Panduan Membayar Pajak Motor di Indomaret

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Jika kamu memiliki kendaraan, kamu harus melakukan kewajiban membayar pajak. Berikut ini terdapat panduan membayar pajak motor yang dapat kamu lakukan di Indomaret terdekat.

Pemilik kendaraan tidak perlu lagi mengantri di loket Samsat untuk membayar pajak kendaraan saat melakukannya di Indomaret. Datang saja ke Indomaret terdekat yang terdapat layanan e-Samsat (Payment Point Online Bank atau PPOB).

Cara bayar pajak motor di Indomaret juga cukup mudah dan cepat. kamu cukup menyediakan surat-surat dasar tertentu seperti KTP, STNK dan nomor telepon serta uang tunai untuk membayar pajak kendaraan di Indomaret.

Pemilik kendaraan akan mendapatkan bukti kewajiban pembayaran secara elektronik, yang dikenal dengan e-TBPKP, setelah membayar pajak kendaraan di Indomaret. Dengan begitu, wajib pajak tidak perlu berpergian ke Samsat Induk untuk mencetak TBPKP.

Ketahui Panduan Membayar Pajak Motor di Indomaret

  1. Kunjungi Indomaret terdekat dan pastikan layanannya online. Untuk memenuhi persyaratan, harap memberikan KTP dan STNK asli.
  2. Bayar jelas ke kasir kalau mau bayar pajak motor. Nomor polisi, nomor identifikasi kendaraan, dan nomor telepon, atau nama orang yang namanya tertulis di STNK, akan diminta oleh kasir.
  3. Setelah itu, tagihan akan ditampilkan, dan kamu dapat membayarnya di kasir.
  4. Setelah pembayaran selesai, kamu akan mendapatkan kwitansi pembayaran sebagai konfirmasi bahwa kamu telah memenuhi kewajiban, serta SMS dari Polisi. Informasi untuk e-registrasi dan e-identifikasi disertakan dalam SMS ini.
  5. Buka URL yang dikirimkan kepada kamu melalui SMS. kamu akan melihat e-TBPKP. Simpan atau cetak e-TBPKP sebagai konfirmasi pembayaran pajak kendaraan bermotor kamu.
  6. Untuk memastikan pembayaran pajak selesai, kamu dapat mendatangi kantor Samsat untuk menanyakan pembayaran. Namun idealnya, setelah menyelesaikan prosedur pembayaran tersebut di atas, kamu tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk mengurus pajak motor lagi.

E-TBPKP dengan barcode (QR code) merupakan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK yang masih berlaku.

Oleh karena itu, polisi yang melakukan razia nantinya dapat menggunakan barcode scan (QRcode) untuk mengesahkan kewenangan tersebut.

Dengan barcode ini, pengguna tidak perlu lagi kembali ke Samsat untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah membayar pajak di Indomaret, terdapat  6 langkah yang perlu kamu lakukan untuk membayar pajak di Indomaret.

Demikian artikel mengenai Panduan Membayar Pajak Motor di Indomaret, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu semua dalam membayar pajak.

Pencarian Populer

Syarat Bayar Pajak Di Indomaret - Bayar Pajak Di Indomaret Banten - Bayar Pajak Di Indomaret Jatim - Bayar Pajak Di Indomaret Tanpa Ktp - Bayar Pajak Di Indomaret Tidak Dapat Sms - Biaya Administrasi Bayar Pajak Di Indomaret- Bisakah Bayar Pajak Di Indomaret -

Related Articles

Back to top button