Cara Cek dan Daftar DTKS Online di Kemensos Go Id

Rancakmedia.com – Berikut ini informasi tata cara daftar dan cek Online DTKS dalam situs resmi yang telah disediakan, yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Untuk dapat memperoleh bantuan sosial dari Kementerian Sosial, kamu harus terlebih dahulu mendaftar ke DTKS sebagai KPM. Setelah mendaftar, kamu dapat melihat hasilnya secara online. Cara cek DTKS online lewat handphone di CekBansos Go Id Kemensos gampang banget, bisa lewat handphone atau PC.

Bantuan sosial kepada mereka yang membutuhkan tidak dibatasi oleh pemerintah. Kemensos akan terus menyalurkan bansos sesuai target sesuai DTKS hingga tahun 2022. Karena itu, jika ingin mendaftar segera lakukan.

Apa itu DTKS KMP?

Sebelum mendaftar sebagai DTKS KMP (Keluarga Penerima Manfaat), tahukah kamu apa itu DTKS? Ya, kamu perlu mengetahui apa itu DTKS, sehingga kamu dapat memahami bagaimana Kementerian Sosial menentukan siapa yang berhak mendapatkan dukungan sosial, baik dalam bentuk PKH, BST, dan jenis bansos lainnya.

DTKS dimanfaatkan sebagai lkamusan Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan sosial yang tepat sasaran. Ada metode sekuensial yang digunakan untuk mendapatkan data di DTKS, sehingga tidak mungkin dikumpulkan secara acak. Jadi, apa yang dimaksud dengan DTKS?

Mengenali dan Mengatasi DTKS

Kementerian Sosial membawahi DTKS, yang merupakan singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima dan Pemberdayaan Bantuan Sosial, dan Potensi Sumber Daya Kesejahteraan Sosial hanyalah sebagian kecil dari topik yang diangkat oleh DTKS (PSKS).

Mengenali dan Mengatasi DTKS

DTKS mencakup sekitar 40 persen penduduk Indonesia yang dinilai memiliki status kesejahteraan sosial paling rendah. Termasuk masyarakat Indonesia yang miskin atau berisiko miskin yang mengkamulkan bantuan sosial pemerintah.

Apalagi setelah adanya wabah Covid-19 yang semakin memiskinkan dan mengganggu kehidupan mereka. Untuk memberikan bantuan sosial kepada mereka yang memenuhi syarat, DTKS sangat penting untuk mengidentifikasi mereka yang benar-benar miskin atau berisiko jatuh miskin secara kamul.

Dasar Hukum DTKS

DTKS Kementerian Sosial tidak hadir secara tiba-tiba, karena sudah ada lkamusan legislatifnya. Berikut ini adalah beberapa anggaran dasar yang menjadi lkamusan hukum DTKS:

  1. UU No 13 Tahun2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.
  2. UU No 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Urusan Pemerintah di Bidang Sosial.
  3. Permensos Nomor 28 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.
  4. Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
  5. Permensos Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Petunjuk Masuk DTKS

Dapat disimpulkan bahwa kamu harus terlebih dahulu bergabung dengan DTKS jika ingin mencari bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Dokumen seperti KK dan KTP bisa dikirim langsung ke Kantor Desa/Kelurahan.

Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat mendaftar atau masuk DTKS secara online, khususnya menggunakan Aplikasi Cek Bansos. Sama seperti pendekatan sebelumnya, kamu harus menyiapkan surat-surat seperti KK dan KTP, dan kamu harus memposting foto selfie menggunakan KTP.

Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Setelah Masuk DTKS

Meski diakui sebagai KPM di DTKS, kamu tidak akan berhak mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial sekali pun. Alasannya, setiap program bansos saat ini memiliki aturan dan proses tersendiri dalam memilih calon pengguna.

Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Setelah Masuk DTKS

Semuanya tergantung pada apa yang diputuskan oleh penyelenggara program, dalam hal ini Kementerian Sosial, serta kuota yang telah ditetapkan. Ada kemungkinan waktu kamu akan tiba di putaran bansos berikutnya, jadi jangan putus asa.

Itulah mengapa penting untuk mengawasi DTKS kapan pun kamu bisa. Toh, cara cek DTKS online lewat smartphone di CekBansos Go Id Kemensos cukup sederhana. Cukup kunjungi situs web dan lakukan pencarian sesuai dengan detail pribadi kamu. Selain melalui website, kamu juga dapat melakukan pengecekan menggunakan Aplikasi Cek Bantuan Sosial.

Update DTKS

DTKS juga harus diperbarui secara berkala untuk mengimbangi lanskap sosial yang selalu berubah. Beberapa orang berhasil keluar dari kemiskinan, sementara yang lain kembali ke sana. Tidak mungkin memberikan dukungan sosial yang tepat dan tepat sasaran jika database DTKS tidak selalu up to date.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten/Kota, khususnya Dinas Sosial Kabupaten/Kota, perlu melakukan perubahan terhadap DTKS. Setelah DTKS dimutakhirkan secara berkala, maka dukungan sosial yang diperoleh KPM akan tepat sasaran.

Perubahan Data

Keluarga Penerima yang terdaftar di DTKS pindah tempat tinggal karena berbagai alasan. Tentu saja, modifikasi ini harus diketahui agar tidak bingung, terutama ketika prosedur pembayaran telah tiba.

Apa yang harus dilakukan KPM? Perubahan data harus dilaporkan ke Kantor Desa/Kelurahan terbaru oleh KPM yang bersangkutan. Camat dan Bupati akan diberitahu dalam perkembangannya.

Sebelumnya, Dinas Sosial akan melakukan pengecekan dan validasi ulang data, persis seperti saat mendaftar pertama kali. Jika semua data valid, maka akan diberikan kepada Bupati atau Walikota di daerah tersebut.

Manfaat Daftar di DTKS

Tentu kamu sudah memahami keuntungan terdaftar sebagai KPM di DTKS. Tentu saja Kemensos bisa membantu kamu mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. kamu tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial jika kamu tidak login dan mendaftar di data terintegrasi.

Semua itu berdasarkan UU no. 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Masyarakat Miskin, bahwa program pemberdayaan dan bantuan sosial harus berbasis data terpadu yang ditangani Kementerian Sosial. Data yang terintegrasi adalah DTKS yang selama ini beroperasi.

Jadi, kalau menurut kamu worth it, jangan lupa datang aktif ke Kantor Desa atau Kelurahan untuk diikutsertakan dalam DTKS. Nama kamu akan masuk dalam DTKS sebagai KMP jika memenuhi syarat dan mengikuti tata cara penyelenggaraan.

Verifikasi dan Validasi Data DTKS

Kemensos terus berupaya agar daerah berperan aktif dalam pengecekan dan sertifikasi statistik penduduk miskin. Tujuannya agar bantuan sosial yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak disalahgunakan dengan cara apapun.

Berikut upaya yang dilakukan Kementerian Sosial untuk mencapai tujuan tersebut:

  1. Sosialisasi peraturan DTKS kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.
  2. Pemerintah provinsi dan kotamadya berkumpul untuk konferensi koordinasi nasional.
  3. Melaksanakan bimbingan teknis (bimbingan dan teknis) kepada petugas pelaksana untuk verifikasi dan validasi, baik di Pusat Kesejahteraan Sosial maupun di daerah.
  4. Memenuhi undangan pemerintah daerah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pejabat di lapangan.
  5. Pemutakhiran data DTKS memerlukan kerjasama lintas sektoral dengan beberapa departemen dan organisasi.

Persyaratan Pendaftaran KPM DTKS Kemensos

Beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum kamu dapat mendaftar ke KPM DTKS Kementerian Sosial, seperti dijelaskan di atas. Dalam menentukan apakah kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial, ini akan menjadi pertimbangan.

Apa saja syaratnya? Setidaknya ada 3 syarat jika ingin mendaftar sebagai KPM DTKS Kemensos, yaitu:

  1. Penerima bantuan sosial adalah mereka yang sedang atau berisiko menjadi tidak mampu.
  2. Penerima bansos tidak termasuk pejabat pemerintah, polisi, dan militer.
  3. Khusus untuk Program Bantuan Sosial PKH, peserta harus merupakan orang yang terkena dampak Covid-19, termasuk yang terkena PHK.

Jadi, tidak sembarang orang bisa menjadi KPM di DTKS Kemensos. Untuk menjadi penerima KPM DTKS Kementerian Sosial, kamu harus melalui proses aplikasi terpisah yang terbuka untuk semua orang.

Persyaratan Pendaftaran KPM DTKS Kemensos

Jika kamu memang merasa pantas, dan memenuhi 3 stkamur di atas, maka jangan ragu untuk datang ke Kantor Desa/Kelurahan untuk mengaku. Jika memang benar-benar layak, petugas tidak akan menutup mata, tentunya akan menambahkan kamu sebagai KPM di DTKS Kemensos.

