Berikut Ini Ciri-ciri Whatsapp Anda Disadap dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Lovata Andrean

Cara Mengatasi hacking WA
Cara Mengatasi hacking WA

Berikut Ini Ciri-ciri Whatsapp Anda Disadap dan Bagaimana Cara Mengatasinya – Media perpesanan WhatsApp jadi media yang terbanyak digunakan oleh beberapa warga pemakai handphone. Bahkan juga di Play Store, WhatsApp telah didownload lebih dari lima miliar pemakai.

Program WhatsApp disebutkan service pesan instant yang terenkripsi. Tetapi, bukan bermakna program itu bebas dari penyadapan.

Di saat account disadap, peretas dapat mengawasi rutinitas Anda di WhatsApp, memantau pesan individu, jadwal tidur, isi contact, dan ada banyak kembali.

Berikut, beberapa ciri WhatsApp disadap orang supaya terbebas dari beberapa hal yang tidak diharapkan:

  • Mendapat kiriman OTP

Apabila Anda mendapati aplikasi keluar dengan sendirinya dan pengguna mendapat kiriman kode OTP lewat SMS maupun telepon, maka dianjurkan untuk tidak menyerahkan kode enam digit tersebut kepada siapapun.

Jika pengguna secara tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi dengan sendirinya, ada kemungkinan nomor WhatsApp sedang dikloning orang lain.

Tetapi, untuk melakukan kloning nomor pelaku harus memiliki akses terhadap kartu SIM korban.

Pengirim bisa saja pura-pura mengaku sebagai teman korban dan meminta mengirimkan kode itu lantaran mereka sulit masuk ke akun Whatsapp mereka. Ini adalah salah satu jebakan dan kemungkinan ada berbagai jebakan lain yang pada intinya meminta enam kode tersebut.

  • Pesan telah terbaca

Tanda WhatsApp dibajak orang selanjutnya ialah pesan telah terbaca. Itu berarti ketika akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang semestinya digunakan pada WhatsApp Web.

Tanda-tanda akun WhatsApp dikloning menggunakan aplikasi seperti ini adalah jika Anda pernah menemukan tanda pesan sudah terbaca padahal belum pernah Anda buka.

Pesan yang sudah terbaca ditandai dengan dua centang biru di bagian kanan bawah pesan. Namun tanda ini bisa dinonaktifkan di bagian pengaturan. Jika tanda ini tak diaktifkan, pengguna tak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

  • Keluar akun WhatsApp Tiba-tiba

WhatsApp tak bisa digunakan pada dua ponsel bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka akun WhatsApp pengguna akan keluar dengan sendirinya.

Apabila nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka akan muncul peringatan pada ponsel, sebagai berikut:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Jika Anda mendapatkan notifikasi itu sementara tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, jangan tekan Oke.

Sebaliknya, Anda harus tekan verifikasi agar akun Whatsapp tidak berpindah ke ponsel lain. Jika pemindahan memang dilakukan oleh Anda sendiri, tentu saja mesti memilih Oke agar akun bisa digunakan di perangkat berbeda.

  • Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Tanda lain kalau WhatsApp sudah disadap adalah ada pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita.

  • Status online padahal tidak aktif

Ini adalah salah satu tanda-tanda WhatsApp Anda disadap orang lain. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apakah nomor kita tampak online di akun WhatsApp orang lain ketika kita tidak membuka aplikasi WhatsApp di ponsel ataupun WhatsApp Web.

Cara agar WhatsApp Tidak Disadap

Agar terlindungi dari serangan penyadapan dan pembajakan WhatsApp, pengguna bisa melakukan 5 cara untuk mengantisipasi. Berikut cara-caranya:

  • Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Ini adalah opsi untuk mengirimkan kode enam angka tiap pengguna masuk dengan nomor Whatsapp terdaftar ke perangkat baru, seperti dilansir The Verge.

Kode ini berbeda dengan OTP. Cara ini digunakan agar orang tak bisa masuk begitu saja ke akun Whatsapp pengguna dan membajak lewat kode QR.

  1. Klik opsi titik tiga di kanan atas
  2. Setting > Account > Two Step Verification
  3. Klik Enable
  4. Masukkan enam kode rahasia yang anda pilih
  5. Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.
  • Aktifkan pemindai sidik jari

Agar tak sembarang pengguna bisa masuk ke akun Whatsapp Anda dan memindai kode QR untuk menyadap, pengguna bisa aktifkan fitur pemindai sidik jari.

  1. Klik opsi titik tiga di kanan atas
  2. Klik Privasi
  3. Klik kunci sidik jari
  4. Aktifkan
  5. Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari mereka
  6. WhatsApp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.
  • Logout WhatsApp Web

Untuk menghindari penyadapan WhatsApp lewat aplikasi yang meniru WhatsApp Web, pengguna bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun anda lewat WhatsApp Web.

  1. Klik opsi titik tiga di kanan atas
  2. Klik WhatsApp Web
  3. Muncul daftar perangkat yang login dengan akun Anda
  4. Pilih logout dari semua perangkat
  • Pasang ulang WhatsApp

Jika Anda terlanjur mengklik Ok saat ada peringatan untuk memindahkan akun seperti disebutkan sebelumnya. Anda bisa menginstal ulang Whatsapp untuk mengambil kembali akun tersebut.

Namun, dengan catatan Anda masih tetap menggunakan nomor yang didaftarkan pada Whatsapp tersebut. Sebab, kode OTP Whatsapp akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

  • Nonaktifkan akun WhatsApp

Jika akun WhatsApp telah diretas, nonaktifkan akun untuk memastikan tidak ada yang menggunakan akun WhatsApp.

Caranya dengan mengirim email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan frasa “Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya” di badan email, seperti ditulis India Today.

Setelah penonaktifan berhasil, Anda memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda sebelum dihapus sepenuhnya.

Itulah beberapa ciri-ciri WhatsApp disadap orang lain, dan cara mengantisipasinya. Melalui cara tersebut diharapkan pengguna pesan instan WhatsApp dapat lebih waspada, atas tindak kejahatan yang kerap mensasar pengguna.

Sumber : cnnindonesia.com

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks