Advertisement

Pertamina UMKM Sepatu Mencapai Rp 200 Juta

Pertamina UMKM sepatu mencapai Rp 200 juta per bulan. Pertamina terus memberi suport ke UMKM yang mendukung sebagai sisi dari program kerja sama, walau berbentuk virtual karena wabah COVID-19.

Pertamina UMKM sepatu, Beberapa salah satunya lewat training online, pameran virtual, dan program untuk menolong mereka naik kelas, seperti Pertamina UMKM Akademi.  Aktivitas trek tercepat di akhir tahun 2020.

Kesempatan pengiringan yang lain ini digunakan secara baik oleh salah satunya UMKM Pertamina, Irma Sofia. Pemilik industri sepatu dan sandal dalam negeri masih baru di Pertamina. Tetapi, tidak lama sesudah jadi tutor waktu itu, bermacam faedah langsung didapatkannya.

“Bulan September yang turut bulan Mei 2020 telah disaring dan dikasih peluang untuk mengikut virtual pameran Pertamina SMEXPO. Saya benar-benar suka, dapat berpeluang berjumpa pembeli asing juga.

Baru ini, November lalu ada Peluang kembali untuk gabung. “Sekolah tinggi UMKM Pertamina,” katanya dalam info tercatat, Selasa (23 Maret 2021).

Dia mengutarakan, penemuannya makin terbuka pada acara Sekolah tinggi UMKM. Apa lagi berkaitan dengan export produk karena terhitung dalam kelas Go Global.

Sofia akui siap mengekspor produknya, ditambah sesudah abonemen beberapa produknya di beberapa hotel berbintang di Bogor. Disamping itu, produknya ditawarkan nyaris di semua daerah nusantara.

Baca Juga:  Ternyata ini, Perbedaan SPBU Merah dan Biru

Keputusan menjalankan bisnis tiba sesudah Sofia putuskan berhenti dari pekerjaan awalnya dalam suatu bank di tahun 2015. Dengan kontribusi 8 pegawai yang bertetangga di seputar tempat tinggalnya di Dusun Pasir Eurih, Pupusgalih, Kabupaten Bogor, dia membuat upayanya ke ukuran saat ini.

“Pengubahan sesudah jadi panduan Pertamina dahulu tidak besar. Saya dapat menambahkan banyak stok produk kemudian,” katanya.

Sekarang Sofia banyak mulai lakukan pengembangan produk. Kecuali sepatu dan sendal, dia membuat bermacam tipe tas wanita yang makin terkenal. Dia memasang iklan produknya lewat pemakaian sosial media @kndbagfashion dan bermacam tempat pasar. Selama ini, Sofia sudah mengantongi pendapatan sampai Rp 200 juta perbulan.

“Saat sebelum menjadi pimpinan Pertamina masih seputar Rp150 juta satu bulan, jadi perkembangannya banyak,” ujarnya.

Baca Juga:  Ternyata ini, Perbedaan SPBU Merah dan Biru

Agus Suprijanto, Senior wakil presiden komunikasi korporat dan hubungan investor Pertamina, menambah Pertamina akan memberikan dukungan peningkatan produk dalam negeri. UMKM ini ditingkatkan selanjutnya dengan program pembimbingan Go Digital, Go Kekinian, Go Online, dan Go Global.

“Kami percaya diri beberapa pengiring sanggup meningkatkan, tingkatkan dan mengimplementasikan ESG di bagian sosial dan SGGs butir 8 dengan menolong sekitar lingkungan dan memberikan dukungan perkembangan ekonomi,” ujarnya.

Disamping itu, Eko Kristiawan, Head of Pemasaran Regional Relations dan CSR Pertamina Jawa Barat, menambah Pertamina terus akan memberikan dukungan peningkatan produk budaya di daerah Jawa barat, misalkan dalam industri sepatu dan sandal dalam negeri Irma Sofia.

Jadi binaan Pertamina UMKM sepatu mencapai Rp 200 juta per bulan. “Program kerja sama Pertamina mempunyai tujuan untuk gerakkan ekonomi warga dengan menggerakkan aktor usaha kecil dan micro untuk berkembang dan berdikari,” katanya.

Syarat untuk tergabung dengan Pertamina sebagai care mitra bisa disaksikan di www.rancakmedia.com

Back to top button