Kebutuhan Bisnis Muslim di Indonesia

Lovata Andrean

Kebutuhan Bisnis Muslim Di Indonesia
Kebutuhan Bisnis Muslim Di Indonesia

Rancakmedia.com – Indonesia sebagai negara dalam jumlah umat Islam paling besar di dunia. Menurut Populasi Dunia Ulasan 2021, populasi Muslim Indonesia capai 229 juta atau seputar 87,2 % dari keseluruhan populasi.

Data itu memperlihatkan jika 13 % dari 1,9 miliar warga Muslim dunia tinggal di Indonesia. Jumlah warga muslim yang tinggi jadikan kekuatan bisnis halal di Indonesia semakin besar.

Kekuatan ini tercantum pada the State of Global Islamic Economy Report (SGIE Report) 2020/2021. Laporan yang diterima Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada November 2020 mengatakan tanda global Islam Indonesia tempati posisi ke-4, satu rangking semakin tinggi daripada 2019.

Penilaian itu didasari pada penilaian bidang keuangan, pangan, pariwisata, fashion, Media, wisata, farmasi dan kosmetik. rancakmedia.com memberikan laporan (26 November 2020) jika Ma’ruf menjelaskan hasil itu sebagai pernyataan atas peraturan Indonesia untuk tumbuhkan ekosistem Islam atau ekonomi Syariah di negara itu.

Disamping itu, semenjak tahun 2020, rangking Indonesia alami kenaikan yang berarti sepanjang 2 tahun paling akhir. Di tahun 2018, Indonesia masih tempati posisi ke-10. Satu tahun selanjutnya, Indonesia naik lima rangking atau ada di posisi ke-5.

Bisnis halal atau kebutuhan bisnis muslim seolah tidak takut. khususnya pada produk fashion. Indonesia harus jadi kiblat baju muslim dunia di tahun 2020 oleh Indonesia Fashion Consortium (IIFC) atau yang disebut Konsorsium Baju Islam Indonesia .

Disamping itu, berdasarkan data laporan SGIE masih diketemukan jika baju muslim atau humble fashion sebagai salah satunya keunggulan Indonesia dengan point indikator sejumlah 34,26 %.

Angka ini jauh di atas rata-rata global yang cuman mempunyai point indikator sejumlah 17,55 %. Karena modal ini, bisnis baju muslim dapat bertahan di Indonesia. Ini kelihatan dari data transaksi bisnis produk halal, terhitung produk fesyen yang tetap berkembang di e-commerce, misalnya di basis Lazada.

Jacopo Mor, executive vice president Lazada Indonesia Fashion and FMCG Category Director, menjelaskan jumlah konsumen produk Muslim di Lazada bertambah sampai lebih dari 100 % pada 2020. Data pemasaran memperlihatkan jika peraturan pembatasan sosial pemerintahan tidak menghalangi bisnis produk Muslim.

Warga masih bisa penuhi kebutuhan produk halal dan piranti muslim yang lain lewat pendayagunaan tehnologi digital. Lazada mengetahui kekuatan ini dan mengawali aliran khusus untuk produk Muslim bernama Lazada Amanah.

Kebutuhan Bisnis Muslim Di Indonesia

Pemasaran Vice President Lazada Indonesia Sawitri Hertoto menjelaskan Lazada Amanah tawarkan koleksi terkomplet dari semua produk muslim pada sebuah aliran, khususnya saat sebelum Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami pahami kesusahan umat Islam dalam mendapati produk berkualitas pada harga terbaik. Diinginkan Lazada Amanah bisa menolong umat Islam mendapati semua keperluannya lebih gampang dan nyaman,” kata Sawitri

Kebutuhan muslim ialah fashion, kesehatan, minuman dan makanan, riasan, buku dan sumber info, dan pembayaran kewajiban zakat dan infaq. Lazada Amanah sediakan peranan ujian sertifikasi halal untuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diintegrasikan ke web MUI untuk beberapa produk yang ada di kanalnya.

Kedatangan Lazada Amanah disambut baik dan mendapat dukungan penuh oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. “Saya memberikan dukungan semua usaha untuk mengakselerasi perkembangan ekonomi halal di Indonesia.

Disamping itu, program ini buka kesempatan untuk beberapa pebisnis Indonesia terhitung usaha micro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan bisnis produk halal di dalam negeri. dan pasar internasional, “kata Yaqut yang sudah mengirim upload Instagram ke @lazada_id.

Yaqut mengharap Lazada Amanah dapat percepat diwujudkannya usaha pembangunan ekonomi syariah Indonesia yang diputuskan jadi pusat ekonomi dan keuangan global syariah dunia di tahun 2024.

Tidak itu saja, lewat Lazada Amanah sektor ekonomi untuk Produk muslim diprediksikan memberi kontributor yang berarti untuk penghasilan negara.

Kesimpulan

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan semoga informasi di atas bermanfaat, jangan lupa untuk mengunjungi website kami disini ya, terimakasih.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks