Australian Watchdog: Google Menyesatkan Konsumen Tentang Pengumpulan Data

Lovata Andrean

Google menyesatkan konsumen tentang pengumpulan data
Google menyesatkan konsumen tentang pengumpulan data

Rancakmedia.com – Pengadilan federal Australia menemukan bahwa Alphabet’s Google menyesatkan beberapa konsumen tentang data lokasi pribadi yang dikumpulkan melalui perangkat seluler Android, otoritas persaingan negara itu mengatakan pada hari Jumat.

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) mengumumkan bahwa mereka mencari klarifikasi dan hukuman dari Google meskipun tidak memberikan jumlah.

“Ini adalah kemenangan besar bagi konsumen, terutama mereka yang peduli dengan privasi online mereka, karena keputusan pengadilan mengirimkan pesan yang kuat kepada Google dan lainnya bahwa perusahaan besar tidak boleh menyesatkan pelanggan mereka,” kata Rod Sims, ketua ACCC, dalam sebuah pernyataan.

Kasus ini berkisar pada pengaturan Google tertentu yang terkait dengan pengumpulan data lokasi, riwayat lokasi, dan aktivitas web dan aplikasi.

Pengadilan menemukan bahwa Google secara keliru mengklaim hanya dapat mengumpulkan informasi dari setelan riwayat lokasi pada perangkat pengguna antara Januari 2017 dan Desember 2018.

Pengaturan untuk mengontrol aktivitas web dan aplikasi saat diaktifkan juga memungkinkan Google untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan data dan diaktifkan secara default di perangkat.

Pengguna tidak diberi tahu bahwa menonaktifkan riwayat lokasi dan mengaktifkan setelan “Aktivitas web dan aplikasi” akan memungkinkan Google untuk terus mengumpulkan data, demikian temuan pengadilan.

Pengadilan harus memutuskan apa yang dianggapnya sebagai pelanggaran dan berapa banyak yang telah terjadi, tetapi Australian Broadcasting Corp (ABC) mengutip ketua ACCC Rod Simms yang mengatakan bahwa regulator akan meminta denda “jutaan”.

Seorang juru bicara Google mengatakan perusahaan sedang meninjau opsinya.

“Pengadilan menolak banyak klaim umum ACCC. Kami tidak setuju dengan temuan yang tersisa dan saat ini sedang meninjau opsi kami, termasuk kemungkinan naik banding,” kata juru bicara itu.

Raksasa teknologi itu telah terlibat dalam tindakan hukum di Australia selama beberapa bulan terakhir karena pemerintah mempertimbangkannya dan kemudian mengesahkan undang-undang yang membuat Google dan Facebook membayar perusahaan media untuk konten di platform mereka.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks