key, namun kamu perlu membelinya terlebih dahulu melalui laman resmi Microsoft atau bisa juga di e-commerce yang terpercaya.

Product Keu sendiri merupakan serial number yang menunjukkan lisensi dari Office 365. Berikut cara aktivasi Office 365 dengan Product Key:

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah melakukan instalasi Microsoft Office 365 pada perangkat
  2. Setelah itu, buka salah satu software di MicrosoftOffice 365, seperti Word, Excel atau Power Point
  3. Saat kamu membuka salah satu software Office 365, nantinya akan muncul jendela tempat pengguna bisa memasukkan product key
  4. Masukkan akun Microsoft yang sudah kamu miliki
  5. Lalu siapkan serial number atau product key yang belu, dan masukkan ke kolom yang sudah tersedia
  6. Jika sudah memasukan product key dengan benar, maka secara otomatis Microsoft Office 365 sudah teraktivasi

Tutorial Aktivasi Microsoft Office 365 dengan CMD

Cara Akses Microsoft Office 365 Secara Online

Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengakses Microsoft Office 365, yaitu:

  1. Buka browser web dan masuk ke situs web Office.com.
  2. Masuk dengan akun Microsoft yang kamu miliki. Jika kamu belum memiliki akun, buat akun baru.
  3. Setelah masuk, klik pada aplikasi Office yang ingin kamu gunakan, seperti Word atau Excel.
  4. Mulailah menggunakan aplikasi Office secara online.

Catatan: Pastikan kamu memiliki paket berlangganan Office 365 yang memungkinkan kamu mengakses aplikasi secara online. Jika kamu hanya memiliki lisensi untuk menggunakan aplikasi desktop, kamu tidak dapat mengakses aplikasi secara online.

Perbedaan Antara Microsoft Office 365 dan Office 2019

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Microsoft Office 365 dan Office 2019:

KeteranganOffice 365Office 2019
AksesibilitasTersedia sebagai layanan berlangganan yang selalu terbaru dengan versi terbaru aplikasi Office.Office 2019 hanya tersedia sebagai versi desktop yang tidak menerima pembaruan secara otomatis
FiturMenawarkan fitur dan aplikasi tambahan seperti email, kolaborasi online, dan penyimpanan cloudTidak tersedia
HargaMemiliki biaya bulanan atau tahunanMemiliki harga sekali bayar
KompatibilitasDapat digunakan pada berbagai perangkat, termasuk desktop, laptop, tablet, dan smartphoneHanya tersedia pada komputer desktop dan laptop
UpdateSelalu diperbarui dan memiliki versi terbaru aplikasiTidak menerima pembaruan setelah diluncurkan

Tanya Jawab Tentang Office 365

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Office 365, sebagai berikut:

1. Apa Perbedaan dari Microsoft Office dengan Office 365?

Pada Office 2019 kamu akan mendapatkan software seperti Microsoft Excel, Word, dan juga PowerPoint, sedangkan di Microsoft 365 kamu akan mendapatkan software yang ada di Office 2019 beserta tambahan Microsoft Outlook.

2. Microsoft 365 Terbit Tahun Berapa?

Microsoft pertama kali memperkenalkan Microsoft Office 365 pada Oktober 2010 lalu, dimulai dengan beta pribadi dengan berbagai organisasi, menuju beta publik pada April 2011, dan mencapai ketersediaan umum pada 28 Juni 2011.

3. Bagaimana Cara Membeli Lisensi Office 365?

Kamu dapat membeli lisensi Office 365 melalui situs resmi Microsoft atau melalui reseler yang ditunjuk.

4. Bagaimana Cara Menambahkan Pengguna Untuk Lisensi Office 365 Per Orang?

Kamu dapat menambahkan pengguna lain untuk mengakses lisensi kamu melalui halaman akun Microsoft kamu.

5. Apakah Office 365 Hanya Dapat Digunakan Di Komputer?

Tidak, Office 365 juga tersedia untuk digunakan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

6. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Lupa Product Key?

Jika kamu lupa product key, kamu dapat mengakses halaman akun Microsoft kamu untuk melihat atau mengirim ulang product key.

7. Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Lisensi Office 365?

Setelah kamu membeli lisensi Office 365, kamu akan menerima product key yang digunakan untuk mengaktifkan Office 365. Kamu harus mencatat atau menyimpan product key ini dan ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan Office 365.

8. Apakah Office 365 Hanya Tersedia Dalam Bahasa Inggris?

Tidak, Office 365 tersedia dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia.

9. Apakah Office 365 Gratis?

Tidak, Office 365 dapat digunakan dengan lisensi yang dibeli.

10. Apakah Office 365 Memerlukan Koneksi Internet?

Ya, Office 365 memerlukan koneksi internet untuk dapat digunakan.

Kesimpulan

Microsoft Office 365 merupakan sebuah produk layanan yang harus berlangganan milik Microsoft. Pada umumnya, produk ini terdiri dari software Microsoft Office serta software yang berbasis cloud computing lainnya, seperti Exchange Server dan Sharepoint Server.

Demikian artikel tentang cara aktivasi Microsoft Office 365 gratis seumur hidup, semoga informasi yang kami sediakan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.