Program Guru Penggerak, Berikut Yang Harus Di Miliki

Lutfi

Program Guru Penggerak Berikut Ciri Yang Harus Di Miliki
Program Guru Penggerak Berikut Ciri Yang Harus Di Miliki

rancakmedia.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengutarakan beberapa ciri-ciri yang perlu dipunyai guru peserta program pelatih berkendara.

Pada batch 1 program pelatih berkendara, mereka menuntaskan 4,lima bulan dari sembilan bulan yang diperkirakan. Registrasi Program guru Pergerakan (PGP) Angkatan 4 sekarang ini dibuka sampai 24 April 2021. Program ini sebagai training kepimpinan untuk beberapa guru menjadi pimpinan evaluasi. Program ini meliputi training online, lokakarya, pertemuan, dan pengiringan sepanjang sembilan bulan untuk calon pelatih berkendara. Berlainan dengan angkatan awalnya, ditambah 4 guru SLB dan SMK dan ditempatkan kerja moderator dalam PGP Batch

Karakter Guru Penggerak

Menurut Nadiem Makarim, semua guru yang turut serta dalam PGP mempunyai karakter atau sikap yang perlu terobsesi, diantaranya:

1. Guru Penggerak ialah guru yang melihat kesusahan sebagai rintangan yang menggerakkan mereka jadi orang yang lebih bagus.

2. Guru Penggerak menyaksikan beberapa anak yang ketinggalan di kelas sebagai peluang untuk tingkatkan ketrampilan mereka. “Guru Penggerak percaya semua anak punyai kekuatan,” kata Nadiem dari account Instagram Ditjen GTK Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan, Minggu (4/4/2021).

3. Guru Penggerak yakin dan tidak biarkan dianya berkecil hati oleh pelatih yang lain kemungkinan lambat dalam mengubah. Pelatih pendorong tidak menjauh pada mereka, tapi menegur guru yang tidak pahami atau tidak mau lakukan pengubahan lewat pendekatan batin supaya sanggup mengubah pola.

4. Guru Penggerak ialah seorang guru yang mengetahui kini saatnya untuk evaluasi peer-to-peer. Waktu untuk refleksi sebagai team orang dewasa di sekolah ialah kunci pengembangan. “Itu tidak sukses tanpa mereka berjumpa dan bekerja dengan guru atau kepala sekolah lain,” lebih Nadiem.

5. Guru Penggerak ialah pelatih yang mengetahui jika ketidakberhasilan ialah satu kewajiban. Karena jika tidak ada kekeliruan bermakna tak pernah coba hal baru. “Ketidakberhasilan itu belajar. Sebagai pendorong pelatih, kami menggerakkan guru dan kepala sekolah untuk lakukan hal yang lain. Hal yang dapat tidak berhasil tetapi harus dicoba,” kata Nadiem.

6. Ciri-ciri lain dari guru pengarahan ialah seorang yang autentik ingin dan berani share pengetahuan dan berani tampil di muka pelatih yang lain. Baik lewat Youtube atau sosial media yang lain memperlihatkan apa yang sudah saya dalami ini hari. Ini untuk menegaskan ke beberapa guru lain jika PGP memang program guru. “Ujungnya, kekuatan anak harus dilepaskan,” kata Nadiem.

7. Beberapa ciri lain dari pelatih berkendara terhitung mengetahui jika semua anak berlainan dan mengetahui kekuatan tiap anak dan pelatih di seputar mereka.

Guru pengarahan, lanjut Nadiem, mempunyai filosofi perkembangan didalamnya. Tapi juga untuk beberapa orang disekelilingnya.

“Tidak ada pelatih berkendara yang yakini baik orang dewasa atau beberapa anak tidak berpotensi pengubahan yang positif,” tandas Nadiem.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.