Advertisement

Dampak Positif Dan Negatif Persaingan Bisnis

Rancakmedia.com – Didalam dunia bisnis pasti selalu ada persaingan antara para pebisnis, untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang dampak positif dan negatifnya.

Ketika orang memahami manfaat persaingan dalam bisnis, mereka tidak akan lagi memiliki pandangan negatif tentang risiko bisnis.

Mengingat banyak individu yang menganggap bahwa persaingan bisnis dalam bentuk apapun harus dikaitkan dengan hal-hal yang buruk dan melelahkan jika dihadapkan dengan hal tersebut,

Namun, kenyataannya tidak demikian. Persaingan bisnis memiliki banyak fitur positif yang dapat dipelajari dan memberikan banyak manfaat baik bagi pemilik bisnis maupun bisnis yang dikelolanya. Hal ini terutama berlaku untuk usaha kecil.

Pentingnya Persaingan Bisnis

Ini adalah fakta yang terkenal di dunia bisnis bahwa kemajuan sulit didapat tanpa persaingan. Dari sini juga dapat dikatakan bahwa persaingan dalam bisnis dapat membawa banyak perubahan positif jika ditangani dengan benar.

Para profesional bisnis yang menghadapi persaingan yang tidak sehat atau menipu dapat mengadopsi pola pikir yang tidak canggih, karena kriteria ini tidak sepenuhnya mengecualikan potensi mentalitas semacam itu. Melakukan hal itu, tentu saja, tidak akan menghasilkan perbaikan yang positif.

Cut throat competition

Untuk itu, sebagai pebisnis yang berwawasan luas yang ingin bisnisnya berjalan lancar, kamu perlu menghadapi persaingan dengan bijaksana. Salah satu strateginya adalah terus mencurahkan upaya maksimal untuk mengembangkan bisnis mereka. Karena manfaat persaingan dalam bisnis, hal itu berdampak signifikan pada seberapa baik bisnis berjalan.

Pengertian Persaingan Bisnis

Persaingan usaha adalah persaingan yang melibatkan pelaku usaha atau penjual dimana kedua belah pihak memiliki tujuan yang sama untuk menghasilkan keuntungan.

Keuntungan dapat diperoleh dengan mudah ketika seorang pengusaha berhasil mengembangkan produk yang sukses yang mendominasi pasar, memiliki pangsa pasar yang signifikan, dan laku di pasar.

Persaingan usaha akan timbul antara organisasi atau badan usaha yang memasok barang atau jasa yang sebanding. Persaingan terjadi karena mereka memiliki target konsumen yang sama.

Ketika persaingan bisnis banyak, berarti pasar tempat produk dijual dalam kondisi baik dan dapat menghasilkan uang bagi perusahaan.

Teori Tentang Persaingan Bisnis

Kamus manajemen membagi persaingan bisnis menjadi dua hipotesis, yaitu:

Dampak Persaingan Bisnis sehat atau healthy competition

adalah persaingan yang terjadi antar korporasi atau pelaku bisnis yang berlangsung tanpa adanya perilaku yang melanggar hukum. Persaingan yang sehat memastikan bahwa kita menghargai etika bisnis ketika para pebisnis bersaing.

Cut throat competition

Ini adalah kompetisi yang tidak adil atau menipu di antara bisnis. Persaingan ini menunjukkan maraknya kegiatan “perebutan pasar” yang boleh menggunakan segala cara untuk mengalahkan pesaing.

Idenya adalah bahwa hal-hal yang mereka tawarkan dapat mendominasi pasar dan memberi mereka keuntungan penuh. Sementara itu, pakar lain seperti Ken Smith, Walter Ferrier, dan Hermann Ndofot membuat Teori Dinamika Kompetitif.

Teori ini menjelaskan bagaimana interaksi dan dampak dari tindakan yang dilakukan oleh perusahaan, serta bagaimana reaksi yang ditunjukkan oleh perusahaan pesaing dalam ranah industri. Upaya yang dilakukan dimaksudkan untuk mempertahankan posisinya di mata konsumen, atau memperbaikinya.

Contoh tindakan yang dilakukan antara lain menyesuaikan harga jual, meluncurkan upaya pemasaran khusus, memperkenalkan barang baru, atau bahkan menarik diri dari pasar.

Manfaat Persaingan Bisnis

Meskipun persaingan usaha menimbulkan hambatan besar bagi kelangsungan usaha, di sisi lain persaingan usaha juga memberikan keuntungan bagi pertumbuhan usaha itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang diperoleh dari memiliki tingkat persaingan yang sehat di pasar:

Mendorong Untuk Berfikir Inovatif

Ketika para pelaku bisnis menghadapi persaingan, secara tidak langsung akan membuat para pelaku bisnis dapat berpikir lebih inventif, sehingga banyak inovasi-inovasi baru yang lahir.

Ketika dihadapkan pada isu-isu yang berkaitan dengan persaingan bisnis, para pelaku bisnis akan termotivasi untuk memunculkan ide-ide baru dan inovatif dalam bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Mendorong Untuk Berfikir Inovatif

Mendorong Untuk Meningkatkan Pelayanan

Mungkin ada persaingan dalam bisnis karena ada banyak orang yang menjalankan bisnis di industri yang sama. Misalnya, banyak orang yang ingin mencoba menjalankan bisnis di bidang industri makanan. Persaingan dalam bisnis memberikan peluang bagi perusahaan untuk memberikan manfaat dan pelayanan yang lebih baik.

Baca Juga:  Begini Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis untuk Pemula

Baik itu meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal bersikap sopan dan membantu konsumen, atau dengan meningkatkan pelayanan berupa menjaga kualitas, atau bahkan meningkatkan kualitas barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu para pelaku bisnis juga dapat meningkatkan pelayanan dengan menambah fitur atau fasilitas baru yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya.

Memberikan Motivasi Tinggi

Keuntungan lain dari persaingan dalam bisnis yang memiliki pengaruh terhadap bisnis adalah mampu memberikan insentif yang kuat untuk ass pihak terkait, baik pelaku bisnis.

Tekanan persaingan adalah cara bagi pengusaha untuk tetap berada di puncak bisnis mereka dengan menggunakan berbagai taktik bisnis yang efektif. Sehingga para pelaku bisnis yang memiliki dorongan untuk bertahan dan membangun bisnisnya akan lebih mudah menemukan solusi untuk menghadapi persaingan bisnis.

Seperti mencari dan mengembangkan sisi positif atau manfaat yang unik dan berbeda dari barang atau jasa lainnya. Ini adalah alasan berbeda mengapa pelanggan mungkin memutuskan untuk pergi dan mencari sesuatu yang lain.

Juga, operasi bisnis akan mendapat manfaat dari lebih banyak motivasi, yang akan mengarah pada kinerja yang lebih baik. Untuk mendorong bisnis yang berulang dari pelanggan saat ini.

Mendapatkan konsumen yang loyal

Dengan mengalami persaingan bisnis, para pelaku bisnis akan terdorong untuk meningkatkan kualitas barang atau jasa yang diberikan dan kualitas pelayanan kepada konsumen. Bisnis juga dapat belajar lebih banyak tentang keinginan dan persyaratan pelanggan target mereka dengan melakukan riset bisnis.

Mendapatkan konsumen yang loyal

Pelanggan akan lebih cenderung bertahan dengan bisnis jika mereka dihargai atas kesetiaan mereka. Akibatnya, pelanggan akan lebih loyal, dan saingan akan lebih sulit bersaing.

Memberikan pembelajaran dan pengalaman

Manfaat lain dari persaingan dalam bisnis yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menimba ilmu dan pengalaman. Semakin banyak pebisnis belajar dari kesuksesan pesaing, semakin banyak pebisnis ingin belajar dari kesuksesan mereka sendiri.

Akibatnya, tindakan di masa depan akan lebih tepat sebagai hasil dari pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh di sini. Mengingat bahwa kegagalan tidak selalu mengarah pada kegagalan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Akan selalu ada pasang surut, terutama dalam bisnis. Untuk itu, walaupun mengalami kendala atau kesulitan, hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran dan pengalaman, seperti manfaat persaingan dalam bisnis ini.

Dampak Positif Persaingan Bisnis

Persaingan atau kompetisi dalam bisnis tidak selalu bisa diartikan negatif. Kondisi yang menekan pebisnis di tengah kerasnya persaingan pasar yang membuat mereka mau tidak mau mengembangkan produk dan membuat perubahan terhadap produk yang dijual.

Di antara beberapa dampak positif persaingan dalam bisnis adalah sebagai berikut.

  1. Mendorong pebisnis meningkatkan kualitas produk
  2. Memprioritaskan kepuasan pelanggan
  3. Mengembangkan kreativitas sumber daya manusia (SDM)
  4. Membantu menanggulangi kemiskinan
  5. Menyerap tenaga kerja

Tiga item pertama dalam daftar ini adalah jenis tindakan yang secara alami akan diambil oleh bisnis untuk meningkatkan daya jual barang-barang mereka. Poin keempat dan kelima adalah pengaruh suksesnya bisnis yang berhasil laku di pasaran karena memenangkan persaingan dari para pesaing.

Ketika bisnis berjalan lebih baik, mereka dapat mempekerjakan lebih banyak orang, yang membantu memerangi kemiskinan di seluruh dunia.

Dampak Negatif Persaingan Bisnis

Akibat buruk persaingan usaha adalah memungkinkan terjadinya hal-hal sebagai berikut:

  1. Bisnis baru sulit dibangun karena persaingan terlalu kuat
  2. Perang harga sehingga sulit bagi pebisnis memperoleh keuntungan yang telah diperhitungkan sedari awal
  3. Terjadi pelanggaran etika karena persaingan bertransformasi menjadi kegiatan tidak sehat
  4. Terjadi monopoli bisnis

Contoh Persaingan Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh persaingan bisnis global yang terkenal:

Coke vs Pepsi

Coca-Cola dan Pepsi cukup mudah didapatkan di toko-toko, terutama di negara asalnya, Amerika Serikat. Pada 1980-an, Coke dan Pepsi mulai bersaing memperebutkan pangsa pasar. Kedua perusahaan sangat ingin mengeluarkan produk baru dan melakukan perbaikan yang berbeda.

Baca Juga:  Begini Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis untuk Pemula

Kompetisi asli untuk inovasi rasa dimenangkan oleh Pepsi, di mana produknya diterima secara efektif di pasar, sedangkan Coke diejek oleh konsumen karena rasa yang mereka kembangkan dianggap gagal.

McDonald’s vs Burger King

Sejak pertama kali muncul pada pertengahan abad ke-20, kedua rantai makanan dan minuman ini telah bersaing dalam bisnis. Kompetisi dimulai dengan menu burger dan mencapai puncaknya pada 1990-an.

Microsoft vs Apple

Bill Gates memulai bisnisnya dengan membuat sistem operasi Windows sementara Steve Jobs masih tersandung membuat sistem operasi iOS. Faktanya, Steve Jobs dan Apple berada di ambang kebangkrutan sampai Bill Gates masuk dengan infus keuangan untuk membantu mereka bertahan hidup. Dalam 15 tahun sebelumnya, Steve Jobs berhasil membangun bisnis Apple jauh lebih baik daripada Windows yang didirikan

Cara Mengatasi Persaingan Bisnis

Ada lima metode yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi persaingan yang ketat untuk mendapatkan keunggulan dan menjadi pemimpin pasar, termasuk:

Cara Mengatasi Persaingan Bisnis

  1. Menjaga konsumen loyal
  2. Mencari pangsa pasar baru
  3. Memberikan perbedaan mencolok antara produk kamu dengan produk kompetitor yang mudah disadari oleh konsumen
  4. Mengenali kompetitor, agar bisa membuat produk yang jauh lebih unggul dari mereka
  5. Mengenali konsumen dan keinginan mereka, agar produk kamu selalu dibeli karena dinilai bermanfaat dan berguna bagi kehidupan konsumen

Tujuan Adanya Persaingan Usaha

Ada banyak tujuan persaingan dalam bisnis, antara lain:

Menambah kemitraan

Berada dalam persaingan dengan perusahaan lain tidak berarti permusuhan terhadapnya. Hubungan yang baik dengan pesaing dapat saling menguntungkan, dan salah satu manfaatnya adalah kesempatan untuk bekerja sama atau berjejaring.

Kerja tim antara kedua perusahaan, seperti makanan dan film, toko buku, dan kafe, menjadi mitra setelah masing-masing perusahaan memperebutkan calon pelanggan yang sama di mal.

Belajar atau Mengupdate Keilmuan Bisnis

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Bahkan, persaingan bisnis mendorong organisasi dan individu di dalamnya untuk terus belajar menganalisis pasar dan meningkatkan item yang mereka sediakan.

Dibutuhkan waktu lama bagi sebuah perusahaan untuk mencapai puncak; ia harus bekerja keras dari bawah ke atas, selalu meningkatkan dan bersaing dengan dirinya sendiri. Meningkatkan layanan kepada pelanggan

Persaingan bisnis membuat organisasi lebih mudah menerima permintaan pelanggan. Dengan strategi layanan pelanggan yang tepat, konsumen dapat mengubah pelanggan satu kali menjadi aliran pendapatan yang stabil.

Menyajikan barang-barang unggulan dan produk segar di setiap musim agar pelanggan tidak bosan dan lari ke persaingan adalah suatu keharusan.

Menciptakan produk atau brand bisnis yang istimewa

Di tengah banyaknya barang sebanding yang ditawarkan di pasar, persaingan bisnis akan mendorong organisasi kamu untuk menghasilkan produk dan membangun citra yang khas.

Tujuannya adalah agar konsumen tertarik untuk menggunakan barang-barang perusahaan kamu. Keuntungan persaingan usaha bagi konsumen itu tidak bisa diabaikan. Kenyataannya persaingan bisnis sangat menguntungkan konsumen.

Kesimpulan

Persaingan bisnis memiliki banyak hal positif yang dapat dipelajari dan memberikan banyak manfaat baik bagi pemilik bisnis maupun bisnis yang dikelolanya.

Ini adalah fakta yang terkenal di dunia bisnis bahwa kemajuan sulit didapat tanpa persaingan. Persaingan yang sehat memastikan bahwa kita menghargai etika bisnis ketika para pebisnis bersaing.

Back to top button