Advertisement

Pengertian Blog Menurut Para Ahli Paling Lengkap

Rancakmedia.com – Pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan pengertian blog menurut para ahli, terdapat ciri serta fungsinya juga lho, maka dari itu simak informasi dibawah ini agar kamu lebih mudah memahaminya.

Menulis online sering dikenal sebagai blogging atau web blogging, baik dilakukan di situs web pribadi atau melalui sistem manajemen blog seperti WordPress atau Blogger.

Blog adalah konten situs web yang memiliki artikel-artikel yang sering disajikan dalam urutan kronologis terbalik, dari yang paling baru hingga yang paling lama.

Blog dengan cepat menjadi salah satu bentuk konten online yang paling banyak di baca. Bahkan, 77% dari semua pengguna internet adalah pembaca blog yang rajin, menurut survei baru-baru ini. Pada tahun 2020, ketika diproyeksikan ada 600 juta blog, hal ini harus diantisipasi.

Mengenal Pengertian Blog

Blog adalah situs web yang berbentuk postingan terdiri atas item-item baru yang ditulis oleh satu atau beberapa penulis dan diperbarui secara teratur dengan konten baru (teks, foto, tautan atau link, dan video). Bisa dikatakan blog adalah situs web yang sebagian besar berisi konten tertulis.

Ketika berbicara tentang blog, tidak hanya mengacu pada konten blogger.com, tetapi juga platform lain seperti medium, WordPress, Typepad, dll. yang membuatnya mudah untuk menyiapkan situs web yang akan diperbarui secara teratur dengan artikel baru.

Mengenal Pengertian Blog Blog Menurut Para Ahli

Blogging mengacu pada praktik menulis blog, sedangkan blogger adalah orang yang mengelola blog. Blog adalah buku harian online di mana orang dapat berbagi segala sesuatu mulai dari peristiwa kehidupan pribadi hingga refleksi yang lebih ringan tentang kehidupan sehari-hari.

Blog niche, di sisi lain, dikhususkan untuk konten yang lebih spesifik. Salah satu contohnya adalah mencakup topik blog tertentu seperti SEO, teknologi, pertanian, kesehatan, dan pendidikan.

Blogger memiliki dua tujuan dalam pikirannya ketika mereka menulis posting untuk blog mereka sendiri. Dua hal pertama, itu hanya minat yang sepintas karna hobi saja, kedua adalah upaya serius untuk menghasilkan uang melalui iklan, penjualan konten, atau pemasaran afiliasi.

Pengertian Blog Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi blog yang telah dikatakan oleh para ahli:

Menurut Harvard University

Weblog adalah buku harian berbasis web yang mencakup hierarki, postingan, gambar, file, dan materi lainnya dalam format yang dapat diakses browser dan dicap waktu.

Menurut Wikipedia

Sederhananya, blog adalah situs web di mana postingan baru ditambahkan secara teratur dan disajikan dalam urutan kronologis terbalik.

Menurut Marketingterms Dictionary

Blog adalah jurnal online di mana penulis mencantumkan tanggal dan memberikan komentar dalam bentuk komentar dan tautan ke konten relevan lainnya di Internet.

Menurut Marketingterms Dictionary Blog Menurut Para Ahli

Ciri-Ciri Blog

Beberapa fitur penentu blog adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki identitas nama dan alamat yang mudah ditemukan internet
  2. Melayani suatu tujuan
  3. Membawa konten tertulis dalam bentuk artikel, catatan, dan data lainnya.
  4. Mengarsipkan entri blog atau konten lainnya (disimpan sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun posting)
  5. Jumlah konten yang disajikan dalam blog, atau frekuensi pembaruannya, terus berubah untuk mencerminkan audiens blog yang dituju.

Kelebihan dan Kekurangan dari Aplikasi Blog

Kelebihan dan kekurangan menggunakan perangkat lunak blog mencakup yang berikut ini:

Kelebihanan blog

Di bawah ini hanya beberapa dari sekian banyak manfaat yang dibahas dalam blog:

  1. Penggunaan weblog memungkinkan kita untuk memperluas jaringan pertemanan dan kenalan yang ada menjadi kelompok orang yang jauh lebih besar.
  2. Weblog lebih unggul daripada surat elektronik (email) karena komentar kamu pada posting weblog dapat dilihat oleh orang yang jumlahnya tak terbatas. Tidak seperti email, yang hanya dapat dilihat oleh penerima yang dituju, weblog dapat dibagikan kepada siapa saja. Selain itu, pembaca dapat dengan cepat bereaksi terhadap postingan dengan meninggalkan komentar di blog itu sendiri.
  3. Blog memiliki beberapa potensi penggunaan, seperti platform untuk penerbitan, iklan, penawaran bisnis, renungan harian, dan banyak lagi. Sementara sebagian besar blog ditulis dan diperbarui oleh satu orang, yang lain ditulis dan diperbarui oleh sekelompok orang.

Kelebihan dan Kekurangan dari Aplikasi Blog Blog Menurut Para Ahli

Kekurangan blog

Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan, jika dijabarkan kekurangan pada blog, yaitu:

  1. Rentan terhadap virus.
  2. Pengintai atau pencuri
  3. Sangat mudah untuk menyalahgunakan tujuannya.
  4. Tulisan blog kurang dapat dipertanggung jawabkan

Fungsi Blog

Membuat blog mirip dengan membuat situs web dasar, yang berarti banyak orang dapat melakukannya. Keramahan pengguna blog membuatnya menjadi taruhan yang aman bahwa banyak orang akan mengunjunginya secara teratur. Blog dapat melayani berbagai tujuan, termasuk:

Sarana Untuk Berbagi Inspirasi, Catatan Hidup atau Pengalaman

Selama isi blog tidak melanggar peraturan dan konvensi bangsa pembacanya, blogger bebas menulis tentang apa pun yang menarik minatnya, termasuk usaha pribadi, keluhan, catatan singkat, pengalaman pribadi, dan hal-hal lain semacam itu.

Sarana Bertukar Informasi

Informasi yang dulunya hanya tersedia dalam bentuk cetak, sekarang banyak tersedia secara online dalam bentuk e-book dan blog.

Tidak ada salahnya menggunakan media blog untuk menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman seseorang dalam sektor tertentu, sehingga meningkatkan kemungkinan karya seseorang akan dilihat oleh khalayak luas dan menjadi inspirasi bagi orang lain.

Sarana Berbisnis

Blog dapat digunakan untuk membangun halaman penjualan atau untuk menarik pembaca melalui penggunaan platform iklan seperti Google AdSense. Selain itu, kita dapat membujuk mereka untuk membeli barang kita dengan mempromosikannya di situs penawaran yang menarik.

Sarana Untuk Personal Branding

Pada dasarnya, blog juga merupakan sarana untuk mempromosikan identitas pribadi penulis. kamu dapat meningkatkan kesadaran akan nama kamu dengan menulis detail menarik tentang kegiatan di mana kamu berpartisipasi. Penulis dapat memanfaatkan tulisan mereka dengan baik dalam berbagai cara.

Sarana Untuk Personal Branding Blog Menurut Para Ahli

Bagian-Bagian Blog

Blogger menampilkan bagian-bagian utama yang gayanya dapat dimodifikasi sesuai selera menggunakan bagian CSS atau melalui penggunaan templat. Kategori utama blog ini adalah sebagai berikut:

  1. Header blog muncul di bagian paling atas halaman. Logo situs web, judul blog, dan navigasi atau menu blog semuanya berada di header.
  2. Area tepat di atas header disebut bilah navigasi, atau navbar. Setelah masuk ke akun Blogger atau WordPress yang kamu tangani, kamu akan dibawa ke layar ini.
  3. Bagian utama dari sebuah blog disebut Main Blog atau Mainbar, dan terdiri dari artikel yang telah kamu tulis bersama dengan judul postingan, tanggal, penulis, dan konten tulisan.
  4. Bilah samping dapat ditempatkan di sisi kanan atau kiri bilah utama. Widget seperti jam, kalender, spanduk, dan sebagainya sering terlihat di sidebar di samping kotak pencarian dan konten paling populer.
  5. Footer blog adalah bagian paling akhir; sering kali mencakup informasi dasar tentang blog, seperti alamat editorialnya, tautan jejaring sosial, pemberitahuan hak cipta, dan template yang digunakan.

Jenis-Jenis Blog

Baru memulai di dunia blogging? Beberapa dari sekian banyak jenis blog di luar sana dijelaskan di sini. Bila sesuai, jenis blog berikut ini dapat digunakan:

Blog Pribadi

Dalam dunia blog, blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh seseorang. Menurut definisi, blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh seorang blogger untuk berbagi informasi tentang diri mereka sendiri dan hobi mereka dengan dunia.

Blog pribadi sering kali berfokus pada kehidupan penulis dan peristiwa yang terjadi di dalamnya sehari-hari. Weblog pribadi biasanya informal dan berurusan dengan topik-topik biasa.

Blog Niche

Salah satu definisi blog niche adalah blog yang berkonsentrasi pada konten khusus. Blog ini hanya berfokus pada satu topik di seluruh postingannya.

Kata kunci dan frasa kata kunci yang dipilih adalah sumber kehidupan blog niche, memungkinkan untuk meningkatkan keberhasilan blog dan moneter melalui Google Adsense.

Blog ini dapat digunakan untuk tujuan periklanan dengan mengisinya dengan kata kunci yang populer dan relevan sehingga akan muncul dalam pencarian Google.

Blog Bisnis atau Content Marketing

Blog Bisnis atau Content Marketing

Blog bisnis, juga dikenal sebagai blog korporat, adalah sejenis weblog di mana postingan difokuskan pada isu-isu yang relevan dengan perusahaan yang sedang diiklankan. kamu dapat memanfaatkan ini untuk meningkatkan kredibilitas situs web atau pendapatan kamu.

Tokopedia, Lazada, Niagahoster, dan banyak lagi penyedia hosting hanyalah beberapa bisnis yang sekarang memanfaatkan blog bisnis secara ekstensif.

Blog Profesional

Blog ini adalah salah satu blog yang lebih resmi dan memiliki signifikan yang secara luas diakui. Blog bisnis sering kali berfokus pada satu topik menyeluruh. Blog yang mencakup topik seperti mobil, buku, dan minat lainnya. Tidak hanya bahasanya tidak penuh dengan istilah spam, tetapi juga tidak membosankan.

Dari blog profesional, Seseorang dapat memperoleh kredibilitas sebagai otoritas di bidangnya dan imbalan finansial penghasilan. dengan penggunaan iklan, penempatan produk, atau penampilan selebriti di acara-acara khusus.

Blog Citizen

Blog ini sering dikelola oleh banyak orang dalam satu kelompok yang secara khusus membahas tema-tema yang berbeda yang seharusnya disukai oleh para pengikutnya.

Kompasiana adalah salah satu contoh blog warga. Di situs web, kita dapat mendaftarkan diri dan menulis tentang pemikiran atau keprihatinan yang terbentuk di masyarakat.

Blog Resmi

Untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang hal-hal yang mereka jual, perusahaan tertentu membuat blog semacam ini, itulah sebabnya mengapa kamu tidak menemukan blog resmi seperti ini karena hanya untuk mempromosikan barang dan jasa perusahaan.

Sejarah Singkat Blog

Istilah blog berasal dari istilah weblog, yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tahun 1990-an. Pada saat itu, hanya ada beberapa pembuat weblog yang terkenal. Akhirnya, weblog dikenal sebagai blog.

Situs web yang paling sederhana awalnya dibuat oleh Pyra Labs, tetapi Google mengakuisisinya pada tahun 2002. Sejak saat itu, blog mulai berevolusi dengan memasukkan banyak aplikasi tambahan.

Aplikasi-aplikasi ini dapat dibuat untuk terlihat dan berfungsi sedemikian rupa sehingga halaman menjadi salah satu jenis dan menyenangkan untuk dijelajahi.

Sejarah Singkat Blog

Manfaat Blog

Untuk menyediakan platform bagi individu yang suka menulis, blog dikembangkan dan digunakan secara luas saat ini.

Pada kenyataannya, banyak individu, terutama pembaca, menemukan nilai dalam blog itu sendiri bahkan jika mereka tidak berkontribusi dengan cara apa pun. Beberapa keuntungan dari blogging termasuk yang berikut ini:

Mengasah Kemampuan Menulis

Kamu dapat menggunakan blog untuk melatih kemampuan menulis kamu dan mendapatkan umpan balik dari komunitas online. Menggunakan blog sebagai alat pembelajaran akan membantu kamu menjadi penulis yang lebih baik.

Karena kamu dapat yakin bahwa banyak orang akan membaca apa yang kamu posting di blog, sebagai lawan dari jurnal atau catatan acak kamu yang tidak akan pernah dibaca oleh siapa pun.

Media Bertukar Informasi

Dalam pengaturan seperti itu, kamu dapat mempublikasikan postingan blog yang dirancang untuk menarik banyak audiens, dan pada gilirannya, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dari blog lain.

Menghasilkan Uang

Kamu dapat memonetisasi blog kamu seperti situs web lainnya. Salah satu cara terbaik untuk belajar menulis sambil menghasilkan uang adalah dengan memulai blog dan menggunakan Google Adsense.

Penempatan artikel oleh situs web layanan backlink, startup, e-commerce, atau ulasan blog produsen semuanya dapat berkontribusi pada keuntungan dengan meningkatkan eksposur untuk hal-hal yang mereka buat.

Sebagai Media Promosi dan Penjualan Produk

Jika kamu ingin produk atau layanan kamu diperhatikan dan di depan banyak orang, blog adalah tempat yang tepat untuk melakukannya.

Blog dapat digunakan sebagai platform pemasaran untuk mempromosikan dan menjual barang. Sederhananya, pembaca blog akan jauh lebih besar daripada jaringan sosial lainnya.

Menambah Jaringan atau Relasi Kerja

Blog memungkinkan kamu untuk terhubung dengan khalayak luas dan berbagi pengetahuan kamu dengan mereka sambil membangun jaringan profesional kamu.

Media Bertukar Cerita

Diyakini bahwa banyak individu akan dapat berhubungan dan mendapatkan wawasan dari pengalaman satu sama lain melalui berbagi pengalaman mereka sendiri melalui penggunaan blog.

Sebagai Media untuk Berbisnis

Blog dapat digunakan untuk meluncurkan perusahaan atau mempresentasikan perusahaan yang sudah ada kepada dunia, karena lebih banyak orang akan menemukan situs kamu setelah menulis tentang hal itu di blog kamu karena kamu telah memasukkan kata kunci yang secara aktif dicari orang.

Sebagai Media untuk Mendapatkan Pekerjaan yang lebih Baik

Pengusaha selalu mencari kandidat yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan bahwa dengan menulis tentang pengalaman seseorang atau menulis konten yang sangat baik, calon pemberi kerja akan membaca tulisan seseorang dan menganggapnya dapat diterima untuk bekerja. Melakukan hal ini sangat penting jika kamu tertarik dengan karir seperti jurnalisme atau pembuatan konten.

FAQ

Contoh kalimat tanya jawab mengenai pengertian blog, yaitu:

Bagaimana Peran Situs Blog sebagai Media Sosial?

Menulis secara online melalui blog memungkinkan kita untuk membuat suara kita didengar oleh orang banyak yang lebih luas daripada sebelumnya.

Apakah Blog itu Gratis?

Menarik untuk selalu di ingat bahwa memulai blog tidak memerlukan biaya apa pun.

Kesimpulan

Blog adalah buku harian online di mana orang dapat berbagi segala sesuatu mulai dari peristiwa kehidupan pribadi hingga refleksi yang lebih ringan tentang kehidupan sehari-hari.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian blog menurut para ahli, semoga artikel diatas dapat membantu dan berguna untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas