Contoh Slip Gaji Karyawan dan Langkah Pembuatannya

rancakmedia.com – Slip Gaji adalah bukti dan informasi formal tentang upah yang diterima dari pemberi kerja kepada karyawan. Sebuah paylip mencakup rincian atau ringkasan pembayaran yang biasanya terkandung dalam paylip pendapatan dan pengurangan perusahaan.

Tapi bagaimana kata-katanya terkadang membingungkan HRD, terutama mereka yang memiliki sedikit keahlian atau jika mereka tidak pernah membuat paylip di tempat kerja mereka.

Karena paylip adalah dokumen penting, mari kita cari tahu apa kelebihan paylips, komponen apa dan bagaimana membuat paylip untuk perusahaan.

Pentingnya slip Gaji karyawan

Tahukah Anda bahwa slip gaji sebenarnya adalah kewajiban perusahaan dan hak seorang karyawan? Menurut Peraturan Negara (PP) 2015 nomor 78 Pasal 17(2) tentang pengupahan, pengusaha wajib membuat tagihan pembayaran (bukti pembayaran upah) termasuk rincian upah yang diterima pada saat upah dibayarkan, dan wajib memberikan majikan dengan tagihan upah.

Pemberian slip gaji memiliki tujuan dan manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawannya. Bagi perusahaan, tujuan pemberian slip gaji kepada karyawan adalah untuk memberikan bukti tertulis, jika sewaktu-waktu diajukan pandangan yang berbeda terhadap hak mereka.

Slip gaji juga dapat digunakan sebagai pedoman alokasi gaji karyawan dan bahan evaluasi peraturan perusahaan di bidang keuangan bagi perusahaan. Selain itu, masalah paylips menunjukkan kepercayaan dari perusahaan publik.

Sementara itu slip gaji juga dapat digunakan sebagai salah satu kriteria pengajuan produk perbankan, selain memberikan informasi lengkap mengenai perhitungan gaji yang diperoleh. Slip gaji karena itu juga membantu ketika karyawan mengubah pekerjaan mereka, karena beberapa perusahaan meminta slip gaji sebelumnya sebagai salah satu kertas tambahan untuk posisi baru.

5 Informasi Penting untuk Dicantumkan dalam Slip Gaji Anda

Tergantung pada komponen yang ingin Anda sertakan, format paylip untuk setiap perusahaan mungkin berbeda. Secara umum, format slip gaji karyawan terdiri dari informasi tertentu, antara lain:

1. Nama perusahaan

Dalam slip gaji, sebutkan dengan jelas nama perusahaan karena memastikan bahwa slip gaji benar-benar dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Nama perusahaan merupakan aspek penting untuk menunjukkan identitas produsen paylip. Siapa pun yang melihat ini akan langsung tahu siapa pembayar karyawan tersebut. Anda juga dapat menggunakan logo perusahaan untuk memperjelas paylip.

2. Sertakan pernyataan ‘Kerahasiaan’

Paylips adalah informasi keuangan seseorang dan dengan demikian paylips adalah komponen privasi. Dengan demikian slip gaji harus berisi pernyataan bahwa dokumen tersebut “rahasia”. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan bahwa data yang disertakan di dalamnya hanya diketahui oleh perusahaan dan karyawannya. Pernyataan tersebut dapat diletakkan di bawah nama perusahaan dengan “pribadi dan rahasia” atau sejenisnya.

3. Tanggal pembayaran dan data karyawan

Slip Gaji harus berisi tanggal pembayaran dan data karyawan sebagai bukti pembayaran. Tanggal pembayaran adalah catatan saat slip gaji telah dikeluarkan. Sementara itu, data pegawai harus dapat diakses dan dicantumkan dengan jelas karena perusahaan memiliki kepastian bahwa setiap pegawai memiliki besaran gaji yang berbeda-beda, sehingga data yang jelas dari pegawai tidak membingungkan slip gaji.

đŸ”„TRENDING:  Jenis-Jenis E-Marketing atau Pemasaran Elektronik

Hal ini mungkin dipengaruhi oleh variabel-variabel seperti waktu kerja, pendidikan dan jabatan. Data dapat berupa nama, pekerjaan, nomor pegawai dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Perhitungan gaji dan pemotongan

Selanjutnya, rincian gaji termasuk pemotongan adalah komponen yang akan dimasukkan dalam paylip. Penghasilan atau upah meliputi upah pokok, tunjangan dan insentif lainnya. Sementara itu, pemotongan dapat berupa pajak penghasilan (PPh), diskon asuransi, utang karyawan perusahaan, dll. Selain itu, ketidakhadiran karyawan juga dapat mempengaruhi besaran gaji dan potongan.

5 Informasi Penting untuk Dicantumkan dalam Slip Gaji Anda

Secara khusus, banyak perusahaan yang menggunakan sistem shift berpotensi mempengaruhi jumlah upah karyawan selama epidemi ini. Lebih baik, jika perusahaan Anda melakukannya, perlu untuk menjelaskan dengan jelas informasi mengenai ketidakhadiran atau partisipasi staf yang mempengaruhi besaran gaji.

5. Rincian lengkap pembayaran

Unsur terakhir yang disyaratkan dalam slip gaji adalah pernyataan pembayaran yang mencakup penghasilan sebelum dan sesudah pemotongan pajak tahun berjalan, pajak bulan berjalan, total upah karyawan, dan nama bank yang melakukan pembayaran.

Apa saja yang termasuk slip gaji?

Setelah kita mengetahui saran produksi di atas, mari kita telusuri cara melakukan pemotongan gaji untuk karyawan. Isi dari sebuah paylip sangat banyak komponennya, seperti yang diutarakan secara singkat, dan mungkin juga sering kita amati. Komponen kuncinya adalah informasi karyawan (informasi upah), detail karyawan dan persetujuan manajer HRD.

Mari kita pertimbangkan rincian komponen ini bersama dengan contoh slip gaji HR NOTE.

Jenis Komponen Slip Gaji

Untuk memastikan bahwa perusahaan bertanggung jawab atas paylips, urutan komponen harus disediakan di paylips, yaitu:

Gaji pokok

Gaji pokok karyawan dapat digambarkan sebagai sejumlah kompensasi atau bayaran yang diberikan oleh pemberi kerja atau perusahaan kepada karyawan pokok atau utama. Gaji pokok dapat ditetapkan atas dasar pekerjaan atau karir tertentu di sebuah perusahaan. Jadi kita bisa melihat kualitas dan kompetensi pegawai dari gaji pokok ini.

Uang saku

Tunjangan adalah pembayaran atau upah yang diberikan oleh perusahaan untuk melengkapi gaji pokok yang mempunyai tujuan sosial atau motivasional. Misalnya seperti tunjangan jabatan atau jenjang karir, tunjangan perjalanan, tunjangan makan, dll. Secara umum tunjangan dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan variabel.

Potongan potongan adalah uang yang biasanya dipotong dari upah karyawan karena sejumlah alasan. Misalnya, pemotongan pajak penghasilan, diskon medis, diskon pinjaman, dll. Khususnya yang berkaitan dengan pemotongan pajak, perusahaan memiliki tanggung jawab, sesuai dengan undang-undang yang relevan, untuk menerapkan (dan melaksanakan) pembayaran pajak karyawan.

Semua karyawan biasanya dikenakan pengurangan pajak yang sebanding. Untuk mencegah terjadinya ketidakpahaman, perusahaan harus memberikan informasi perpajakan.

Lembur

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 102/MEN/VI/2004, lembur di atas 7 jam sehari dan 40 jam seminggu. Perusahaan dengan demikian diharuskan membayar upah lembur jika karyawan bekerja lebih lama dari jam kerja.

đŸ”„TRENDING:  Memulai Bisnis Saat Pandemi Bukan Hal Yang Mustahil

Untuk menawarkan perkiraan yang jelas kepada karyawan, kompensasi lembur nominal harus dimasukkan dalam daftar gaji.

Bonus tahunan

Komisi atau bonus biasanya termasuk dalam kategori pendapatan variabel yang biasanya dipengaruhi oleh prestasi kerja atau faktor lainnya. Karyawan dapat memperoleh bonus berupa uang atau produk. Jika perusahaan memiliki tujuan tertentu, karyawan biasanya dibayar bonus ketika mereka mencapai tujuan itu.

Contoh slip gaji karyawan dengan kondisi shifting karena pandemi

Potongan contoh slip gaji di bawah adalah dengan kondisi pemotongan upah yang cukup signifikan akibat pengadaan jadwal shift untuk karyawan yang bersangkutan.

Slip gaji otomatis melalui HRIS

Mungkin tidak sulit bagi pelanggan HRIS untuk membuat paylip. Ini karena penemuan banyak HRIS, yang mencakup formulir e-paylip. Karyawan dapat mengakses daftar gaji mereka melalui aplikasi yang terhubung dengan kantor HRIS. HRD tentu tidak perlu membangunnya kembali karena fungsi e-payslip biasanya mengambil data berdasarkan data penggajian yang sudah tersimpan di aplikasi yang sama.

Namun, terlepas dari kenyataan bahwa beberapa bisnis belum mengadopsi HRIS, dalam administrasi HRD slip gaji tulisan tangan tetap diperlukan.

Kesimpulan

Slip adalah bukti dan informasi formal tentang upah yang diterima dari pemberi kerja kepada karyawan. Sebuah paylip mencakup rincian atau ringkasan pembayaran yang biasanya terkandung dalam paylip pendapatan dan pengurangan perusahaan.

Bagaimana kata-katanya terkadang membingungkan HRD, terutama mereka yang memiliki sedikit keahlian. Isi dari sebuah paylip sangat banyak komponennya, seperti yang diutarakan secara singkat, dan mungkin juga sering kita amati. Komponen kuncinya adalah informasi karyawan (informasi upah), detail karyawan dan persetujuan manajer HRD.

Paylips harus berisi tanggal pembayaran dan data karyawan sebagai bukti pembayaran. Gaji pokok karyawan dapat digambarkan sebagai sejumlah kompensasi atau bayaran yang diberikan oleh pemberi kerja atau perusahaan kepada karyawan pokok atau utama.

Tunjangan dibedakan menjadi dua macam, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan variabel. Untuk mencegah terjadinya ketidakpahaman, perusahaan harus memberikan informasi perpajakan.

Back to top button