Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun Terpercaya

Lovata Andrean

Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun Terpercaya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara investasi emas online? Emas masih menjadi alat investasi yang menarik bagi individu tertentu meskipun terjadi penurunan harga emas dalam enam bulan terakhir. Tak terkecuali investasi emas online atau online karena dinilai lebih hemat dan praktis.

Salah satu layanan investasi emas online ditawarkan oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melalui Brankas LM. Brankas LM adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas LM Antam oleh Unit Usaha Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UPBPP) yang merupakan salah satu divisi usaha PT Antam.

Apa Itu Investasi Emas

Investasi merupakan menanamkan modal suatu insturmen yang mempunyai peluang yang tinggi nilainya di masa depan sehingga investor dapat mendapatkan keuntungan.

Apa Itu Investasi Emas
Emas Batangan (Sumber: Peggy_Marco via pixbay)

Sebagian orang lebih memilih emas untuk menyimpan aset dan berinvestasi daripada saham yang secara signifikan nilainya bisa naik ataupun turun.

Investasi emas online ialah sebuah kegiatan transaksi emas dalam bentuk digital, jadi kamu tidak perlu untuk datang ke toko emas untuk membeli fisik emas.

Kamu hanya perlu mencari sumber kredibel untuk bertransaksi emas, kini platform yang menyediakan infestasi emas secara online sudah banyak sekali.

Jika kamu tertarik untuk mencobanyam kamu perlu mencari platform yang sudah diawasi oleh badan pengawasan perdagangan berjangka komoditi kementrian perdagangan (Bappebti).

Cara berinvestasinya pun terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu menabung atau membayar sejumlah uang yang biasanya minimal sebesar Rp.20.000 dan dikumpulkan hingga kamu bisa mencapai harga emas minimal 1 gram.

Syarat Investasi Emas Online

Setiap marketplace atau platform memiliki persyaratan untuk investasi emas yang berbeda-beda. Namun umumnya semua persyaratan yang dibutuhkan ialah verifikasi data diri seperti KTP dan formulir yang dibutuhkan.

Dalam praktiknya, hampir semua marketplace atau web yang menyediakan layanan ini memperbolehkan seseorang untuk mencicil emas mulai dari 0,0001 gram.

Syarat yang kedua yang paling penting ialah setiap orang yang melakukan investasi emas digital harus menjaga kode OTP yang dikirimkan, sebab kode tersebut ialah kunci dalam bertransaksi.

Rekomendasi Aplikasi untuk Investasi Emas Secara Online

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi investasi emas, kamu bisa memilih web atau marketplace yang sudah memiliki kredibel, sebagai berikut:

1. BukaEmas atau BukaLapak

Seperti yang kamu semua tahu bahwa BukaLapak merupakan sebuah e-commerce jual beli yang sangat populer dan juga diminati oleh banyak masyarakat.

Syarat Investasi Emas Online
Kepingan Emas (Sumber: hamiltonleen via pixabay)

Pada tahun 2017, BukaLapak meluncurkan BukaEmas dimana para usernya bisa menabung dan mencicil emas di sana, hal ini yang membuat jual beli emas online di Indonesia menjadi populer.

Masyarakat atau pengguna BukaEmas bisa berinvestasi mulai dari 0,0001 gram. Emas yang didapatkan juga berasal dari Antam dan bersifat LBMA (London Bullion Market Association).

Dengan secara khusus kepingan emasnya mulai bisa ditarik jika sudah terakumulasi menjadi 1 gram emas.

2. ORORI

ORORI adalah platform yang menjual perhiasan secara online, selain itu ORARI juga memungkinkan pengguna untuk membeli emas Antam dan logam mulia lainnya untuk berinvestasi.

ORARI ini bisa kamu kunjungi di website dan aplikasinya, selain itu juga bisa melalui e-commerce seperti Tokopedia, Sopee, Lazada, dan juga BliBli.

3. E-Mas

E-Mas adalah aplikasi mobile yang diluncurkan oleh ORORI pada tahun 2017 lalu supaya masyarakat Indonesia lebih mudah bertransaksi emas atau hanya membelinya untuk keperluan tertentu.

Kamu juga bisa membeli emas dengan nominal minimal sebesar Rp.100 lhoo, emas yang kamu beli akan disimpan di akun milikmu, dan bisa kamu tambahkan atau kamu jual kapan saja yang kamu inginkan.

Apabila jumlah emas yang kamu miliki telah mencapai berat emas fisik yang berada di pasaran, seperti 1 atau 5 gram, kamu juga bisa menariknya dalam bentuk fisik.

4. Brankas Logam Mulia

Logam mulia adalah salah satu unit bisnis dari Antam, di situs logam mulia juga menyediakan layanan bernama BRANKAS (Berencana Aman Kelola Emas) adalah layanan online untuk bertransaksi jual beli emas.

Harga yang ditawarkan juga lebih murah karena belum dicetak secara fisik sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin mencoba berinvestasi emas.

Pembelian emas dalam BRANKAS hanya bisa dilakukan dalam bilangan bulat, seperti 1 gram. Selain itu kamu juga bisa menjualnya kembali jika harga emas sedang naik supaya kamu mendapatkan keuntungan.

Harga jual kembali di BRANKAS diklaim lebih tinggi dan juga menguntungkan, jika kamu ingin mencairkan dalam bentuk fisik, maka BRANKAS akan bekerja sama dengan kurir pihak ketiga untuk mengirimkannya kerumah masing-masingnya yang sudah dilengkapi dengan asuransi.

Brankas Logam Mulia
Logam Mulia (Sumber: zlaťákycz via pexels)

5. Lakuemas

Lakuemas ialah platform jual beli emas yang juga menyediakan jasa penyetakan sertifikat dengan pecahan terkecil mulai dari 10 gram.

Untuk bertansaksi di Lakuemas, minimum transaksi pembelian emas ialah sebesar Rp.50.000. Lakuemas juga memiliki fitur Laku tunai untuk penjaminan serta Laku titipan untuk menyimpan emas.

6. Pegadaian

Pegadaian juga memiliki layanan investasi emas secara online, perusahaan milik negara ini memiliki aplikasi bernama pegadaian digital yang bisa kamu download di Playstore atau App Store.

Di Pegadaian kamu bisa membuka rekening tabungan dan juga bertransaksi emas. Jika ingin berinvestasi melalui aplikasi pegadaian, kamu perlu menyiapkan identitas diri.

7. Tokopedia Emas

Selanjutnya marketplace lain yang menyediakan layanan tabungan emas adalah Tokopedia. Seperti di platform lainnya, emas yang ditabung bisa dikonversikan ke bentuk fisik dengan dititipkan ke pegadaian.

Nominal terendah untuk menabung emas di Tokopedia Emas ialah sebesar RP. 500. Jika ingin memulai investasi, kamu bisa membuka situs Tokopedia dan pilih opsi Tokopedia Emas.

Cara Investasi Emas Online yang Aman

Di bawah ini rancakmedia.com telah merangkum daftar cara investasi emas online yang aman dan terpercaya, sebagai berikut:

1. Layanan LM Antam

Di bawah ini kami telah merangkum langkah-langkah investasi emas online di layanan LM Antam, sebagai berikut:

a. Daftar di Kantor Cabang

Perlu diketahui, selama investasi emas ini dilakukan secara online atau daring, prosedur pendaftaran awal mengharuskan calon pelanggan datang ke kantor Antam, yaitu Butik LM yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Cara Investasi Emas Online yang Aman
Emas Batangan (Sumber: pixabay via pexels)

Selain itu, pendaftaran tidak bisa diwakilkan sehingga harus datang langsung ke kantor cabang. Setelah membaca syarat dan ketentuan, selanjutnya kamu perlu mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan surat-surat seperti KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu Keluarga untuk ahli waris.

Untuk pendaftaran, kamu juga perlu membayar biaya tahunan yang bervariasi berdasarkan jenis keanggotaan yang akan menentukan jumlah investasi maksimum yang diizinkan.

Jenis-jenis keanggotaan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  1. Individu Gold: Iuran tahunan Rp 300.000, dengan batas tabungan 500 gram
  2. Platinum Perorangan: Iuran tahunan Rp 500.000, dengan batas tabungan 1.000 gram
  3. Individu Diamond: Iuran Tahunan Rp 1.500.000, dengan batas tabungan 2.500 gram

Nantinya, kamu hanya perlu memilih jenis keanggotaan BRANKAS LM tersebut. Tentunya sesuai dengan strategi investasi kamu.

b. Masuk ke Situs BRANKAS LM

Setelah registrasi, kamu akan mendapatkan user ID dan password untuk mengakses dan melakukan transaksi jual beli di situs BRANKAS LM.

Harap diperhatikan bahwa transaksi di brankaslm hanya dapat dilakukan pada hari dan jam kerja, baik untuk transaksi pembelian, penjualan (buy-back) dan permintaan pengambilan emas fisik.

Jika transaksi online dilakukan di luar jam kerja, transaksi akan ditolak oleh BRANKAS LM. Semua kontribusi di situs web harus selama jam kerja.

2. Pegadaian

Selain Antam, investasi emas online juga dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian. Tekniknya tidak jauh berbeda dengan BRANKAS LM. Pertama, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuat rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian.

Kemudian kamu harus mengisi formulir pembukaan rekening dan membayar biaya administrasi sebesar Rp.10.000 dan biaya fasilitas deposito 12 bulan sebesar Rp.30.000.

Setelah mengisi formulir dan membayar administrasi, kamu akan mendapatkan Buku Tabungan Emas dan dapat membeli Tabungan Emas mulai dari 0,01 gram.

Jika kamu menginginkan emas batangan asli, kamu dapat melakukan pemesanan cetak dengan pilihan keping (1gr, 2gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai kepingan yang kamu pilih.

Saat ini transaksi pencetakan emas batangan hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas asli.

3. e-Commerce

Selain di BRANKAS LM dan Pegadaian, investasi emas juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia. Di Bukalapak, kamu bisa berinvestasi emas menggunakan fungsi BukaEmas dengan minimal investasi 0,0001 gram.

Rekomendasi Aplikasi untuk Investasi Emas Secara Online
Kepingan Emas (Sumber: michael-steinberg via pexels)

Melalui fitur BukaEmas, emas yang diperoleh berasal dari Antam dan diverifikasi oleh LBMA (London Bullion Market Association) yang koin emasnya dapat ditarik setelah terkumpul menjadi 1 gram.

Namun perlu diingat, kamu harus mendaftar dengan akun Bukalapak jika ingin melakukan transaksi di BukaEmas. Sedangkan di Tokopedia, layanan investasi emas online yang dapat dimanfaatkan adalah Tokopedia Emas.

Bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero), Tokopedia Emas memungkinkan kamu untuk mengubah emas yang dibeli melalui aplikasi menjadi bentuk nyata. Emas ini akan ditempatkan di Pegadaian dan aman karena berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk berinvestasi emas di sini, mulailah dengan mengunduh program Tokopedia. Kemudian buat akun terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Jika kamu sudah terdaftar, kamu bisa berinvestasi emas dengan modal mulai dari Rp 5.000.

4. WhatsApp

Cara ini bisa kamu gunakan apabila kamu sedang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke butik emas Antam.

Transaksi pembelian emas bisa kamu lakukan melalui WhatsApp, namun kamu tetap harus datang ke butik emas Antam terdekat untuk mengambil emas yang sudah dibeli.

Karena pembelian emas via WhatsApp tidak dilengkapi dengan fasilitas ekspedisi pengiriman. Bagi kamu yang ingin membeli emas melalui aplikasi WhatsApp, berikut caranya:

  1. Pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengunjungi linktr.ee/antamlogammulia
  2. Selanjutnya klik pesan emas Antam melalui WhatsApp butik emas LM
  3. Lalu pilih lokasi butik yang ingin kamu kunjungi
  4. Setelah itu kamu akan langsung terhubung dengan admin pembelian WhatsApp butik emas logam mulia, dan kamu bisa mengirimkan pesan untuk membeli emas
  5. Lalu petugas akan memberikan formulir data diri dan pemesanan yang harus kamu isi
  6. Selanjutnya cek kembali pesanan yang kamu inginkan sebelum mengirrimkan formulis pembelian kepada admin WhatsApp
  7. Jika sudah mengirimkan data diri, kamu akan diminta untuk mengirimkan foto atau scan KTP dan NPWP (bila ada)
  8. Selanjutnya kamu akan dikirimkan nomor virtual account untuk melakukan pembayaran
  9. Lakukan pembayaran melalui transfer bank lalu kirimkan bukti pengiriman ke admin
  10. Kamu juga bisa datang ke butik logam mulia untuk mengambil pesanan emas setelah H+1 di hari dan jam kerja menyesuasikan layanan butik emas. Batas pengambilan maksimal ialah H+7 setelah transaksi berlangsung

Tanya Jawab Investasi Emas Online

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang investasi emas online, sebagai berikut:

1. Apa Saja Cara Investasi Emas Online Yang Tersedia?

Cara investasi emas online yang tersedia antara lain dengan membeli emas fisik secara online, membeli reksadana emas, dan membeli kontrak emas di bursa berjangka.

2. Apakah Investasi Emas Online Aman?

Investasi emas online terbilang aman, jika kamu memilih perusahaan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Kamu juga perlu memastikan dengan melakukan riset dan membandingkan beberapa pilihan perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

3. Bagaimana Cara Memulai Investasi Emas?

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuka rekening di perusahaan atau platform yang menawarkan layanan investasi emas online. Lalu kamu bisa memilih cara investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi kamu.

4. Apakah Terdapat Biaya Tambahan Saat Melakukan Investasi Emas Online?

Ya Ada, terdapat beberapa biaya tambahan yang mungkin akan dikenakan saat kamu melakukan investasi emas online, yaitu:

  1. Biaya Pembelian, biaya ini adalah harga emas yang harus dibayarkan saat membeli emas fisik atau kontrak emas di bursa berjangka.
  2. Biaya Penyimpanan, jika kamu membeli emas fisik secara online, nantinya kamu akan dikenakan biaya penyimpanan untuk menyimpan emas di tempat yang aman.
  3. Biaya Pengelolaan, Reksadana emas mungkin akan mengenakan biaya pengelolaan untuk mengelola dana yang telah kamu investasikan
  4. Biaya Transaksi, Bagi beberapa platform atau perusahaan yang menawarkan layanan investasi emas online mungkin akan mengenakan biaya transaksi untuk setiap transaksi yang kamu lakukan
  5. Pajak, investasi emas online juga mungkin saja terkena pajak, tergantung pada negara yang kamu tinggali. Kamu juga perlu memahami peraturan pajak yang berlaku di negara kamu sebelum melakukan investasi emas online.

Kesimpulan

Investasi emas online ialah sebuah kegiatan transaksi emas dalam bentuk digital, jadi kamu tidak perlu untuk datang ke toko emas untuk membeli fisik emas.

Demikian artikel tentang cara investasi emas online saat harga turun terpercaya, semoga informasi yang kami sediakan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks