Media Periklanan: Definisi, Fungsi dan Tujuan dalam Bisnis

Lovata Andrean

Media Periklanan Definisi dan Tujuan untuk Bisnis

Rancakmedia.com – Media periklanan sebagian besar masyarakat yang bergerak di bidang bisnis baik barang atau jasa, pasti sudah tidak asing dengan periklanan. Namun bagi kamu yang masing awam dengan media periklanan, kamu dapat simak artikel yang kami sediakan di bawah ini hingga selesai.

Media periklanan telah berkembang pesat menjadi suatu bentuk komuniksi yang sangat kompleks, dengan ribuan cara yang berbeda bagi bisnis untuk menyampaikan pesannya kepada konsumen.

Di internet sendiri menyediakan banyak media periklanan seperti dengan video, spanduk, advertorial, situs web bersponsor, ruang obrolan bermerek dan sebagainya. Contoh nya sepeti media nasional berbasis web seperti rancakmedia.com, detikcom, kompascom, suaracom, tribunnewscom dan media lainnya.

Pengertian Media Periklanan

Pengertian Media Periklanan

Menurut Encyclopaedia Britannica, periklanan didefinisikan sebagai proses yang dirancang untuk membantu perusahaan menarik perhatian dan membujuk pelanggan. Untuk membuat konsumen merasa lebih terdorong untuk membeli barang, jasa, atau ide, peluncuran Kiddle memberikan peluang bagi perusahaan untuk mempromosikannya.

Media iklan merupakan media yang dipakai untuk menyampaikan iklan kepada masyarakat dengan memberikan pesan, cerita atau poin mengenai produk yang ingin kamu iklankan.

Itu merupakan cara yang sangat informatif untuk menjangkau massa dan meminta masyarakat untuk membeli produk atau memanfaatkan layanan yang kamu iklankan.

Media iklan memiliki peranan penting dalam mengikat hubungan komunikasi langsung antara si penjual dengan pembeli. Dengan adanya iklan yang tepat, tidak akan muncul keraguan sedikitpun tentang bagaimana kamu akan mampu membuat merek kamu dikenal banyak orang dengan cara yang baik.

Periklanan sudah menjadi pekerjaan yang mudah namun sulit untuk menarik perhatian masyarakat untuk waktu yang lebih lama di keadaan seperti ini, simana setiap orang sudah menggunakan teknologi dan internet.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui apa yang perlu ditayangkan dan bagaimana cara menyampaikannya, siapa yang harus ditanyakan ialah perhatian yang sangat signifikan dalam periklanan.

Ini menjadi salah satu alasan paling utama mengapa orang lain menghabiskan begitu banyak uang untuk mengiklankan merek mereka dengan cara terbaik.

Dengan bantuan media iklan yang menarik, orang dapat dengan mudah memberi tahu orang lain tentang merek, produk, dan layanan yang mereka miliki dengan cara yang bagus.

Media iklan merupakan suatu yang mengacu pada berbagai saluran media yang dipakai untuk mengiklankan merek atau produk dengan cara yang menarik.

Media iklan bisa digunakan untuk menampilkan konten yang bersifat promosi dan dikomunikasikan dengan banyak metode terbaik.

Metode ini mencakup seperti ucapan, teks, video, gambar dan masih banyak lagi. Ada banyak media berbeda yang dipakai untuk itu seperti di ruangan, radio online, TV dan sebagainya.

Tujuan Media Periklanan

Dalam KBBI terdapat dua jenis iklan, yaitu periklanan yang membantu perusahaan mendorong pelanggan agar tertarik tentang barang dan jasa perusahaan.

Periklanan juga menggunakan media massa, seperti surat kabar, majalah, televisi dan tempat umum untuk memberitahu kepada masyarakat tentang barang dan jasa yang diiklankan.

Media periklanan di bagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

  1. Media Massa, sasaran media menargetkan khalayak luas, selain antusiasme lingkungan, industri, pekerjaan atau diri sendiri
  2. Media Non Massa, media membataskan pembaca terbatas untuk karier, sektor idustri atau berbagai kategori unik dan terbatas lainnya

Tips Memilih Media Iklan yang Tepat

Sebelum kamu menggunakan media iklan, kamu perlu mengingat poin penting saat memilih media periklanan agar dapat keuntuntungan yang maksimal, yaitu:

  • Target Audiens
  • Sifat produk atau layanan
  • Pengembalian investasi
  • Paparan
  • Aksesibilitas
  • Manfaat masa depan
  • Strategi pesaing

Metode Media Periklanan

Di bawah ini kami telah merangkum jenis metode media periklanan yang dapat kamu coba, sebagai berikut:

1. Media Cetak

Media cetak ialah cara yang terbaik yang dapat kamu pakai untuk memikat hati orang yang suka membaca. Media cetak yang sering kamu semua jumpai di kehidupan sehari-hari ialah surat kabar, majalah, pamflet, spanduk, dan sebagainya.

Beragam iklan semua kamu jumpai saat membaca koran, misalnya iklan sewa atau iklan penjualan. Hal itu dapat membantu orang tertarik dan membeli produk atau layanan tersebut.

2. Media Televisi

Media televisi merupakan cara terbaik kedua yang paling populer untuk mengiklankan produk dan layanan untuk menjangkau sekelompok massa. Orang yang tidak bisa membaca pun akan tetap mengetahui iklan yang dipaparkan.

Media Televisi

Jika kamu ingin mencakup lebih banyak orang yang mengetahui iklan kamu, media televisi ini menjadi pilihan terbaik yang dapat kamu gunakan.

Iklan video ditampilan di televisi dan tidak diragukan lagi bahkan iklan ini akan menarik perhatian publik dalam waktu yang cukup singkat.

3. Media Elektronik

Selanjutnya ialah media elektronik, seperti Buletin dan email menjadi cara paling profesional dan historis untuk mengiklankan sesuatu.

Media elektronik hanya dapat dilakukan dengan terbatas, dan hanya menjangkau orang-orang tertentu saja.

Tingkat paling dasar dari media periklanan elektronik ini meliputi rekaman video, presentasi multimedia, rekaman audio, CD-ROM, presentasi multimedia, konten online, dan sebagainya.

Media digital menjadi tambahan terbaru yang dapat digunakan di media elektronik, dan menjadi iklan yang paling kuat di zaman sekarang ini.

4. Event dan Pengalaman

Selanjutnya ialah event dan pengalaman, hal yang membuat masyarakat menjadi tertarik dengan iklan ialah dengan adanya aktivitas dan pengalaman.

Sering kali terjadi bahwa beberapa perusahaan dan produk yang diiklankan mensponsori salah satu acara dengan memberikan sampel gratis atau dipamerkan sebagai pengalaman.

Hal ini dapat menjadi cara terbaik untuk membangun kepercayaan produk di diri pelanggan.

5. Media Radio

Metode periklanan yang kelima yang dapat kamu coba ialah dengan menggunakan media Radio. Iklan untuk perusahaan akan dengan mudah disiarkan dari berbagai stasiun yang terkait dengan stasiun Radio.

Akhir-akhir ini saluran Radio FM menjadi populer yang dapat kamu jadikan peluang untuk menampilkan iklan di stasiun radio tersebut.

6. Media Digital

Media digital atau media seluler merupakan jenis media periklanan yang tidak kalah populer. Ini dapat membantu merek produk mengoptimalkan jangkauan di web mereka.

Dengan menggunakan saluran iklan digital, kamu dapat menjangkau melalui smartphone, laptop, dan tablet audiens target kamu.

Media Digital

Media iklan digital membantu bisnis dalam memenuhi audiens mereka di berbagai jaringan media sosial, mesin pencari, dan berbagai aplikasi lainnya.

Dengan menggunakan iklan digital, kamu dapat mengetahui tentang pencarian audiens kamu di web, suka, tidak suka atau biasa saja.

Hal ini dapat membantu kamu untuk mengukur apakah pengguna tersebut merupakan audiens yang tepat untuk kamu atau tidak.

Selain itu kamu juga dapat memeriksa kinerja iklan digital melalui berbagai alat analisis, yang akan sangat berguna bagi bisnis dalam meningkatkan generasi prospek, konversi, penjualan dan keuntungan.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis iklan online dari metode media iklan digital yang dapat kamu coba, yaitu

  1. Penelusuran Google
  2. PPC
  3. AdWords
  4. Facebook
  5. Bing
  6. Twitter
  7. Tumblr
  8. Google Image
  9. Spanduk
  10. Pernargetan ulang / retargeting
  11. Flash
  12. Seluler
  13. Dalam game
  14. Reddit
  15. AdMob
  16. Gmail
  17. Email
  18. Video
  19. YouTube
  20. Instagram
  21. Pinterest

Tujuan Media Periklanan

Tujuan media periklanan adalah untuk membujuk atau mempengaruhi audiens untuk membuat keputusan yang menguntungkan iklan. Perusahaan periklanan biasanya disewa oleh media untuk memproduksi dan mendistribusikan iklan mereka. Dimana-mana orang melihat, ada iklan: di televisi, di surat kabar, di papan reklame, di radio, dan di majalah.

Saat ini, ini adalah bagian penting dari iklan perdagangan. Melalui periklanan, perusahaan atau orang akan mengiklankan barang atau jasanya. Terakhir, periklanan adalah pemberitahuan yang digunakan untuk membujuk masyarakat tentang berbagai barang dan jasa, yang kesemuanya dimaksudkan untuk mendorong penjualan.

Fungsi Media Periklanan

Pada dasarnya tujuan dari media periklanan ialah untuk mengajak atau mempengaruhi audiens untuk membuat keputusan yang menguntungkan iklan dengan kata lain agar pelanggan membeli atau menggunakan produk atau layanan jasa perusahaan.

Biasanya perusahaan periklanan disewa oleh media untuk memproduksikan dan mendistribusikan barang dan produk yang dijual.

Berikut terdapat 3 tujuan iklah yang dapat kamu simak dari tiga konteks tertentu, yaitu:

1. Commercial Advertising

Iklan komersial mempunyai tujuan untuk melakukan dukungan terhadap suatu usaha pemasaran dari suatu produk yang dijual.

Dimana iklan komersial ini mempunyai dua jenis, yaitu iklan strategis dan iklan taktis.

Iklas strategis merupakan iklan yang dipakai untuk membangun suatu merek dengan menganalisis nilai erek serta manfaat dari produk yang dipasarkan.

Namun jika iklan taktis ialah iklan yang diformulasikan guna mendorong agar audiens melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipasarkan.

2. Corporate Advertising

Iklan korporasi atau persuaan ini dinilai sebagai strategi yang efektif untuk memperkuat citra pada perusahaan.

Yang tujuannya untuk membantu citra positif pada produk yang dijual oelh perusahaan tertentu yang terkait dengan berbagai instrumeen strategi pemasaran

3. Public Servis Advertising

Iklan layanan masyarakat adalah upaya sosial yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu idean gagssan dalalam komplek penting di masyarakat.

Sering kali saat ini kamu temukan di berbagai instansi negara, seperti ajakan untuk tidak korupsi, menjauhi narokoba, san lainnya.

Fungsi Media Periklanan

Fungsi dari media periklanan adalah promosi lebih tepatnya menginformasikan kepada khalayak ramai tentang suatu barang atau jasa untuk mempengaruhi khalayak tersebut agar menjatuhkan keputusannya kepada produk yang ditawarkan.

Menurut buku Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual (2018) karya Maria Fitriah, Terence A. Shimp memberikan lima fungsi periklanan, yaitu:

Periklanan Media Siaran

  1. Informing (Memberi Informasi), dalam periklanan harus menyediakan informasi untuk para konsumen mengenai merek produk, kegunaan produk, kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya mengenai produk yang di jual oleh perusahaan.
  2. Persuading (Mempersuasi), Periklanan yang efektif akan mampu mengajak konsumen untuk mencoba produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan
  3. Reminding (Mengingatkan), di dalam iklan harus menjaga nama baik merek perusahaan, dan perlu memberikan sebutan yang menarik yang membuat konsumen gampang untuk mengingatnya.
  4. Adding Value (Memberi Nilai Tambah), hal ini terjadi dengan mempengaruhi persepsi konsumen, periklanan yang efektif akan membuat merek produk dilihat lebih elegan, bergaya, bergengsi, dan lebih unggul dari pesaing
  5. Assisting (Mendampingi), periklanan perlu menjadi pendamping yang memfasilitasi berbagai upaya perusahaan dalam melakukan proses komunikasi pemasaran

Strategi Periklanan dalam Bisnis

Menurut Klotler dan Keller (dalam Priansa 2017 halaman 183) dalam menyusun strategi dan merancang program periklanan, manajer periklanan harus selalu memulainya dengan mengidentifikasi target pasar dan motif pembelian.

Selanjutnya, manajer periklanan harus mengambil lima keputusan utama dalam pembuatan strategi dan program periklanan yang biasa disingkat dengan 5M, berikut penjelasannya:

  1. Misiion, apa tujuan atau misi spesifik dari iklan?
  2. Money, berapa jumlah dana atau uang yang digunakan?
  3. Message, apa pesan utama yang ingin dikatakan?
  4. Media, apa media yang akan dipakai?
  5. Meeasurement, bagaimana cara untuk mengevaluasi hasil dari iklannya?

Kelebihan dan Kekurangan Media Periklanan Cetak dan Siaran

Berikut kelebihan dan kekurangan media periklanan media cetak dan media siaran, antara lain yaitu:

Periklanan Media Cetak

Berikut kelebihan dan kekurangan yang ada pada periklanan media cetak, yaitu:

1. Majalah

Kelebihan dan kekurangan dari media cetak majalah yaitu:

Periklanan Media Cetak

Kelebihan:

  1. Kemampuan untuk menuju khalayak yang spesifik
  2. Majalan dicatat atas usia panjangnya dan jumlah pembaca yang tinggi
  3. Kualitas cetak dan warna yang menarik
  4. Ukuran iklan berbeda karena format majalah yang luwes
  5. Dapat menggunakan majalah untuk menyisipkan iklan

Kekurangan:

  1. Harga mahal
  2. Iklan majalah harus diserahkan sebelum tanggal publikasi 1 hingga 3 bulan
  3. Terlalu padat

2. Koran

Kelebihan dan kekurangan dari media cetak koran yaitu:

Kelebihan:

  1. Koran memberikan jangkauan yang lengkap
  2. Dapat dilakukan dengan cepat
  3. Iklan bisa dengan cepat dan mudah di ubah
  4. Koran sangat menarik bagi para pembaca
  5. Edisi khusus memungkinkan pernargetan secara tepat
  6. Kebanyakan koran ditargetkan secara geografis

Kekurangan:

  1. Koran tidak memiliki usia baca selama majalah
  2. Pengiklanan nasional harus melakukan penangan terpisah bagi setiap penerbit koran
  3. Terdapat variasi besar dalam kualtas cetak dan warna dalam berbagai koran

Periklanan Media Siaran

Berikut kelebihan dan kekurangan yang ada pada periklanan media siaran, yaitu:

1. Televisi

Kelebihan dan kekurangan dari media cetak televisi yaitu:

Tips Memilih Saluran atau Media Iklan yang Tepat

Kelebihan:

  1. Biaya televisi cukup efisien
  2. Televisi memungkinkan demonstrasi produk dan jasa
  3. Televisi mudah beradaptasi, memungkin adanya kombinasi suara, warna dan gerakan
  4. Sulit bagi penonton untuk mengalihkan pandangan dari sebuah komersial

Kekurangan:

  1. Biaya produksi mahal
  2. Dengan adanya remote banyak waktu penonton untuk berganti channel
  3. Meningkatnya penggunaan pengumuman promosi oleh jaringan untuk membujuk para penonton melihat
  4. program yang beruntun dipromosikann dan meningkatnya komersial pendek

2. Radio

Kelebihan dan kekurangan dari media cetak radio yaitu:

Kelebihan:

  1. Radio bersifat sesuai, iklan dapat ditampilkan hampir kapanpun diinginkan
  2. Komersial radio terbilang tdak mahal untuk diproduksi
  3. Radio dapat menjangkau khalayak spesifik

Kekurangan:

  1. Radio hanya media yang cuma bisa didengar oleh para pendengar radio
  2. Tingginya tingkat fragmentasi khalayak yang terjadi sebab banyaknya jumlah stasiun radio

Peranan Penting Media Iklan

Pada umumnya dalam media periklanan memiliki peranan besar dalam bidang pemasaran dan bisnis bagi semua perusahaan.

Pemasaran adalah aktivitas pembuatan dan penggunaan konten yang membuat orang penasaran untuk mempromosikan produk (barang atau jasa).

Dengan adanya bantuan saluran media iklan yang bergitu menarik, tidak akan membuat ketidak percayaan diri perusahaan untuk melakukan penjualan.

Seperti adanya anggaran iklan, kebijakan perusahaan, demografi pelanggan, dan target ialah faktor penting yang menentukan opsi media yang akan dipilih perusahaan sepanjang waktu.

Tanya Jawab Seputar Media Periklanan

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang media periklanan, sebagai berikut:

Pengertian Media Periklanan

1. Apa Manfaat Dari Periklanan Bagi Masyarakat?

Secara umum, manfaat dari periklanan bagi masyarakat ialah memberikan motivasi pada pelanggan terhadap barang dan jasa, selain itu juga menarik minat dan perhatian pelanggan terhadap barang dan jasa.

2. Apa Contoh Iklan Pemberitahuan?

Contoh dari iklan pemberitahuan yang cukup familiar kamu dapatkan ialah tentang iklan ajakan kerja bakti, kehilangan dan sebagainya. Salah satu contoh iklan pemberitahuan kehilangan seperti “Kehilangan Motor Beat dengan plat A 7658 BVI hubungin no 0897634568”

Kesimpulan

Periklanan adalah pemberitahuan yang berfungsi untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang suatu jasa atau produk. Tujuan periklanan adalah untuk membujuk atau mempengaruhi khalayak untuk membuat keputusan pada produk yang ditawarkan.

Media iklan merupakan suatu yang mengacu pada berbagai saluran media yang dipakai untuk mengiklankan merek atau produk dengan cara yang menarik. Media iklan bisa digunakan untuk menampilkan konten yang bersifat promosi dan dikomunikasikan dengan banyak metode terbaik.

Demikian artikel tentang media periklanan definisi dan tujuan untuk bisnis, semoga informasi yang kami bahas di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks