Advertisement

Apa Itu Influencer Jenis dan Pekerjaannya Apa Saja

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah rincian detail yang mungkin saja belum kamu ketahui tentang apa itu  Influencer serta jenis dan pekerjaannya, simak dalam artikel berikut ini.

Saat ini, media sosial bukan hanya platform untuk terhubung dengan orang lain; itu juga cara untuk menghasilkan uang.

Pemilik akun media sosial yang memiliki jumlah pengikut atau followers yang cukup banyak mungkin bisa menjadi ladang bisnis dan terkadang menjadi influencer. Sekarang kamu tahu lebih banyak tentang influencer.

Mengenal Apa Itu Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki otoritas, keahlian, atau posisi untuk mempengaruhi pilihan pembelian orang lain. Influencer dapat dimanfaatkan oleh bisnis terkenal untuk mengiklankan barang-barang mereka.

Influencer bukan hanya alat pemasaran, melainkan aset koneksi sosial yang dapat bekerja dengan pemilik merek terkenal untuk mencapai tujuan pemasaran.

Jenis Influencer

Ada berbagai cara untuk menentukan jenis influencer yang kamu hadapi, yang paling sering adalah jumlah pengikut, sifat materi, dan tingkat pengaruh.

Mengenal Apa Itu Influencer

Jumlah Pengikut

Berikut ini daftar influencer berdasarkan followers atau pengikutnya

Mega Influencer

Mega influencer adalah seseorang yang memiliki banyak pengikut di jejaring sosial mereka. Bukan hal yang aneh bagi mega-influencer untuk memiliki pengikut lebih dari satu juta orang di banyak platform media sosial. Bintang film, atlet, artis, dan bahkan bintang acara televisi realitas adalah contoh umum dari mega-influencer.

Makro Influencer

Pemasar influencer mungkin merasa lebih mudah menjangkau influencer makro daripada mega influencer. Seseorang memiliki kisaran antara 40.000 dan 1 juta pengikut di jejaring sosial sebagai pemberi pengaruh makro.

Selebriti kelas B, yang belum mencapai puncak karir mereka, merupakan mayoritas dari kategori ini. Atau spesialis online yang sukses, yang telah memperoleh lebih banyak pengikut daripada mikro-influencer rata-rata. Sangat penting untuk berhati-hati saat berurusan dengan orang-orang terkenal seperti itu.

Penipu menargetkan grup ini paling banyak karena banyak dari mereka menjadi terkenal hanya karena pengikut yang mereka beli.

Mikro Influencer

Mikro influencer adalah orang-orang biasa yang terkenal karena keahliannya. Bukan hanya jumlah pengikut yang menunjukkan jumlah pengaruh, tetapi koneksi dan interaksi yang dimiliki mikro-influencer dengan pengikut mereka.

Untuk beberapa influencer mikro, ini semua tentang iklan gratis. Terlepas dari harganya, influencer mana pun tidak mungkin mencari koneksi dengan perusahaan yang “tidak cocok” untuk audiens mereka.

Nano Influencer

Influencer nano adalah orang-orang yang memiliki sedikit pengikut, namun mereka cenderung menjadi spesialis dalam topik yang tidak jelas atau sangat khusus.

Mereka memiliki kurang dari 1.000 pengikut, tetapi mereka akan menjadi pengikut yang bersemangat dan bersedia untuk terhubung dengan nano influencer.

Jenis Konten

Berikut ini daftar influencer berdasarkan jenis konten.

Blogger

Blogger dan influencer di media sosial (khususnya mikro-blogger) memiliki interaksi paling nyata dan aktif dengan audiens mereka. Beberapa blog sangat berpengaruh di internet.

Jika seorang blogger terkemuka dengan baik merekomendasikan sebuah produk dalam sebuah postingan, hal itu mungkin akan mendorong para penggemar blogger tersebut untuk ingin menguji produk tersebut.

YouTuber

Jenis materi lainnya adalah video. Sebagian besar pengguna di YouTube memiliki saluran pribadi mereka sendiri. Selain itu, berbagai bisnis biasanya terkait atau diakui saat membuat video di YouTube.

Podcast

Podcast adalah jenis materi web yang relatif baru dan semakin populer. Banyak orang sekarang menggunakan akun media sosial mereka untuk memposting podcast. Sama seperti YouTuber, perusahaan biasanya dikaitkan atau diakui saat membuat materi podcast.

Hanya Posting Sosial

Influencer lazim di semua jaringan media sosial, tetapi dalam beberapa tahun terakhir Instagram adalah yang paling populer. Instagram adalah platform visual, dan postingan influencer Instagram tidak terkecuali.

Tingkat Pengaruh

Tingkat pengaruh yang paling kuat umumnya pada selebriti. Beberapa produsen barang terkenal menemukan bahwa penjualan mereka umumnya naik ketika seorang selebriti mempromosikan atau mendukung produk mereka

Jurnalis dan orang dalam industri dapat dilihat sebagai pemberi pengaruh oleh bisnis tertentu, dan dalam banyak kasus, memang demikian.

Para pemimpin industri sering mendapatkan rasa hormat atas kredensial, posisi, atau pengalaman mereka tentang masalah keahlian mereka.

Selain itu, mereka yang memiliki pengaruh rata-rata di atas audiens juga dapat disebut sebagai influencer. Akibatnya, mereka adalah yang paling efektif dalam menjangkau dan berinteraksi dengan audiens target mereka.

Jumlah followers mereka sebenarnya bergantung pada bidang keahlian yang mereka miliki. Orang-orang ini, di sisi lain, memiliki pengikut yang sangat besar jika dibandingkan dengan orang lain di lingkungan mereka.

Kesimpulan

Apa Itu Influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki otoritas, keahlian, atau posisi untuk mempengaruhi pilihan pembelian orang lain. Jenis Influencer tergantung pada jumlah pengikut, sifat materi, dan tingkat pengaruh.

Mega influencer memiliki lebih dari satu juta pengikut mikro-influencer memiliki koneksi dan interaksi dengan pengikut mereka. Beberapa blog sangat berpengaruh di internet.

Jika seorang blogger terkemuka dengan baik merekomendasikan sebuah produk dalam sebuah postingan, hal itu mungkin akan mendorong para penggemar blogger tersebut untuk ingin menguji produk tersebut. Beberapa produsen barang terkenal menemukan bahwa penjualan mereka meningkat ketika seorang selebriti mempromosikan atau mendukung produk mereka.

Related Articles

Back to top button