Cara Cek NIK Online Bisa Dicoba dari Rumah

Lovata Andrean

Cara Cek NIK Online
Cara Cek NIK Online

Cara Cek NIK Online Bisa Dicoba dari Rumah – Langkah check NIK online kemungkinan jadi salah satunya info yang diperlukan warga. NIK jadi identitas yang diperlukan untuk terhubung bantuan sosial sepanjang wabah COVID-19. Tanpa NIK, warga susah memperoleh haknya.

Diambil dari situs Kemendagri, langkah check NIK online rupanya benar-benar gampang. Warga tidak perlu tiba ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengenali legalitas nomor identitasnya.

Jika ada permasalahan, langkah check NIK online menolong warga mengenalinya bisa lebih cepat. Seterusnya, warga dapat selekasnya mengurusi hingga bermacam akses yang disiapkan warga bisa selekasnya digunakan.

Cara cek NIK online

  • Akses langsung ke situs yang disediakan pemerintah daerah setempat

Pemerintah daerah ada yang menyediakan akses langsung untuk warganya yang ingin cek NIK online. Warga cukup klik link cara cek NIK online yang disediakan dan mengikuti langkah-langkah yang tersedia. Beberapa link cara cek NIK online yang disediakan pemda:

  1. https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_nik untuk Kabupaten Tegal
  2. https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nik untuk Kota Batam
  3. https://dispendukcapil.kendalkab.go.id/ceknik untuk Kabupaten Kendal
  • Mengirim SMS atau WhatsApp ke nomor yang disediakan

  1. Cara cek NIK online lewat SMS : Ketik dengan format Cek#KTP#NIK ke nomor 0815-3636-9999 milik Disdukcapil Kemendagri
  2. Cara cek NIK online lewat WhatsApp : Ketik dengan format nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota ke nomor 0813-2691-2479
  • Menghubungi call center

Cara cek NIK online berikutnya adalah mengubungi call center Disdukcapil Kemendagri di nomor 1500-537. Menghubungi call center untuk cek NIK sebetulnya lebih cepat jika langsung diangkat petugas.

  • Mengirim pesan lewat Facebook dan Twitter

Situs Kemendagri menjelaskan, cara cek NIK online bisa memanfaatkan akun Facebook dan Twitter. Untuk Facebook, masyarakat bisa menghubungi Halo Dukcapil atau @ccdukcapil untuk Twitter. Format yang digunakan adalah #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

  • Cek NIK online lewat email

Cara cek NIK online ini bisa digunakan masyarakat dengan langkah berikut:

  1. Kirim pesan dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan
  2. Email dikirim ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com
  3. Pesan dikirim ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com
  4. Pesan akan diproses dalam 1×24 jam.

Sumber : detik.com

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks