Mengenal Turbin Pesawat Terbang dan Begini Cara Kerjanya

Lovata Andrean

Mengenal Turbin Pesawat
Mengenal Turbin Pesawat

Mengenal Turbin Pesawat Terbang dan Begini Cara Kerjanya – Team gabungan sukses mengevakuasi turbin pesawat Sriwijaya Air SJ182. Apa dan bagaimana fungsi bagian pesawat yang satu ini?

Untuk menggerakkan satu pesawat terbang, didalamnya ada mesin untuk gerakkan pesawat di depan dengan tenaga besar. Tenaga ini dibuat oleh daya dorong dengan desakan besar hingga mengakibatkan pesawat bisa terbang secara cepat.

Merilis dari Glenn Research Center NASA, Selasa (12/1/2021) seluruh pesawat mempunyai mesin turbin dengan kerja yang konsepnya sama. Pertama, mesin mengisap udara di depan dengan kipas.

Lalu compressor meningkatkan tekanan udara. Compressor dibuat dengan sejumlah bilah yang dipasang pada suatu kutub. Pisau berputar-putar dengan kecepatan tinggi dan menekan atau menghimpit udara.

Udara terkompresi selanjutnya disemprotkan dengan bahan bakar dan percikan listrik menghidupkan campuran itu. Gas yang terbakar mengembang dan meledak lewat nosel, dibagian belakang mesin.

Waktu semburan gas melejit ke belakang, mesin dan pesawat didorong ke depan. Saat udara panas masuk di nosel, dia akan melalui barisan bilah lain yang disebut turbin. Turbin terpasang pada kutub yang serupa dengan compressor. Memutar turbin mengakibatkan compressor berputar-putar.

Udara melalui inti mesin dan di sekitar inti. Ini mengakibatkan beberapa udara jadi benar-benar panas dan beberapa bertambah lebih dingin. Udara yang lebih dingin selanjutnya bersatu dengan udara panas di tempat keluar mesin.

Mesin turbin bertenaga gas sudah berkembang pesat semenjak tahun 1903. Hal itu ialah tahun awal turbin gas hasilkan tenaga yang cukup untuk selalu berjalan. Bentuknya dikerjakan oleh penemu Norwegia Aegidus Elling dan hasilkan 11 tenaga kuda, yang disebut prestasi besar pada waktu itu.

Sekarang ini, mesin turbin gas datang dalam bermacam-macam dan ukuran dan umumnya dari mereka hasilkan lebih dari 11 tenaga kuda.

Empat tipe khusus mesin turbin yang terbagi dalam:

  • Mesin Turbojet

Ide dasar mesin turbojet itu sederhana. Udara yang diambil dari lubang di depan mesin dikompresi menjadi 3 hingga 12 kali tekanan aslinya di kompresor. Bahan bakar ditambahkan ke udara dan dibakar dalam ruang bakar untuk menaikkan suhu campuran fluida menjadi sekitar 593° C hingga 704° C.

Udara panas yang dihasilkan dilewatkan melalui turbin, yang menggerakkan kompresor. Jika turbin dan kompresor efisien, tekanan pada pelepasan turbin akan hampir dua kali lipat tekanan atmosfer, dan tekanan berlebih ini dikirim ke nosel untuk menghasilkan aliran gas berkecepatan tinggi yang menghasilkan gaya dorong.

Pesawat Sriwijaya Air yang jatuh adalah pesawat jet. Maka, dia pun memiliki mesin turbin untuk turbojet.

  • Mesin Turboprop

Mesin turboprop adalah mesin turbin yang dipasang pada pesawat baling-baling. Turbin di belakang digerakkan oleh gas panas, dan ini memutar poros yang menggerakkan baling-baling. Beberapa pesawat kecil dan pesawat angkut ditenagai oleh turboprop.

Seperti halnya turbojet, mesin turboprop terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin, tekanan udara dan gas digunakan untuk menjalankan turbin, yang kemudian menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kompresor.

  • Mesin Turbofan

Mesin turbofan memiliki kipas besar di bagian depan, yang menghisap udara. Sebagian besar udara mengalir di sekitar bagian luar mesin, membuatnya lebih senyap dan memberikan lebih banyak daya dorong pada kecepatan rendah. Sebagian besar pesawat saat ini didukung oleh turbofan.

Dalam turbojet semua udara yang masuk ke intake melewati generator gas, yang terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin. Dalam mesin turbofan hanya sebagian dari udara yang masuk ke ruang bakar.

  • Mesin Turboshaft

Ini adalah bentuk lain dari mesin turbin gas yang beroperasi seperti sistem turboprop. Itu tidak menggerakkan propeler. Sebagai gantinya, ini memberikan tenaga untuk rotor helikopter. Mesin turboshaft dirancang sedemikian rupa sehingga kecepatan rotor helikopter tidak tergantung pada kecepatan putar generator gas.

Hal ini memungkinkan kecepatan rotor tetap konstan bahkan ketika kecepatan generator divariasikan untuk memodulasi jumlah daya yang dihasilkan.

Sumber : detik.com

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks