Mengenal Ethereum Difficulty Bomb Beserta Keuntungan dan Risikonya

Lovata Andrean

Mengenal Ethereum Difficulty Bomb Beserta Keuntungan dan Risikonya
Mengenal Ethereum Difficulty Bomb Beserta Keuntungan dan Risikonya

Rancakmedia.com – Mengenal istilah “difficulty bomb” yang digunakan di dunia kripto. “difficulty bomb” mengacu pada lonjakan tingkat kesulitan penambangan. Waktu yang diperlukan untuk menambang blok baru di blockchain bertambah atau lebih lama dalam jumlah ini.

Tidak hanya itu, beberapa ahli percaya bahwa difficulty bomb menunjukkan keadaan masa depan di mana penambangan akan sulit dan tidak menguntungkan.

Apa itu Ethereum Difficulty Bomb dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ethereum difficulty bomb mengacu pada semakin sulitnya memecahkan kode kriptografi dalam algoritme penambangan yang membayar penambang sejumlah ETH untuk pekerjaan mereka di blockchain Ethereum.

Ada jeda yang signifikan antara produksi blok pada blockchain Ethereum karena kode menjadi lebih kompleks (dan penambang merasa lebih sulit untuk mendapatkan ETH). Akibatnya, proses penambangan akan semakin lambat dan kurang menguntungkan bagi para penambang.

Apa itu Ethereum Difficulty Bomb, dan bagaimana cara kerjanya_

Proof-of-Work (PoW) (yang mengharuskan penambang bersaing satu sama lain untuk memecahkan teka-teki dan mendapatkan hadiah) sedang dihapus demi Proof-of-Stake (PoS), di mana hadiah dialokasikan berdasarkan staking atau koin kepemilikan.

Sebagai bagian dari pembaruan Casper Ethereum, peralihan antar protokol diharapkan terjadi pada akhir 2021. Kemudian, selama pembaruan, difficulty bomb akan melarang forking blockchain.

Alasan Hadirnya Ethereum Difficulty Bomb

Ethereum difficulty bomb dimaksudkan untuk mencegah penambang untuk terus menambang PoW setelah transisi blockchain ke PoS.

Ethereum difficulty bomb dirilis sebagai akibat dari pergeseran keseimbangan kekuatan dan kekayaan dari penambang dan menuju investor dan pengguna blockchain.

Ada kemungkinan bahwa blockchain Ethereum akan bercabang jika semua penambang tidak beralih ke Proof-of-Stake. Pada tahun 2017, penambang Bitcoin merekayasa garpu di blockchain mereka, yang kemudian menjadi pendahulu Bitcoin Cash (BCH).

Kapan Ethereum Difficulty Bomb Dirilis?

Ethereum Difficulty Bomb awalnya seharusnya dirilis pada akhir 2021, tetapi telah ditunda hingga Juni 2022. Perkiraan ini sangat dekat dengan pembaruan terjadwal set Hard Fork London untuk menambahkan EIP-3238. Difficulty bomb akan ditunda hingga Q2 2022 karena adanya garpu keras.

Tim Beiko, di sisi lain, memilih untuk menyebarkan EIP-3554 pada Mei 2021, menurut pengembang Ethereum. EIP-3554 adalah bagian dari proposal peningkatan Ethereum. Proposal ini mencoba untuk memperlambat proses penambangan ETH sekaligus juga mengurangi difficulty bomb yang terjadi selama operasi penambangan.

Karena peningkatan London Hard Fork, difficulty bomb ditunda hingga teknologi staking blockchain selesai. Saat ini, Tim Beiko dan James Hancock merilis di EIP-4345, Proposal Peningkatan Ethereum (EIP) baru.

Nantinya, hingga Juni 2022, EIP-4345 ini akan digunakan untuk menunda dan memperlambat difficulty bomb. Penundaan ini diharapkan memungkinkan terjadinya difficulty bomb setelah merger, yang merupakan fase kunci dalam peluncuran Ethereum 2.0.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks