Cara Daftar Bansos Online Juni 2021

Cara Daftar Bansos Online Juni 2021. Untuk mendaftar bansos online tahun 2021, anda harus menjadi peserta KPM DTKS Kemensos.
Di sini anda akan mendapatkan semua informasi mengenai registrasi bantuan sosial online di tahun 2021. Kementerian Sosial (Kemensos) akan salurkan tiga jenis Bantuan Sosial (Bansos) di tahun 2021.

Cara Daftar Bansos Online 2021

Tiga jenis Bantuan Sosial adalah Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan NonTunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Ke-3 jenis bansos yang diberi oleh Kemensos itu mempunyai tingkat dukungan dan mekanisme pendistribusian yang lain.

Untuk BST, bantuan yang diberi sejumlah Rp 1,2 juta per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan itu diteruskan dalam 4 tingkat pendistribusian, mulai Januari sampai April 2021, dengan tingkat Rp 300.000.

Untuk BPNT support yang diberi sejumlah Rp 2,4 juta per KPM. Bantuan itu akan diteruskan setiap bulan mulai Januari sampai Desember 2021 secara bertahap dengan sebesarĀ  Rp 200.000 per tahapan. Tunjangan bansos PKH 2021 diteruskan dalam 4 jenjang pencairan.

Tahap 1 akan diberikan pada Januari 2021, Tahap 2 pada bulan April 2021, Tahap 3 pada bulan Juli 2021, dan Tahap 4 pada 2021. Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial harus lebih dulu mendaftarkan sebagai KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

šŸ”„TRENDING:  Kelemahan Trading Crypto yang Perlu Diketahui Trader Pemula

Cek Daftar Penerimaan Bansos Juni 2021

Syarat dan Tata Cara Registrasi Peserta KPM DTKS Kementerian Sosial :

  1. Warga miskin/rentan miskin.
  2. Bukan anggota Aparat Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.
  3. Untuk BST, pastikan anda masyarakat terdampak corona atau kehilangan mata pencarian karena penghentian hubungan kerja (PHK).

Tata Cara Registrasi Peserta KPM DTKS Kemensos :

  1. Tidak ada registrasi online. Untuk peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), mendaftarkan ke aparat pemerintah di tempat seperti RT/RW atau Kantor Kelurahan/Desa.
  2. Sesudah mendaftarkan di RT/RW atau Kantor Kelurahan/Desa, anda akan terima surat pernyataan dengan teknis registrasi di lokasi yang sudah ditetapkan.
  3. Selanjutnya tambah data seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK) dan kode Unik Keluarga pada data terpadu.
  4. Data yang telah diisi seterusnya akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kelurahan dan walikota/kantor kabupaten.
  5. Khusus untuk BPNT, nantinya akan dibuatkan rekening bank dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  6. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) juga berguna untuk mendaftarkan di KIP Kuliah.
šŸ”„TRENDING:  Insentif Mitra Shopee Sangat Kompetitif

Pengecekan kepesertaan KPM DTKS bisa disaksikan di situs https://dtks.kemensos.go.id/ atau melalui aplikasi SIKS Dataku.

Cara Cek Daftar Penerimaan Bansos Juni 2021

Bantuan sosial Tunai (BST) Juni 2021 merupakan perpanjangan dari penyaluran bansos BST Kemensos bulan Januari-April yang sempat berhenti disalurkan pada awal mei 2021.

Cara Cek Online Daftar Yang Menerima BST Bansos :

  1. Kunjungi link checkbansos.kemensos.go.id
  2. Tentukan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai KTP
  3. Masukan nama lengkap sesuai seperti yang tercantum di KTP
  4. Masukan 4 huruf kode yang tercantum pada kolom kode
  5. Bila kode tidak jelas, klik kolom kode untuk kode terkini
  6. klik tombol mencari Kunjungi halaman Cekbansos.kemensos.go.id
  7. Tentukan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai sesuai KTP

Syarat Penerimaan Bansos BST Kemensos :

Calon yang menerima adalah beberapa orang yang turut serta dalam pencatatan RT/RW dan yang ada di desa.

Calon Yang Menerima Adalah Mereka Yang Kehilangan Pekerjaan :

  1. Calon yang menerima tidak terdaftar sebagai yang menerima kesejahteraan pemerintah pusat yang lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan NonTunai (BPNT), hingga Kartu Prakerja.
  2. Apabila calon yang menerima tidak terima bansos dari program lain, tapi belum didaftarkan oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
  3. Jika calon yang menerima memenuhi syarat tapi tidak mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetapi bisa mendapatkan bansos tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu. Penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  4. Bila yang menerima telah terdaftar dan data benar, BST Kemensos akan diberikan Rp. 300 ribu tunai melalui pos.
šŸ”„TRENDING:  Pasar Regional Sepatu UMKM Akan Menguasai

KPM yang terdaftar di Cekbansos.kemensos.go.id akan mendapatkan undangan dari ketua RT atau desa untuk manfaatkan layanan kesejahteraan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial.

 

Back to top button