Tabel Angsuran Pinjaman BRI 100 Juta serta Informasi Lengkap

nafa cahyani

Tabel Angsuran Pinjaman BRI 100 Juta serta Informasi Lengkap

Rancakmedia.com Tabel angsuran pinjaman BRI 100 juta menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan pinjaman dengan nominal yang terbilang cukup besar, untuk mengetahui informasi lebih lanjut simak artikel di bawah ini ya.

KUR BRI memberikan pinjaman hingga 100 Juta dengan cicilan Rp. 8.6 Juta per bulannya selama 12 bulan dan bunga 6% setahunnya.

KUR adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Ini adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan akses pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sulit mendapatkan akses ke pembiayaan dari bank konvensional.

Apa itu KUR Bank BRI

KUR tersedia dalam bentuk kredit dengan suku bunga rendah dan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan kredit biasa, sehingga dapat membantu UMKM untuk meningkatkan usahanya dan mengembangkan potensi ekonomi di Indonesia.

Apa itu KUR Bank BRI

KUR BRI adalah Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah agar dapat berkembang lebih maju.

KUR BRI dapat digunakan untuk berbagai jenis usaha seperti pertanian, perdagangan, dan industri kecil dengan bunga yang terjangkau dan jangka waktu yang fleksibel.

KUR BRI juga memberikan kemudahan dalam proses pengajuan kredit dan persyaratan yang mudah dipenuhi sehingga lebih memudahkan para pelaku usaha kecil dan menengah untuk memperoleh pembiayaan dari BRI.

KUR resmi dirilis sejak 5 November 2007 sesuai Instruksii Presiden nomor 6 tahun 2007 tentang kebijakan percepatan pengembangan sektor rill dan pemberdayaan UMKM.

Dalam hal ini, pemerintah mengincar pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik secara individu, badan usaha, atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif, layak, dan potensi perkembangan yang baik di masa depan.

Bank BRI menawarkan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan batas maksimal Rp 500 juta per debitur. KUR Bank BRI secara resmi dirilis kembali pada akhir tahun 2021 bersamaan dengan peluncuran program Kredit Mitra BRI (KMJ).

Dengan tingginya minat masyarakat terhadap program KUR ini, Bank BRI optimis dapat membantu mendorong perkembangan UMKM di Jawa Tengah dengan mengantongi dana KUR sebesar Rp4 triliun.

Bank BRI mencatat kinerja yang baik pada tahun 2021 dengan pertumbuhan kredit UMKM mencapai 22% dari total kredit Bank BRI.

Program KUR yang disediakan oleh bank BRI terdiri dari 3 jenis dengan plafond yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Kredit Super Mikro (Maksimal Rp. 10 juta)
  2. Kredit Mikro (Rp. 10 juta hingga Rp. 50 juta)
  3. Kredit Kecil (Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta)

Program ini memiliki suku bunga yang rendah hanya 6% atau setara dengan 0,26% per bulan flat. Selain itu, kamu tidak perlu membayar biaya-biaya tambahan seperti biaya provisi, biaya administrasi bulanan, dan biaya asuransi.

Adapun jangka waktu pinjaman berbeda-beda tergantung pada jenis UMKM dan tujuan pembiayaannya.

Bunga Pinjaman BRI

Untuk tujuan modal usaha, Kredit Super Mikro dan Kredit Mikro memiliki jangka waktu 3 tahun, sedangkan Kredit Kecil memiliki jangka waktu 4 tahun.

Sementara itu, untuk tujuan investasi, ketiga jenis kredit memiliki jangka waktu hingga 5 tahun.

Tabel Angsuran Pinjaman BRI Rp 100 Juta

Pinjaman KUR dari Bank BRI menawarkan cicilan angsuran yang sangat ringan untuk kredit usaha karena bunga subsidi dari pemerintah.

Sebagai contoh, berikut ini simulasi cicilan pinjaman KUR Mikro Bank BRI:

  1. Pinjaman Rp 100 juta
  2. Cicilan 12 bulan: Rp 8,6 juta
  3. Cicilan 18 bulan: Rp 5,8 juta
  4. Cicilan 24 bulan: Rp 4,4 juta
  5. Cicilan 36 bulan: Rp 3,0 juta
  6. Cicilan 48 bulan: Rp 2,3 juta
  7. Cicilan 60 bulan: Rp 1,9 juta

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat tabel angsuran KUR BRI Mikro di bawah ini:

Tabel Angsuran Pinjaman BRI Rp 100 Juta

Bunga Pinjaman BRI

Setiap jenis pinjaman BRI memiliki besaran bunga tersendiri, dimana masing-masing jenis pinjaman memiliki kisaran suku bunga sebesar:

  1. BRIGUNA: 17.54% per tahun atau sekitar 1,46% per bulan flat
  2. KKB BRI: 4,99 hingga 7% per tahun
  3. KUR BRI: 6% per tahun

Besarnya bunga tersebut masih bisa disesuaikan oleh pihak bank BRI terhadap kemampuan pembayaran angsuran kamu.

Dokumen Persyaratan Pinjaman KUR BRI

Jika kamu tertarik mengajukan KUR di Bank BRI, berikut adalah dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan, seperti yang dilansir oleh Bank BRI:

Untuk Perorangan:

  1. Formulir aplikasi asli (formulir tersedia di bank)
  2. Fotokopi KTP suami istri dan KK
  3. Pas foto suami istri
  4. Surat Keterangan Usaha atau SIUP

Untuk Perusahaan atau Badan Usaha:

  1. Formulir aplikasi asli (formulir tersedia di bank)
  2. Fotokopi KTP pengurus
  3. Surat Keterangan Usaha atau SIUP
  4. Akte Pendirian dan Akta Perubahan
  5. Laporan keuangan
  6. Fotokopi NPWP apabila mengajukan plafon lebih dari Rp 50 juta.

Cara Daftar KUR Bank BRI

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan pinjaman KUR setelah semua dokumen persyaratan sudah siap:

  1. Pastikan semua dokumen lengkap.
  2. Kunjungi kantor Bank BRI terdekat.
  3. Sampaikan tujuan kamu mengajukan KUR kepada petugas bank yang bersangkutan.
  4. Petugas bank akan mengunjungi rumah kamu untuk melakukan verifikasi data.
  5. Setelah proses verifikasi selesai, tunggu informasi dari pihak bank mengenai status pengajuan KUR kamu, apakah diterima atau ditolak.

Kelebihan dan Kekurangan dari KUR Bank BRI

Di bawah ini terdapat kelebihan dan kekurangan dari KUR BRI, sebagai berikut:

Kelebihan dan Kekurangan dari KUR Bank BRI

Kelebihan KUR BRI

Pilihan terbaik untuk menambah modal usaha adalah melalui KUR dibandingkan jenis pinjaman lainnya.

Selain suku bunga yang rendah, KUR juga membantu meningkatkan pasar dan mendukung keberlanjutan usaha melalui reformasi regulasi UMKM.

Dukungan serius pemerintah terhadap UMKM juga terlihat dari hasil Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Perekonomian pada 12 November 2019, yaitu:

  1. Menurunkan suku bunga pinjaman dari 7% menjadi 6% per 1 Januari 2020
  2. Meningkatkan plafon (jumlah pinjaman) KUR secara bertahap dari Rp 190 Triliun (2020) hingga Rp 325 Triliun (2024)
  3. Meningkatkan plafon KUR Mikro dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta per debitur.

Dari segi persyaratan, KUR menerima pengusaha dengan pengalaman bisnis 6 bulan. Ini berarti pengusaha pemula sudah dapat mengajukan KUR. Bank BRI dapat memberikan plafon KUR hingga Rp 500 juta, yang cukup fleksibel bagi pengusaha.

Produk KUR sangat luas dan beragam, misalnya untuk TKI dan juga ada KUR khusus, sehingga bisa memberikan pinjaman dengan spektrum yang luas.

Bagi mereka yang berada di wilayah operasional Bank BRI, ini adalah kesempatan untuk mengajukan KUR melalui Bank BRI. Bank BRI lebih memahami lokalisasi dan kondisi di daerahnya.

Kelemahan KUR Bank BRI

Salah satu kelemahan utama KUR adalah persyaratan yang cukup ketat, terutama bagi pengusaha yang telah memiliki pinjaman sebelumnya. Mereka tidak diizinkan untuk mengajukan KUR Bank BRI.

Selain itu, KUR tidak tersedia untuk pengusaha yang usahanya baru berjalan kurang dari 6 bulan. Ada ketentuan bahwa pengusaha harus memiliki usaha selama minimal 6 bulan.

Kesimpulan

KUR BRI adalah Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah agar dapat berkembang lebih maju.

Demikian informasi tentang tabel angsuran pinjaman BRI 100 Juta serta informasi lengkapnya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.