Ingin Otomatis Mematikan Laptop Windows 10? Begini Caranya

nafa cahyani

Ingin Otomatis Mematikan Laptop Windows Begini Caranya
Ingin Otomatis Mematikan Laptop Windows Begini Caranya

Rancakmedia.com – Ada banyak cara untuk mematikan komputer, dibawah ini kami memberikan rekomendasi cara otomatis mematikan laptop windows dengan cepat, yang dapat kamu pergunakan di Windows 10 kamu.

Kita dapat mematikan komputer atau menjalankan prosedur shutdown yang aman menggunakan menu “Shut down” yang dapat diakses di menu “Start”.

Namun, orang mungkin lupa mematikan laptop mereka, terutama jika mereka lelah dan tidur lebih awal. Ini terutama benar di malam hari. Akibatnya, komputer akan tetap menyala dan energi akan terus mengisi daya gadget.

Pada kenyataannya, ada berbagai metode yang dapat direncanakan pelanggan ketika komputer mereka mati secara otomatis. Alih-alih masuk ke menu “Start” untuk mematikan komputer, metode ini menghemat waktu bagi pengguna.

Daftar Cara Otomatis Mematikan Laptop Windows 10

Jadi, bagaimana kamu merencanakan mematikan pada komputer/laptop Windows 10? Yuk simak artikel berikut ini:

Pakai Command Prompt

  1. Jalankan Command Promptdengan mengetikan CMD pada jendela Run
  2. Ketikan perintah shutdown /s /t 60 jika ingin mati otomatis dalam 1 menit
  3. Tekan Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut
  4. Akan muncul pemberitahuan You’re about to be signed out, computer will shut down in less than minute
  5. Klik tombol Close dan komputer akan mati dalam beberapa detik kemudian

Catatan: jika belum memiliki aplikasi Command Prompt, maka download aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Pakai Task Scheduler

  1. Tekan tombol Windows satu kali dan ketik “Task Scheduler” di kotak pencarian. Sekarang, klik pada hasil yang muncul pertama.
  2. Selanjutnya, klik “Create Basic Task” yang terletak di panel kanan.
  3. Setelah itu, beri nama untuk Task tersebut dan klik “Next“. Sebagai contoh, saya telah memberi nama “Shutdown Otomatis“.
  4. Pada jendela berikutnya, pilih “Daily” jika kamu ingin shutdown terjadi sekali setiap hari. kamu bebas memilih opsi lain juga berdasarkan preferensi.
  5. Setelah itu, masukkan waktu dan tanggal dari saat Task akan aktif. Misalkan, kamu telah menjadwalkan shutdown otomatis pada setiap jam 23:00 atau 11 malam mulai hari ini.Ingat, bidang waktu hanya mendukung format 24 jam, jadi masukkan data kamu hanya dalam format 24 jam.
  6. Pada tab “Action“, pilih “Start program” dan klik “Next“.
  7. Sekarang, paste shutdown.exe di bidang Program/Script dan /s /f /t 60 di Add arguments field.Pada dasarnya, /s berarti shutdown, /f berarti memaksa aplikasi di tutup dan /t berarti batas waktu yang dibatasi pada 60 detik. Ini berarti komputer akan mati setiap malam pada jam 11 setelah batas waktu 60 detik. kamu dapat mengubah batas waktu dengan mengubah jumlah detik.
  8. Sekarang, kamu hampir selesai. Periksa semua detail Task dan klik tombol “Finish“.
  9. Jika kamu ingin memverifikasi apakah penonaktifan Tugas otomatis beroperasi dengan benar, klik “Perpustakaan Penjadwal Tugas” dan klik kanan pada “Pematian Otomatis”. Sekarang, klik “Jalankan”. PC akan mati dalam 60 detik jika semuanya sudah diatur dengan benar.

Catatan: jika kamu tidak memiliki program Task Scheduler, maka unduh aplikasinya terlebih dahulu.

Pakai PowerOff Timer

Aplikasi PowerOff Timer di Windows 10 memudahkan pengguna untuk mematikan komputer mereka di komputer yang telah ditentukan tanpa harus menggunakan program sistem yang lebih terlibat.

Setelah menginstalnya, luncurkan program dan pilih opsi “Shutdown”. Kemudian, tentukan waktu kapan komputer akan mati secara otomatis.

Terakhir, klik tombol “Activate”. Jika pengguna ingin membatalkan waktu shutdown, buka kembali aplikasi dan klik tombol “Deactivate”.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai Ingin Otomatis Mematikan Laptop Windows 10? Begini Caranya, jika kamu sudah membaca artikel di atas, terdapat 3 cara otomatis mematikan laptop yang dapat kamu pergunakan di Windows 10.

Demikian artikel tentang Ingin Otomatis Mematikan Laptop Windows 10? Begini Caranya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua, selamat mencoba.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.