Advertisement

Plus dan Minus Beli Mobil Cash atau Kredit

Rancakmedia.com – Jika kamu belum mengetahui dan masih bingung dengan plus dan minus beli mobil cash atau kredit, kamu dapat simak artikel dibawah ini untuk mengetahui plus dan minus beli mobil cash dan kredit.

Konsumen memiliki berbagai pilihan ketika ingin membeli mobil. Selain pilihan model mobil yang diinginkan, ada juga metode pembayaran untuk memperoleh kendaraan. kamu bisa membeli mobil secara tunai atau kredit.

Tentu saja, kamu tidak perlu membayar cicilan bulanan untuk membeli mobil secara tunai. kamu harus menyisihkan uang setiap bulan untuk membayar cicilan mobil jika membeli mobil secara kredit. Pilih mana, beli mobil cash atau kredit?

Jika kamu membeli mobil untuk alasan produktif, tidak ada salahnya membeli secara kredit. Sedangkan jika kamu membeli mobil yang sesuai dengan gaya hidup kamu dan tidak ada perasaan terdesak, sebaiknya menabung dulu dan bayar tunai setelahnya.

Ini memiliki pengembalian investasi yang lebih tinggi. Cicilan akan menjadi lebih dari dua kali lipat dari nilai awal kendaraan jika kamu membayar penuh sekaligus. Mari kamu lihat kelebihan dan kekurangan membeli mobil secara tunai dan kredit:

Beli Mobil Secara Cash

  1. Keuntungan dari pelunasan di awal adalah kamu tidak lagi harus memikirkan untuk melunasi kredit mobil, melainkan fokus pada biaya operasional sehingga kamu dapat lebih tenang jika terjadi masalah keuangan di kemudian hari.
  2. Membeli dengan uang tunai menghemat banyak uang pemilik yang seharusnya harus dibayarkan kembali kepada pemberi pinjaman dengan bunga.
  3. Kekurangannya adalah pemilik juga harus memberikan uang dalam jumlah yang sangat besar, sekaligus dapat menghambur-hamburkan seluruh tabungannya.
  4. Bahayanya adalah kemungkinan hilangnya uang tabungan yang digunakan untuk keperluan lain (seperti pendidikan anak, kesehatan atau cadangan darurat) untuk membeli mobil.

Beli Mobil Secara Kredit

  1. Transaksi secara kredit memungkinkan konsumen untuk langsung membeli mobil baru, meskipun dana belum terkumpul dengan model yang lebih beragam, mengingat tidak dibatasi oleh uang tunai, asalkan cukup untuk membayar uang muka (DP)
  2. Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh adalah dapat mengatur DP dan angsuran bulanan sesuai dengan rencana keuangan tanpa mengganggu anggaran lainnya.
  3. Uang muka yang besar dapat meminimalkan kesulitan dalam mencicil bulanan, sementara uang muka yang kecil memudahkan untuk melakukan pembayaran lebih awal, tetapi akan meningkatkan angsuran bulanan.
  4. Selain itu, konsumen juga langsung mendapatkan asuransi kendaraan karena setiap sewa umumnya memberikan fitur ini.
  5. Namun, terlihat jelas bahwa dengan adanya pengeluaran ekstra seperti bunga cicilan, jumlah keseluruhan pembelian secara kredit tidak diragukan lagi lebih besar.
  6. Karena prosedur kredit melibatkan pihak ketiga, terutama lembaga keuangan, konsumen juga perlu membuat dokumen administrasi tambahan dan memakan waktu lebih lama.
  7. Jika kamu tidak mampu membayar cicilan terus-menerus, kemungkinan mobil kamu akan ditarik dengan cara leasing.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai Plus dan Minus Beli Mobil Cash atau Kredit, dari artikel di atas dapat di ketahui bahwa membeli mobil dengan cash atau membeli mobil dengan kredit memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Demikian artikel tentang Plus dan Minus Beli Mobil Cash atau Kredit,, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button