Advertisement

Cara Unduh Sertifikat Hasil UTBK SBMPTN 2022

Rancakmedia.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi secara detail tentang sertifikat hasil utbk sbmptn pada tahun 2022 ini, simak informasinya dalam ulasan artikel yang akan kami berikan.

Jika kamu tidak lulus ujian, kamu dapat mencetak salinan sertifikat hasil UTBK SBMPTN untuk tahun 2022. Peserta yang lolos SBMPTN 2022 harus mengumpulkan berkasnya untuk tahap selanjutnya.

Peserta yang belum lulus jangan berkecil hati karena ada pilihan alternatif untuk mendaftar ke perguruan tinggi impian kamu!

Hasil UTBK SBMPTN 2022 telah diumumkan pada hari Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB. Periode Pengunduhan Sertifikat UTBK terbuka bagi peserta yang telah berhasil disertifikasi dalam UTBK SBMPTN 2022.

Periode Pengunduhan Sertifikat diperpanjang dari 25 Juni hingga 31 Juli 2022. Nilai setiap peserta UTBK SBMPTN 2022 dapat ditemukan dengan mengunduh sertifikat. Sertifikat hasil UTBK SBMPTN bermanfaat tidak hanya bagi yang lulus, tetapi juga bagi yang gagal.

Bagi peserta yang tidak lulus SBMPTN 2022, sertifikat hasil UTBK SBMPTN menjadi keharusan untuk mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur alternatif sesuai persyaratan universitas.

Berikut Cara Unduh Sertifikat UTBK SBMPTN

Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan sertifikat SBMPTN UTBK 2022:

Berikut Cara Unduh Sertifikat UTBK SBMPTN

  1. Mulailah dengan membuka sbmptn.ltmp.ac.id dan melihat pengumumannya.
  2. Masukkan nomor peserta UTBK-SBMPTN
  3. Tanggal lahir siswa harus dimasukkan di sini.
  4. Setelah itu siswa akan diberikan pilihan untuk mendownload atau mencetak sertifikat UTBK-SBMPTN.
  5. Sertifikat akan diunduh secara otomatis atau manual.

Nilai UTBK peserta dan nama peserta SBMPTN semuanya tercantum dalam sertifikat. Dalam beberapa tahun terakhir, LTMPT menawarkan opsi “lupa kata sandi” kepada peserta yang lupa kata sandinya. Reset kata sandi akun LTMPT dilakukan dengan menggunakan fungsi “Lupa Kata Sandi” pada halaman login portal LTMPT.

Dimungkinkan untuk mendaftar PTN dan PTS dengan sertifikat hasil UTBK SBMPT untuk menetapkan rute terpisah berdasarkan skor UTBK. Dimana, peserta yang tidak lolos SBMPTN 2022 dapat mengikuti seleksi mandiri di salah satu kampus tersebut.

Mahasiswa yang lulus SBMPTN 2022 dapat mendaftar kembali di kampus tujuan segera setelah lulus ujian. Batas waktu pendaftaran ulang berbeda-beda di setiap universitas, jadi pastikan untuk memeriksa situs web resmi masing-masing universitas sebelum membuat rencana di menit-menit terakhir.

Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2022

  1. Kunjungi website pengumuman sbmptn ltmpt atau halaman cermin perguruan tinggi tujuan juga dapat diperiksa oleh peserta.
  2. Masukkan nomor peserta.
  3. Masukkan tanggal lahir peserta.
  4. Saat kamu siap untuk melihat hasilnya, klik Lihat Hasil.

Peserta yang telah lolos akan melihat informasi berikut:

  1. Nomor peserta
  2. Nama peserta
  3. Tanggal lahir peserta
  4. Nama PTN diterima
  5. Nama program studi diterima.

Bagi peserta yang disetujui, akan muncul informasi peserta dengan nama tersebut dengan nomor peserta yang dinyatakan tidak diterima pada SBMPTN 2022.

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

  1. Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN : 01 Desember 2021 – 15 April 2022
  3. Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret – 15 April 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 – 23 Mei 2022
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei – 03 Juni 2022
  6. Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022
  7. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni – 31 Juli 2022
Baca Juga:  Info Persiapan UTBK 2022: Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Pukul 15.00 WIB pada hari yang ditentukan, semua kegiatan harus dihentikan.

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

Masa Unduh Sertifikat UTBK SBMPTN 2022

Peserta SBMPTN 2022 dapat memperoleh sertifikat nilai UTBK melalui link portal.ltmpt.ac.id seperti pada saat membuat akun daftar SBMPTN UTBK 2022. Pengunduhan sertifikat UTBK 2022 dapat dilakukan mulai hari Sabtu, 25 Juni sampai dengan 31 Juni 2022.

Sertifikat UTBK 2022 diperlukan bagi siswa yang diterima pada SBMPTN 2022 untuk mendaftar kembali ke institusinya masing-masing. Selain itu, sertifikat UTBK 2022 juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang tidak lulus SBMPTN untuk mendaftar secara mandiri ke perguruan tinggi binaan yang menawarkan kriteria nilai UTBK sebagai metode seleksi.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sertifikat UTBK diunduh mulai pukul 15.00 WIB. Namun, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengunduh sertifikat UTBK 2022 tersebut.

Proses Selanjutnya Bagi yang Tidak Lolos SBMPTN 2022

Bagi mahasiswa yang tidak lulus UTBK SBMPTN 2022, dapat mendaftarkan diri ke kampus impian. Namun perlu ditegaskan bahwa banyak perguruan tinggi dalam pendaftaran mandiri ini masih mengacu pada UTBK sebagai data penerimaan mahasiswa baru.

Jika kamu memilih untuk tidak mengikuti prosedur UTBK-SBMPTN 2022, maka kamu perlu mengidentifikasi universitas yang tidak menggunakan UTBK nilai sebagai acuan penerimaan mahasiswa baru untuk mendaftar secara terpisah.

Sementara itu, kamu dapat berkonsultasi dengan situs web resmi masing-masing perguruan tinggi yang kamu tuju untuk informasi tentang prasyarat, jadwal, atau biaya pendaftaran.

Sistem Skor UTBK 2022

Nilai UTBK (Ujian Masuk Berbasis Prestasi Berbasis Perguruan Tinggi) tidak hanya dimanfaatkan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Nilai UTBK, yang dapat kamu cetak sertifikatnya, dapat digunakan untuk berbagai alasan. Beberapa PTN memiliki jumlah rute yang panjang dan terpisah.

Sistem Skor UTBK 2022

Kegunaan skor UTBK atau sertifikat UTBK:

Pendaftaran Ulang

Pendaftaran ulang dengan sertifikat UTBK 2022 dimungkinkan bagi kamu yang telah menyelesaikan SBMPTN 2022. Setiap kampus memiliki jadwal dan proses pendaftaran ulang yang berbeda, jadi pastikan kamu memeriksa jadwal secara berkala.

Mendaftar di PTS

Ada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memanfaatkan nilai UTBK 2022 untuk seleksi mahasiswa baru. Saatnya telah tiba bagi kamu untuk mulai mencari institusi swasta Indonesia terbaik. Beberapa perguruan tinggi swasta, merilis jadwal penerimaan mereka. Jadi, kamu dapat memeriksa titik masuk untuk beberapa PTS di situs resmi masing-masing PTS.

Masuk Sekolah Kedinasan

Nilai UTBK 2022 digunakan untuk diperbolehkan mengikuti seleksi Sekolah Negeri. Misalnya, Politeknik STAN harus mencapai nilai minimal UTBK 2022 untuk bisa lolos seleksi administrasi.

Daftar Jalur Mandiri PTN

Beberapa PTN menggunakan nilai UTBK 2022 sebagai bagian dari pemilihan jalur mandiri. Ada lembaga negara yang hanya memanfaatkan nilai UTBK 2022 untuk seleksi, ada juga yang mencampurkan nilai UTBK 2022 dengan ujian tambahan.

Baca Juga:  Tips Sukses Hadapi UTBK 2022, Peserta Wajib Tahu

Sebagai contoh, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Negeri Yogyakarta telah meluncurkan rute masing-masing dengan skor UTBK 2022 (UNY).

Cara Hitung Nilai Rata Rata Skor UTBK 2022

Berikut cara menghitung rata-rata skor UTBK 2022 yang mungkin kamu ketahui dan praktikkan. Pelajari dan praktekkan perhitungan skor rata-rata untuk UTBK 2022 sekarang juga. Simak baik-baik cara menentukan nilai rata-rata UTBK 2022 agar dapat mengetahui dan mempraktekannya.

Di bawah ini adalah cara menghitung rata-rata skor UTBK 2022 yang mungkin kamu ketahui dan praktikkan. Rumus berikut dapat digunakan untuk memperkirakan nilai rata-rata UTBK tahun 2022:

Cara Menghitung Nilai Rata-rata UTBK (Saintek)

  1. Nilai rata-rata TKA Saintek = Jumlah nilai dari 4 mata pelajaran (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Sains), kemudian dibagi 4.
  2. Nilai rata rata TPS Saintek = Jumlah dari nilai 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) kemudian dibagi 4.
  3. Nilai rata-rata total UTBK Saintek = Nilai rata-rata TKA Saintek + Nilai rata-rata TPS, dibagi 2.

Cara menghitung nilai rata-rata UTBK (Soshum)

  1. Nilai rata-rata TKA Soshum = Jumlah dari nilai 4 mata pelajaran (Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi), kemudian dibagi 4.
  2. Nilai rata-rata TPS Soshum = Jumlah dari nilai 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) dijumlah kemudian dibagi 4.
  3. Nilai rata-rata total UTBK Soshum = Nilai rata-rata TKA Soshum + Nilai rata-rata TPS dibagi 2.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata UTBK (Campuran)

Cara menghitung Nilai Rata-rata UTBK Campuran

  1. Nilai rata-rata TKA Saintek = Jumlah dari nilai 4 mata pelajaran (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Sains), kemudian dibagi 4.
  2. Nilai rata-rata TKA Soshum = Jumlah dari nilai 4 mata pelajaran (Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi), kemudian dibagi 4.
  3. Nilai rata-rata TPS = Jumlah dari nilai 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) kemudian dibagi 4.
  4. Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Saintek + Nilai rata-rata TKA Soshum + Nilai rata-rata TPS dibagi 3.

Kesimpulan

Itulah cara menentukan nilai rata-rata UTBK 2022 yang mungkin kamu ketahui dan praktekkan. Hasil UTBK SBMPTN 2022 sudah di umumkan pada hari Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB. Jika tidak lulus ujian, kamu dapat mencetak salinan sertifikat untuk tahun 2022.

Peserta yang telah lolos akan melihat informasi yang telah kami sampaikan dalam artikel di atas, demikian informasi ini semoga dapat membantu kamu yang mungkinj sedang mengalami kesulitan, jangan lupa untuk baca artikel lainnya, sekian dan terimakasih.

Back to top button