Teknik Pembuatan Poster Menggunakan Komputer

Lutfi

Teknik Pembuatan Poster Menggunakan Komputer
Teknik Pembuatan Poster Menggunakan Komputer

Rancakmedia.com – Desain dan teknik pembuatan poster dengan bantuan komputer. Untuk tujuan penyampaian informasi kepada masyarakat umum, poster adalah media penerbitan atau promosi yang dapat berbentuk teks, gambar, atau campuran keduanya.

Poster pada dasarnya dapat dilakukan secara manual, yaitu digambar atau ditulis dengan tangan, dan juga dapat dibuat dengan komputer.

Pembuatan poster menggunakan komputer seringkali melibatkan penggunaan Corel Draw, yang dianggap lebih mudah digunakan.

Untuk membuat poster yang dibuat dengan komputer, berbagai alat desain grafis seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan Affinitu Designer digunakan. Namun, dalam kajian berikut ini kami hanya akan menyajikan gambaran tentang pemanfaatan Corel Draw untuk membuat poster sebagai media penerbitan.

Teknik Pembuatan Poster dengan Komputer Menggunakan Software Corel Draw

Teknik Pembuatan Poster dengan Komputer Menggunakan Software Corel Draw

Mengutip dari situs Sumber.belajar.kemdikbud.go.id (diakses pada 21/10/21), isi poster biasanya terdiri dari unsur-unsur berikut:

  • Judul di posisi pertama atau utama
  • Subjudul atau informasi tambahan
  • Teks isi atau seluruh informasi yang ingin Anda publikasikan
  • Agensi, sponsor, dan/atau informasi kontak pribadi yang disertakan di footer

Untuk dapat memuat elemen-elemen di atas dalam sebuah poster, maka kita dapat mengikuti teknik pembuatan poster dengan komputer menggunakan software Corel Draw dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka software Corel Draw dan pilih opsi New untuk membuat lembar baru
  • A4 adalah contoh ukuran poster yang sesuai.
  • Kemudian, dari alat yang dapat diakses, pilih menu yang sesuai.

Baca Juga

Bagikan:

Lutfi

Hai perkenalkan saya Lutfi Hulasoh, Saya adalah seorang penulis dan bloger tekno. saya mulai membuat blog pribadi menulis artikel-artikel informatif tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi. Tulisan saya mencakup berbagai topik, mulai dari aplikasi mobile hingga kecerdasan buatan, dan Saya juga dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami untuk membantu pembaca memahami konsep yang kompleks.