Memahami Money Management Dalam Investasi dan Trading Saham

rancakmedia.com – Sejak awal tahun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih turun 21,68 persen. Ini adalah kesempatan untuk berburu saham-saham yang didanai dengan baik yang harganya turun.

Manfaatkan kesempatan ini untuk berinvestasi saham. Tapi jangan lupa untuk Memahami Money Management.

Sejak awal tahun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah turun 21,68 persen. Ini adalah kesempatan untuk berburu saham dengan basis kuat yang harganya turun.

Jika Anda tidak tahu bagaimana mengelola uang dalam investasi saham, cobalah Money Management dalam gaya EMTrade. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam Money Management.

Pertama, pisahkan dari portfolio trading portfolio investasi Anda. Investasi dan modal perdagangan tentunya juga harus diatur secara terpisah.

Kedua, bagikan 80 persen sebagian uang investasi. 2020 adalah tahun investasi! Manfaatkan kesempatan unik ini. Alokasikan 20% dari uang perdagangan.

Ketiga, membeli maksimal 5 saham untuk investasi. Anda tidak perlu membeli banyak stok. Lakukan rencana pembayaran untuk pembelian. Bagilah dalam beberapa pembelian modal Anda.

Keempat, jangan terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan yang cepat dan jangan memaksa saat berdagang. Ingat, ada kecenderungan negatif dalam situasi pasar.

Mulai dari yang kecil untuk pemula. Beli saja maksimal 10 saham. Jangan gila untuk membeli semua saham.

Selanjutnya, jangan lupakan konsep kerugian jangka pendek dan biarkan keuntungan terus berlanjut. Batasi bahaya sesegera mungkin dan pertahankan stok yang naik dengan kuat.

🔥TRENDING:  Fungsi Corporate Secretary Untuk Bisnis Anda

Perhatikan ilustrasi berikut agar lebih jelas. Misalkan Anda memiliki modal awal Rp 100 juta. Bagi investasi dan modal perdagangan.

Dengan demikian Anda akan memiliki modal investasi sebesar Rp 80 juta (80 persen dari total modal). Hanya lima saham yang diinvestasikan. Ini berarti Anda memiliki modal Rp 16 juta per lembar.

Asumsikan tahun ini, antara bulan September dan Desember, Anda akan melakukan 4 kali angsuran tambahan. Artinya, Anda dapat membeli saham dengan harga Rp. Angsuran 4 juta setiap bulan.

Anda tentu saja harus memilih saham dengan fundamental investasi yang sangat baik. EMtrade menawarkan 12 saham referensi investasi: BBCA, BBRI, BBNI, BMRI, ICBP, INDF, HMSP, GGRM, UNVR, KLBF, TLKM, ASII.

Kami memilih lima saham investasi, BBCA, BBRI, ICBP, HMSP dan ASII, misalnya. Simak ilustrasi investasi saham yang dibeli secara mencicil berikut ini!

lima saham investasi

Dari ilustrasi tersebut, jumlah lot untuk pembelian cicilan bervariasi setiap bulannya, karena harga saham juga berubah. Nilai beli setiap saham kurang dari Rp 4 juta.

Melanjutkan skenario di atas, Anda akan memiliki modal trading Rp 20 juta. Dimungkinkan untuk berdagang di 10 saham. Dengan demikian Anda dapat membeli rata-rata maksimum Rp 2 juta per saham.

Untuk mengendalikan risiko saat berdagang, Anda harus berhenti merugi. Misalnya, Anda membatasi kerugian maksimal sepuluh persen hingga maksimal dua juta rupiah saham, yang berarti kerugian maksimal Rp 200.000.

🔥TRENDING:  Cara Meningkatkan Profit Trading Forex Gratis $100

Jika tingkat penghentian istirahat, kerugian harus dikurangi. Anda juga dapat mencoba untuk menjaga kerugian modal Anda di bawah 10%. Pada basis persentase, kerugian per saham kurang dari 1 persen relatif terhadap total modal.

Misalnya, jika Anda siap mengambil risiko 10% dari total modal dari awal, itu berarti Anda siap kehilangan Rp 2 juta. Hitung-hitung, ini biaya belajar trading.

Rp 2 juta adalah batas maksimum kerugian portofolio. Jika Anda kehilangan Rp 200.000 dalam setiap perdagangan, maka Anda memiliki 10 kali kesempatan untuk meminimalkan risiko.

Cut loss adalah sesuatu yang harus Anda hadapi. Jadikan ini sebagai waktu belajar agar kemampuan berpikir, trading, dan investasi Anda semakin meningkat.

Kesimpulan Mengenai Money Management:

Sejak awal tahun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah turun 21,68 persen. Ini adalah kesempatan untuk berburu saham-saham yang didanai dengan baik yang harganya turun. Jika Anda tidak tahu bagaimana mengelola uang dalam investasi saham, cobalah pengelolaan uang dalam gaya EMTrade.

Bayangkan Anda memiliki modal trading Rp 20 juta. Dimungkinkan untuk memperdagangkan 10 saham dengan rata-rata Rp 2 juta per saham.

Untuk mengendalikan risiko saat berdagang, Anda harus berhenti merugi. Jika Anda kehilangan Rp 200.000 dalam setiap perdagangan, maka Anda memiliki 10 kali kesempatan untuk meminimalkan risiko.

Back to top button