Mengenal Ilmuwan Dalam Peradaban Islam

Lutfi

Mahasiswa Mengenal Ilmuwan Dalam Peradaban Islam
Mahasiswa Mengenal Ilmuwan Dalam Peradaban Islam

Ilmuwan dalam peradaban islam, Pada abad pertengahan, sekitar abad 8 hingga 12 M, Islam menjadi sumber pengetahuan dan penemuan. Ada banyak tokoh ilmiah dari berbagai bidang yang lahir dalam peradaban Islam, baik di dataran Arab maupun di Afrika Utara, Asia Tengah, Persia dan Andalusia.

Ilmuwan dalam peradaban islam, mereka berkontribusi di berbagai bidang. Faktanya, tidak jarang mereka yang menguasai banyak disiplin ilmu pada saat bersamaan. Ada beberapa nama yang telah mengukir sejarah melalui karya ilmiah. Di bawah ini beberapa dari ulama peradaban Islam

Ilmuwan Dalam Sejarah Islam:

1. Ilmuwan Dalam Sejarah Islam Ibnu Sina

Dikenal sebagai “bapak pengobatan present day”. Di dunia barat ia juga dikenal sebagai “Avicenna”, sebagai seorang filsuf, ilmuwan dan dokter.

Ilmuwan dalam peradaban islam, Ibn Sina (980-1037), juga dikenal sebagai “Avicenna” di dunia barat, adalah seorang filsuf, ilmuwan dan dokter yang lahir di Persia (sekarang Iran). Ia juga seorang penulis yang produktif, dengan sebagian besar karyanya di bidang filsafat dan kedokteran. Bagi banyak orang, dia adalah “bapak pengobatan present day”. Karyanya yang sangat terkenal adalah al-Qānūn fī aṭ-Ṭibb, yang telah menjadi rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.

Nama lengkap Ibn Sina adalah Abū ‘Alī al-Husayn receptacle’ Abdullāh container Sīnā bnu Sina. Ia lahir pada tahun 980 di wilayah Afsyahnah dekat Bukhara, yang sekarang menjadi wilayah Uzbekistan, dan meninggal di Hamadan, Persia (Iran) pada bulan Juni 1037.

Ilmuwan dalam sejarah Islam, Dia adalah penulis 450 buku tentang berbagai mata pelajaran utama. Banyak dari mereka berfokus pada filsafat dan pengobatan. “George Sarton menyebut Ibn Sina” cendekiawan Islam withering terkenal dan salah satu yang withering terkenal di segala bidang, tempat, dan waktu. “Karya-karyanya yang withering terkenal adalah The Book of Healing dan Qanun of Medicine (Al-Qanun fi At Tibb).

2. Al Khawarizmi

Seorang pelopor dalam konsep aljabar, algoritma dan bilangan nol. Dia adalah ilmuwan penting dalam sejarah matematika.

Ilmuwan dalam sejarah Islam, Al Khawarizmi adalah seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi, berasal dari Persia. Lahir sekitar 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan meninggal sekitar 850 di Baghdad. Hampir sepanjang hidupnya ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan Baghdad yang didirikan oleh Khalifah Abbasiyah Al-Ma’mun. Di sana ia belajar sains dan matematika, termasuk terjemahan manuskrip bahasa Sanskerta dan Yunani.

3. Al Kindi

Ilmuwan dalam sejarah Islam, Menulis lebih dari 260 buku di berbagai bidang studi. Abu Yūsuf Yaʻqūb ibn ʼIsḥāq aṣ-Ṣabbāḥ al-Kindī dikenal sebagai filsuf pertama yang lahir di kalangan umat Islam. Selama hidupnya, dia tidak hanya berbicara bahasa Arab, tetapi juga berbicara bahasa Yunani dengan lancar.

Ilmuwan dalam sejarah Islam, Banyak karya filsuf Yunani telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab; termasuk karya Aristoteles dan Plotinos. Sayangnya ada sebuah karya Plotinus, yang ia terjemahkan dari Aristoteles sebagai teologi Aristoteles, yang kemudian menimbulkan sedikit kebingungan.

4. Abdul Wafa

Pengembangan metode trigonometri. Wafa Abdul Kadir (1 Januari 1966-16, Mac 2019) adalah seorang aktris Malaysia. Dia pernah tampil di film Azizah The Legend dan show Forces of the Khas Movement. Pada 1993, Wafa dinobatkan sebagai aktris film wanita terakhir (ABPBH). Ia juga manager film animasi Budak Lapok.

5. Fatima al Fihri

Ilmuwan dalam sejarah Islam pendiri universitas pertama di dunia (Al Qarawiyyin, 859 M).Fatima lahir sekitar 800 M di kota Kairouan di tempat yang sekarang disebut Tunisia. Dia keturunan Quraisch-Arab, maka nama nisba “al-Qurashiyya”, “Qurayshi”. Keluarganya adalah bagian dari migrasi besar-besaran dari Kairouan ke Fes.

Ilmuwan dalam sejarah Islam, Fatima dan keluarganya meninggalkan kampung halaman mereka, sementara keluarga melarikan diri dari Cordova atau Spanyol selatan. Ini karena orang Arab terusir dari daerah ini. Meskipun keluarganya pada awalnya tidak kaya, ayahnya Mohammed al-Fihri menjadi pedagang yang sukses.

Saat meninggal, kekayaan ini diwarisi oleh Fatima dan saudara perempuannya Maryam. Dengan uang ini mereka kemudian meninggalkan warisan mereka. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadinya selain apa yang dicatat oleh sejarawan abad ke-14 Ibn Abi-Tsar. Ini mungkin sebagian karena arsip Al-Qarawiyyin

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.