Cara Investasi Saham Syariah untuk Pemula

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Banyak masyarat islam yang berinvestasi saham syariah. Jika kamu ingin mencobanya, kamu dapat melakukan serangkaian cara investasi saham syariah untuk pemula, yang aman dan kamu sebagai umat islam pun akan merasa lebih tenang.

Investasi saham syariah relatif mudah, apalagi sekarang ada berbagai alat digital yang memudahkan kamu untuk berinvestasi.

Program-program tersebut dapat diunduh melalui smartphone yang kamu miliki, dan lainnya diunduh melalui internet.

Namun, jangan biarkan diri kamu tergoda. Pastikan platform investasi yang kamu pilih resmi dan diawasi oleh badan yang berwenang. Berikut kami paparkan cara berinvestasi saham syariah untuk pemula.

Cara Investasi Saham Syariah

Secara garis besar, ada tiga metode berinvestasi saham syariah bagi pemula. Termasuk berikut ini:

1. Pilih Sekuritas Yang Dilengkapi Syariah Online Trading System (Sots)

Untuk berinvestasi di pasar modal syariah, kamu harus melakukannya melalui investasi efek yang telah diberikan izin usaha oleh OJK, terdaftar, dan tunduk pada peraturannya (Otoritas Jasa Keuangan).

Aplikasi untuk transaksi saham Islami sering disediakan oleh pialang besar dan bank. Hasilnya, ia telah lulus ujian sertifikasi MUI dan kini sesuai dengan hukum syariah di pasar modal.

Hal ini menunjukkan bahwa hanya emiten berbasis syariah yang dapat diakses di aplikasi SOTS. kamu tidak akan membuat kesalahan investasi dengan cara ini.

2. Buka Rekening Efek Syariah

Setelah memilih bisnis sekuritas untuk bergabung, langkah selanjutnya adalah membuat rekening efek syariah.

Persyaratan dokumen untuk membuat rekening efek syariah sama dengan konvensional, yaitu sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi buku tabungan
  3. Fotokopi NPWP

Dalam praktiknya, kamu mungkin diminta untuk mengisi dokumen lain sesuai dengan peraturan sekuritas terkait. Jika kamu mendapatkan Rekening Dana Nasabah (RDN) serta username dan password untuk program SOTS, maka kamu telah berhasil membuat rekening efek syariah.

3. Install SOTS dan Lakukan Pembelian Saham Syariah

Setelah kamu menerima RDN kamu, kamu akan dapat berinvestasi di sekuritas Islam. RDN digunakan sebagai platform khusus untuk membeli dan menjual saham.

Pada titik ini, nominal rupiah yang digunakan untuk mengakuisisi emiten saham syariah bervariasi tergantung pada kemampuan keuangan kamu dan peraturan perusahaan sekuritas.

Kesimpulan

Pada artikel di atas, telah kami jelaskan mengenai cara investasi saham syariah. Untuk kamu umat islam, ini adalah saham yang cocok yang dapat kamu gunakan, sebab sudah ada fatwa yang mengatur terkait investasi di pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Demikian artikel mengenai Cara Investasi Saham Syariah untuk Pemula, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu semua dalam berinvestasi saham syariah.

Pencarian Populer

Aplikasi Investasi Saham Syariah - Cara Memulai Investasi Saham Syariah - Cara Investasi Saham Syariah Untuk Pemula - Cara Investasi Saham Syariah Di Indonesia - Cara Investasi Saham Syariah - Cara Daftar Saham Syariah - Cara Daftar Investasi Saham Syariah - Bagaimana Cara Investasi Saham Syariah - Aplikasi Saham Syariah Yang Terdaftar Di Ojk- Investasi Saham Syariah Online -

Related Articles

Back to top button