Cara Daftar Bantuan DTKS Kemensos di Link dan Aplikasi

Lovata Andrean

Cara Daftar Bantuan DTKS Kemensos di Link dan Aplikasi
Cara Daftar Bantuan DTKS Kemensos di Link dan Aplikasi

KPM yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos tetap melakukan pengecekan penerima bansos PKH 2021 di Cekbansos.kemensos.go.id dengan cara sebagai berikut:

Berikut cara cek penerima PKH 2021 secara online di check.bansoskemensos.go.id:

  1. Kunjungi website Cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal Anda.
  3. Ketik nama Anda sesuai dengan KTP Anda.
  4. Masukkan kode 4 huruf yang ditampilkan di kotak kode.
  5. Jika huruf kode tidak terlihat, klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru.
  6. Kemudian klik tombol cari.
  7. Sistem akan mencocokkan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM), lokasi yang dimasukkan dan membandingkannya dengan nama yang ada di database Kemensos.

Sedangkan cara pengecekan penerima bansos PKH 2021 di Aplikasi Cek Bansos Kemensos saat ini adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi cek bansos milik Kementerian Sosial Republik Indonesia di Play Store
  • Buat Akun Baru jika belum punya akun dengan memasukkan Nomor KK, NIK, Nama Lengkap, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kecamatan/Desa, Alamat sesuai KTP, nomor handphone, alamat email , username dan password dan upload foto selfie dengan foto KTP dan KTP Anda.
  • Jika Anda sudah memiliki akun, login menggunakan username dan password Anda.
  • Setelah masuk bantuan sosial yang diperoleh atau diberikan.

Demikian artikel tentang cara cek penerima dana bansos PKH dan BNPT yang dicairkan November 2021 dan cara pendaftaran bansos atau bantuan DTKS dari Kemensos melalui Cekbansos.kemensos.go.id (link ) dan Aplikasi Cek Bantuan Sosial.

Kesimpulan

Kementerian Sosial telah menyiapkan Rp7,08 triliun untuk bantuan tambahan yaitu Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp200 ribu/keluarga/bulan. KPM bisa langsung mengecek penerima Bansos PKH 2021 di Cekbansos.kemensos.go.

Pendaftaran peserta KPM DTKS Kemensos harus dilakukan dengan cara sebagai berikut. Untuk BPNT akan dibentuk rekening bank dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Untuk PKH harus menjadi warga negara Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian karena kehilangan pekerjaan (PHK).

Cara cek penerima PKH 2021 secara online di check.bansoskemensos.go.id (link) dan Aplikasi Cek Bansos. Sistem akan mencocokkan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM), lokasi yang dimasukkan dan membandingkannya dengan nama yang ada di database Kemensos.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks