Advertisement

Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Online

Rancakmedia.com – Saat masa pandemi berlangsung, banyak masyarakat yang membatasi diri nya untuk keluar rumah, berikut ini terdapat cara cek dan bayar pajak kendaraan online yang dapat membantu membantasi diri kamu untuk keluar rumah.

Pada kenyataannya, saat ini tidak perlu lagi bepergian ke kantor Samsat setempat yang memakan waktu dan tenaga.

Pemilik hanya perlu menyediakan HP atau laptop, kemudian melengkapinya secara online di situs resmi Samsat. Atau, anda dapat mengunduh aplikasi Samsat Digital Nasional atau yang ‘akrab’ disebut SIGNAL.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Kunjungi link di bawah ini untuk mengetahui cara cek pajak kendaraan online di seluruh Indonesia. Kamu dapat mengetahui berapa banyak pajak yang harus kamu bayar dengan Klik Disini

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Jika kamu ingin membayar pajak kendaraan secara online, kamu memiliki beberapa pilihan, bagai berikut:

 Melalui Aplikasi SIGNAL

Samsat sudah memiliki aplikasi bernama National Digital Samsat (SIGNAL) yang dapat diunduh di Google Playstore atau AppStore

Program ini dapat digunakan untuk membayar pajak mobil secara online. Untuk memulai, cukup klik tautan berikut dan ikuti instruksi sederhana.

Klik Disini

Melalui ATM BCA

Sekarang, kamu bisa menggunakan ATM BCA untuk membayar pajak motor/mobil. Fitur e-Samsat memungkinkan pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan bermotor secara online menggunakan jaringan ATM BCA dengan biaya ekstra minimal.

Cara Pembayaran Pajak kendaraan dengan ATM BCA dapat dilihat pada link di bawah ini.

Baca Juga:  Yuk Cari Tau Bagaimana Cara Menghidari Pajak progressive Kendaraan Bermotor

Klik Disini

Via Indomaret

Kini ada cara bayar pajak motor di Indomaret yang bisa menjadi pilihan praktis.

Dengan membayar pajak kendaraan bermotor di Indomaret, pemilik kendaraan kini tidak perlu lagi mengantre di loket Samsat.

Caranya mudah, kok! Panduan selengkapnya dapat anda baca pada link di bawah ini.

Klik Disini

Tidak sulit, bukan? Itulah cara cek dan bayar pajak kendaraan bermotor secara online di hp atau laptop kamu. kamu bisa melakukannya tanpa perlu antre di kantor Samsat. Mudah dan cepat!

Apakah Pajak Kendaraan Termasuk Asuransi Mobil?

Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dipengaruhi oleh banyak variabel. Tarif pajak dan Iuran Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yang sering disebut SWDKLLJ, adalah tiga contohnya.

Ternyata data pajak yang kamu bayarkan belum termasuk asuransi mobil/kendaraan. Sejatinya setiap mobil/kendaraan yang kamu miliki harus dilengkapi dengan asuransi kendaraan.

Ketika kamu memperoleh kendaraan, biasanya harga yang kamu bayarkan sudah termasuk asuransi mobil jika kendaraan tersebut mengalami kecelakaan, pencurian atau bahaya yang menyebabkan kerugian di kemudian hari.

Dengan bentuk asuransi ini, nasabah pasti akan merasa lebih aman mengetahui korporasi akan membayar kerugian yang mereka hadapi. Jenis kompensasi mungkin bervariasi dalam bentuk dan jumlah yang dikumpulkan.

Namun, kamu tidak perlu memperbarui asuransi mobil setiap tahun, karena ini berfungsi untuk melindungi mobil kamu. Di PKB, kami hanya membayar asuransi kecelakaan dalam bentuk SWDKLLJ.

Jenis Asuransi Khusus Kendaraan

Sekedar informasi, ternyata asuransi kendaraan juga banyak macamnya. Periksa untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga:  Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online di Signal

Asuransi All-Risk

Asuransi all-risk menunjukkan jenis yang mencakup semua bentuk risiko yang tidak menguntungkan yang timbul pada kendaraan yang diperoleh, terutama mobil baru. Kerusakan yang dapat diatasi dapat bervariasi dari yang kecil seperti lecet hingga pencurian.

Asuransi Total Loss Only

Risiko semacam ini berkaitan dengan potensi kerugian kendaraan “secara keseluruhan”. Jenis asuransi TLO ini mencakup kendaraan yang dicuri, hilang, atau mengalami kerusakan 75 persen atau lebih hingga tidak lagi layak jalan.

Untuk klaim asuransi TLO ini, diperlukan bukti dan memenuhi standar esensial.

Asuransi Collision Coverage Insurance

Bentuk asuransi ini cocok untuk individu yang masih pemula dalam mengendarai mobil. Asuransi Personal Injury Protection (PIP) membayar kerusakan kendaraan mobil yang diasuransikan, sampai dengan biaya penggantian penuh.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, kamu dapat mengetahui cara cek pajak kendaraan, membayar pajak kendaraan, dan juga jenis asuransi khusus kendaraan.

Demikian artikel tentang Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Online, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat membantu kamu semua dalam mengecek dan membayar pajak kendaraan secara online.

Back to top button