Cara Daftar DTKS KPM Kemensos

Pertama, mari kita bahas tentang cek DTKS online Kemensos melalui HP. Go Id Cek Jamsostek, wajib daftar dulu. Ya, memang harus terdaftar agar bisa memverifikasi apakah nama kamu terdaftar sebagai penerima bansos Kemensos.

Tidak perlu khawatir, cara mendaftar KPM DTKS Kemensos sangat mudah, bisa dilakukan secara langsung atau melalui online. Jika kamu tidak terlalu mengenal internet dan teknologinya, kamu bisa datang langsung ke Kantor Desa/Kelurahan sesuai dengan domisili kamu.

Namun, jika kamu nyaman dengan teknologi komputer dan ingin menggunakan cara yang lebih sederhana, maka kamu dapat mendaftar secara online. Situs web Cek Bantuan Sosial Kementerian Sosial atau Aplikasi Cek Bantuan Sosial adalah dua pilihan bagi mereka yang ingin memanfaatkan internet untuk cek mereka.

Cara Daftar KPM DTKS Kemensos Langsung

  1. Mereka yang miskin atau berisiko miskin harus menunjukkan KK dan KTP ke Kantor Desa/Kelurahan tempat mereka terdaftar sebagai penduduk tempat tinggalnya.
  2. Temuan-temuan dari pendaftaran aktif masyarakat miskin akan disampaikan kepada Musdes, atau
  3. Musyawarah Desa, untuk dibahas dan dipertimbangkan lebih lanjut. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk mempertimbangkan apakah masyarakat yang bersangkutan memenuhi syarat untuk mengikuti DTKS atau tidak (berdasarkan Prelist Awal dan usulan baru) (berdasarkan Prelist Awal dan usulan baru).
  4. Musyawarah Desa akan membuat Berita Acara, membahas apakah Prelist Awal layak untuk ditindaklanjuti atau tidak.
  5. Berita acara ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah.
  6. Selanjutnya, Risalah tersebut akan menjadi Final Prelist.
  7. Akibatnya, Administrasi Jaminan Sosial akan mengkamulkan Final Prelist untuk memeriksa ulang datanya.
  8. Teknik ini menggunakan seluruh instrumen DTKS, terutama melalui kunjungan rumah.

Jika data sudah direview dan dikonfirmasi maka akan dimasukkan ke dalam aplikasi SIKS Offline. Yang bertanggung jawab untuk mewujudkannya adalah Perangkat Desa/Kabupaten. Selain itu, data yang dimasukkan ke dalam SIKS Offline akan diekspor sebagai file a.siks, yang dapat dibuka di aplikasi lain.

Setelah itu akan diserahkan ke BPjsos, yang akan ditempatkan ke dalam sistem SIKS Online. Bupati/Walikota akan diberitahu tentang temuan-temuan tersebut dan diberitahukan bersama-sama dengan Gubernur dan Menteri Sosial tentang temuan-temuan tersebut.

Data hasil verifikasi dan validasi, termasuk surat pengesahan Bupati/Walikota dan Berita Acara Musyawarah Desa, dimasukkan ke dalam SIKS-NG dan dikirim ke Menteri Sosial.

Setelah melakukan pendaftaran masyarakat miskin di Kantor Desa/Kelurahan, calon KPM DTKS dari Kementerian Sosial melalui prosedur yang dijelaskan di atas. Kalau tidak bisa segera, karena butuh banyak pemikiran, yang akan memutuskan apakah komunitas itu mungkin atau tidak.

Daftar KPM DTKS Kemensos Online

kamu dapat mendaftar sebagai KPM DTKS Kemensos secara online, dengan memanfaatkan Aplikasi Cek Jamsostek. Ternyata, selain untuk verifikasi apakah kamu diakui sebagai penerima bansos, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendaftar atau mengajukan proposal ke DTKS Kemensos.

Aplikasi Cek Bantuan Sosial memang memudahkan masyarakat yang membutuhkan untuk mendaftar dan mengecek bantuan sosial Kementerian Sosial. kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Play. Jangan khawatir, program ini tidak besar dan kuat, hanya sekitar 5 MB.

Pastinya, tidak akan dikenakan pajak HP sama sekali. Tapi ingat, karena online, kamu harus menghubungkan smartphone kamu dengan koneksi internet terlebih dahulu. Jika tidak, kamu tidak dapat mengakses Aplikasi Cek Bansos.

Ikuti petunjuk di bawah ini agar kamu tidak salah:

  1. Pertama kamu bisa mendownload Aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu.
  2. Setelah aplikasi diinstal, buka dan pilih Buat Akun Baru untuk pendaftaran. Jika kamu sudah membuat akun, silakan masukkan nama pengguna dan kata sandi kamu untuk login.
  3. Jika kamu hanya ingin mendaftarkan akun baru, masukkan info pribadi kamu di formulir yang diberikan. KK, NIK, nama lengkap, dan alamat lengkap (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, RT, dan RW) merupakan beberapa data yang dapat diinput.
  4. Kemudian masukan Nomor HP, Alamat Email, Nama Pengguna dan Kata Sandi.
  5. Selanjutnya serahkan KTP dan selfie dengan KTP kamu.
  6. Klik Buat Akun Baru jika kamu yakin tidak ada kesalahan.
  7. Setelah kamu berhasil mendaftar dan mengunjungi halaman utama aplikasi, kamu dapat langsung mengklik Daftar Proposal.
  8. Kemudian pilih Tambah Lamaran dan isikan data diri kamu dengan benar (sesuai KK dan KTP) (sesuai KK dan KTP).
  9. Kementerian Sosial akan memeriksa dan mengautentikasi informasi kamu setelah dikirimkan.
  10. Ini bukan akhir dari prosedur; harus konfirmasi ke Kemensos apakah permohonan sudah disetujui atau belum.
  11. Setelah dinyatakan bergabung dengan DTKS dan mendapat dukungan sosial, dapat langsung ditarik, umumnya di bank Himbara atau Kantor Pos.

CekBansos Kemensos Go Id DTKS Online Melalui HP

Berikut ini cara untuk cek data DTKS menggunakan hp.

CekBansos Kemensos Go Id DTKS Online Melalui HP

Cek DTKS Online Via HP di Website

  1. Buka browser dan kunjungi website CekBansos Kemensos Go Id.
  2. Setelah website terbuka, pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa (sesuai domisili Anda).
  3. Lalu masukkan nama yang sesuai dengan KTP.
  4. Kemudian masukkan kode captcha yang tersedia dengan benar, jika kurang jelas bisa klik Reload.
  5. Jika sudah, klik Cari Data untuk memulai pencarian.

Aplikasi Cek Bantuan Sosial DTKS

Selain website, cara cek DTKS Online melalui mobile di Kemensos Bisa juga menggunakan Aplikasi Cek Bansos Go Ide untuk mendapatkan Cek Jamsostek dari mereka. Jika sebelumnya kamu telah mendaftar ke Aplikasi Cek Bansos dan membuat akun, prosedur ini akan jauh lebih sederhana bagi kamu.

De stappen zijn als volgt:

  1. Buka Aplikasi Cek Bantuan Sosial.
  2. Kemudian klik menu Cek Bansos.
  3. Kemudian isikan alamat kamu, mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.
  4. Kemudian masukan nama seperti pada KTP.
  5. Setelah itu, pastikan kamu memasukkan kode captcha dengan benar.
  6. Pilih Cari Data jika sudah yakin.
  7. Wacht tot de resultaten op het scherm verschijnen.

Cara Cek DTKS Online Via HP di CekBansos Go Id Kemensos gampang banget, cukup siapkan koneksi internet yang stabil. Selain cek melalui website CekBansos Kemensos, kamu juga bisa cek melalui Aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh di Google Play.

Link Daftar DTKS Online Penerima Bantuan Sosial Kemensos

Wabah Covid-19 belum berhenti, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan terus memberikan dukungan sosial, atau bansos.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini, bahwa penyaluran bansos akan diatur dengan nama-nama yang tercatat dalam Data Tetap Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Penerima bantuan sosial dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai, menurut Risma, dapat dipantau melalui aplikasi dan situs resmi cekbansos kemensos het volgende.

Conclusie

Kementerian Sosial membawahi DTKS, yang merupakan singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. 40 persen penduduk dinilai memiliki status kesejahteraan sosial paling rendah. DTKS menentukan siapa yang berhak mendapatkan dukungan sosial, baik dalam bentuk PKH, BST maupun jenis bantuan sosial lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa kamu harus terlebih dahulu bergabung dengan DTKS jika ingin mencari bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Sama seperti pendekatan sebelumnya, kamu harus menyiapkan surat-surat seperti KK dan KTP, dan kamu juga harus memposting foto selfie menggunakan KTP.

Bekijk andere Rancakmedia.com Nieuws en Artikelen op: Google Nieuws

Terug naar boven knop

Adblock gedetecteerd

Schakel uw AdbLock-browser UIT om door te gaan. Bedankt / Schakel eerst uw AdBlock uit. Dank je