Penyebab Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel

Lovata Andrean

Penyebab Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel
Penyebab Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel

Rancakmedia.com – Layanan Internet IndiHome disebut-sebut merepotkan. Beberapa pengguna IndiHome mengeluhkan hari ini, Minggu (19/9/2021), layanan internet lambat sekitar pukul 18.30 WIB.

Indihome menyatakan bahwa layanan mereka mengalami gangguan jaringan yang mengakibatkan lambannya sinyal internet bagi penggunanya.

Kabar tersebut disampaikan melalui akun resmi Instagram miliknya. Mengidentifikasi apakah masalah terjadi karena jaringan mengganggu.

“Kami sedang memperbaikinya,” tulis mereka.

Di Twitter, pengguna mengeluhkan sejak sore soal lesunya jaringan Internet Indihome.

Hari ini, Minggu 19 September 2021, warganet pengguna Layanan Internet Indihome mengeluhkan masalah layanan internet yang lamban.

Tanggapan dari Telkom dan Telkomsel

Terkait pengaduan tersebut, SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom telah dihubungi Kompas.com, Ahmad Reza. Pihaknya mengatakan, saat dihubungi, Jumat (19/9/2021) sekira pukul 17.33 WIB, terjadi gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) bagian Batam-Pontianak.

Gangguan ini berdampak pada kualitas layanan fixed dan mobile internet yang disediakan oleh TelkomGroup di berbagai wilayah di Indonesia. Ahmad Reza yang mewakili manajemen Telkom meminta maaf atas kesulitan yang mungkin dialami pelanggan. “Untuk acara ini, saya minta maaf.

Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel

Kami telah mensirkulasikan lalu lintas langsung ke Batam sebagai jalur komunikasi alternatif, sehingga kualitas layanan dapat kembali normal sesaat sebelum tengah malam hari ini,

Pihaknya mengaku saat itu pihaknya masih menentukan sumber gangguan. “Saya berharap gangguan tersebut dapat diatasi dan layanan TelkomGroup dapat segera normal kembali,” imbuhnya.

Permintaan Maaf

Sementara itu Vice President Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin, turut menyayangkan adanya kendala teknis di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, terutama saat dihubungi secara individu.

“Kami bersama TelkomGroup saat ini sedang berupaya mengidentifikasi sumber gangguan dan memprioritaskan kecepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah terdampak,” kata Denny, dihubungi terpisah, Minggu (19/9/2021).

Namun, dia menambahkan, layanan telepon dan SMS biasanya masih bisa diakses. “Kami mohon maaf atas hal ini dan mengapresiasi loyalitas pelanggan yang selalu mempercayakan layanannya dengan solusi,” imbuhnya. Ia menambahkan, Telkomsel akan memperbarui proses pemulihan layanan secara berkala.

Kesimpulan

Telkom SVP Corporate Communication & Investor Relations telah dihubungi Kompas.com, Ahmad Reza. Pada Jumat (19/19/2021), gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) bagian Batam-Pontianak.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks