Rupiah Berhasil Ditutup Dolar AS Menguat

Lovata Andrean

Kapitalisasi Aset Crypto Tembus Rp 28.000 Triliun Dipegang Oleh Bitcoin 1
Kapitalisasi Aset Crypto Tembus Rp 28.000 Triliun Dipegang Oleh Bitcoin 1

Rancakmedia.com – Nilai ganti rupiah pada dolar AS ditutup menguat kembali ke hari Selasa (4 Juni 2021) di tengah-tengah reli mata uang greenback, simak info rupiah berhasil ditutup dalam ulasan artikel berikut ini.

Berdasar data Bloomberg, nilai ganti rupiah di pasar spot ditutup 10 point atau 0,07% ke tingkat Rp 14.505 per dolar AS. Saat itu, index dolar AS terlihat menguat 0,019 point atau 0,02 % jadi 92,614.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam laporannya menjelaskan pengokohan nilai ganti rupiah terjadi di tengah-tengah peningkatan dolar AS. Ini mengikut signal kuat dari perkembangan ekonomi AS dan proses vaksinasi yang berjalan.

Investor konsentrasi pada gagasan stimulan infrastruktur yang diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden, yang meliputi kenaikan pajak perusahaan untuk bayar ongkos baru.

Joe Biden akan siap untuk menggerakkan gagasan infrastruktur sebesar $ 2 triliun tanpa suport dari anggota parlemen Republik bila ia tidak bisa capai persetujuan bipartisan.

Di Eropa, Jerman umumkan sasaran vaksinasi 20 % dari komunitasnya di awal Mei, yang bermakna jika negara paling besar di Uni Eropa itu ketinggalan jauh dari Amerika Serikat dalam soal prosentase.

Disamping itu, Uni Eropa masih juga dalam krisis karena lockdown berkaitan gelombang ke-3 virus Covid-19. Saat itu, Inggris pada Senin umumkan gagasan untuk kembali membuka beberapa ruang umum seperti penata rambut, gym, dan pub minggu kedepan.

Inggris membuat revisi perkembangan PDB kuartal ke-4 2020 dari 1,0 % jadi 1,3 % triwulanan akhir minggu kemarin. Pertanda rekondisi perekonomian Indonesia sekarang ada dalam negeri.

Indonesia sudah mengawali vaksinasi bertepatan dengan Perpanjangan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Di lain sisi, orang kembali bekerja, pembayaran kesejahteraan sosial berhenti, dan konsumsi khalayak bertambah.

Ini pertanda babak pemulihan telah diawali. Untuk perdagangan esok, Ibrahim meramalkan rupiah akan berfluktuasi tetapi akan ditutup menguat di jarak Rp14.480 sampai Rp14.520 per dolar AS.

Tetapi, penutupan rupiah menguat dibandingkan gerakan sore barusan yang sempat pernah capai Rp 14.303 per USD. Meski sempat pernah sedikit menurun, rupiah sanggup menguat sampai ditutup pada tingkat Rp. 14.267 per USD.

“Indeks dolar menguat hari ini, menggambarkan membaiknya ekonomi AS,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, diambil Di antara, Kamis (4/3).

Index dolar naik ke tingkat 91,2 sesudah imbal hasil obligasi AS naik kembali dan menggerakkan saluran modal masuk di AS. Yield obligasi AS bertenor 10 tahun naik jadi 1,47 % sesudah menurun jadi 1,41 %. Minggu kemarin, imbal hasil obligasi AS naik jadi 1,6 %.

Saat itu, Gubernur Federasi Reserve (Fed) Jerome Powell akan memberi pidato virtual di Wall Street Journal Jobs Summit. Investor akan waspada pertanda kecemasan atas tindakan jual obligasi AS belakangan ini dan pengubahan penilaian ekonomi mereka mendekati tatap muka Fed selanjutnya.

Kesimpulan

Demikian informasinya, semoga artikel di atas bermanfaat, jika kamu sedang mencari informasi terbaru lainnya silahkan kunjungi situs website kami ini, sekian dan terimakasih.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks